Hukum Sulam Alis dalam Islam, Lengkap dengan Dalilnya

Perawatan alis saat ini menjadi primadona di kalangan perempuan. Pasalnya, bentuk alis bisa mempengaruhi karakter wajah seseorang. Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak perempuan yang mempertimbangkan untuk melakukan sulam alis untuk mengubah bentuknya. Lantas, adakah hukum sulam alis dalam Islam?

Perawatan alis ada banyak macamnya, termasuk sulam alis maupun tato alis. Banyak perempuan yang memilih untuk melakukan sulam alis untuk mempercantik bentuk asli dari alis yang dimilikinya. Namun, ternyata ada hukum tentang menyulam alis tersendiri. Mari simak hukum dan cara merawat alis tanpa melakukan penyulaman di sini!

Pengertian Sulam Alis

Sulam alis merupakan salah satu teknik untuk mengaplikasikan tinta pada bagian alis (umumnya pada alis yang rambutnya sedikit). Tujuannya untuk membuat rambut alis tampak penuh dan lebih merata. Pigmen berwarna yang digunakan untuk sulam alis bentuknya seperti rambut asli yang dipasang sesuai jalur tumbuhnya alis yang asli.

Pemilihan pigmen warna untuk sulam alis biasanya menyesuaikan dengan warna asli dari rambut alis Anda. hal ini bertujuan untuk membuat hasil sulam alis agar tampak lebih natural. Proses pewarnaan ini hanya terjadi pada area epidermis kulit saja. Oleh karena itu, hasil sulam alis tidak permanen dan hanya bertahan dalam beberapa tahun.

Meski demikian, sulam alis masih menjadi favorit di kalangan perempuan karena bisa membuat penampilan menjadi lebih cantik. Terutama untuk perempuan yang memiliki bentuk alis tipis. Adanya penambahan pigmen ini juga membuat warna alis menjadi lebih jelas dan lebih tebal.

Berbeda dengan sulam alis tidak permanen, ada pula teknik tato yang bisa membentuk alis dengan hasil permanen. Proses tato alis menggunakan jarum yang mampu menembus kulit sehingga gambarnya menjadi permanen. Meski terlihat menarik, Anda yang seorang muslim perlu memahami bagaimana hukum sulam alis dalam Islam.

Hukum Sulam Alis Dalam Islam

Sebagai seorang muslim yang baik, tentu Anda harus memperhatikan segala tindakan agar sesuai dengan hukum-hukum yang Allah tetapkan. Pastikan tindakan Anda tidak melanggar aturan Allah, termasuk ketika akan menyulam alis. Perbuatan ini dapat Anda ketahui hukumnya melalui ayat Al Quran Surat At Tin ayat 4. Begini bunyinya:

لَقَدْخَلَقْنَاالْاِنْسَانَفِيْٓاَحْسَنِتَقْوِيْمٍۖ

Artinya: “Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.”

Melalui ayat ini Anda bisa mengerti bahwa Allah telah menciptakan manusia dengan bentuk yang sebaik-baiknya. Setiap orang baik laki-laki maupun perempuan tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Seharusnya Anda selalu bersyukur atas segala sesuatu yang telah Allah berikan.

Sayangnya, banyak manusia terutama perempuan yang merasa belum puas dengan penampilannya sehingga melakukan sulam alis. Dalam hal ini, mungkin sebagian orang belum mengetahui bahwa hukum sulam alis dalam Islam adalah tidak boleh dan haram. Islam telah memberikan ajaran tentang batasan penampilan perempuan sesuai syariat.

Dalam syariat Islam, ada pula sebuah hadist yang menjelaskan bahwa setiap muslim memiliki batasan agar tidak melanggar syariat. Berikut ini bacaan dan terjemahan haditsnya:

عن إبراهيم عن علقمة عن عبد الله قال لعن الله الواشمات والمستوشمات والنامصات والمتنمصات والمتفلجات للحسن المغيرات خلق الله

Artinya: “Dari Ibrahim bin Alqomah dari Abdillah Ra. berkata Allah melaknat wanita yang memasang tato, orang yang meminta ditato, yang menghilangkan rambut dari wajahnya, yang meminta dihilangkan rambut wajahnya dan yang mengikir giginya untuk memperindah dan mengubah ciptaan Allah.”

Berdasarkan hadist di atas, sulam alis termasuk dalam kegiatan memasang tato dan mencukur rambut wajah. Selanjutnya, menurut Imam Nawawi, mencukur rambut di area wajah seperti alis dan pinggir wajah adalah haram hukumnya. 

Ada pengecualian untuk seseorang (termasuk perempuan) yang memiliki kumis dan jenggot, maka hukumnya boleh atau sunnah untuk bercukur. Selain itu, apabila terdapat kepentingan syar’i seperti memiliki penyakit serius yang mengharuskan untuk mencukur alis, maka Anda tidak diharamkan untuk melakukannya. 

Sementara metode dalam sulam alis menyerupai metode tato dan mengubah ciptaan Allah sehingga dilarang dalam islam. Tindakan ini juga termasuk perilaku menyakiti diri. Karena akan memasukkan pigmen ke permukaan kulit menggunakan jarum, sehingga tidak dibenarkan dalam syariat Islam. 

Cara Merawat Alis Tanpa Sulam

Sampai sini, Anda tentu sudah mengetahui bagaimana hukum sulam alis dalam islam. Apabila Anda tidak ingin melanggar larangan untuk menyulam alis, ada metode lain yang bisa Anda lakukan untuk mempercantiknya. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda coba untuk membuat alis tampak lebih cantik dan menarik:

1. Gunakan Castor Oil

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan castor oil atau minyak biji jarak untuk menstimulasi pertumbuhan alis dan bulu mata. Minyak ini bahkan bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah rambut rontok. Anda bisa mengoleskan castor oil ke bagian alis yang jarang ada rambutnya. Sehingga rambut alis tumbuh lebih tebal.

2. Gunakan Serum

Kaum perempuan tentu tidak asing lagi dengan serum sebagai rangkaian produk kecantikan. Tidak hanya untuk kulit wajah, ada jenis serum yang diformulasikan khusus untuk menumbuhkan alis maupun bulu mata. Anda bisa menggunakan produk serum jenis ini untuk diaplikasikan secara rutin pada alis agar pertumbuhannya merata.

3. Gunakan Pensil Alis

Apabila Anda termasuk orang-orang yang memiliki alis cenderung tipis namun ingin terlihat mempesona, cobalah untuk menggunakan pensil alis. Anda tidak harus menyulam alis untuk menciptakan bentuk alis yang menarik. Aplikasikan pensil alis dengan warna yang sesuai untuk mendapatkan tampilan alis sesuai dengan keinginan.

Meskipun cara ini tidak bisa bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama, setidaknya Anda bisa membentuk alis sesuai keinginan secara relatif lebih cepat. Anda juga bisa mengaplikasikannya berulang kali untuk mempertahankan bentuknya. Jadi, Anda tidak perlu melanggar hukum sulam alis dalam Islam.

4.  Memijat Alis

Sirkulasi yang baik di area wajah ternyata bisa mendorong pertumbuhan alis yang sehat. Anda perlu memijat area sekitar alis secara rutin setiap malam untuk membantu pertumbuhan alis yang lebih sehat. Dengan begitu, pertumbuhannya bisa berjalan lebih optimal karena sirkulasi yang meningkat di area pertumbuhan alis.

5. Hidrasi

Kulit yang sehat dan selalu terhidrasi sangat penting dalam mendukung pertumbuhan rambut. Tubuh bisa melakukan detoksifikasi dan menyimpan nutrisi apabila kebutuhan airnya tercukupi. Oleh sebab itu, Anda perlu menjaga hidrasi tubuh dengan minum air secara rutin setiap hari.

Cara ini terlihat cukup efektif dalam membantu pertumbuhan alis. Selain itu, Anda juga bisa memberikan pelembab di area alis secara topikal. Dengan begitu, pertumbuhan alis bisa menjadi lebih optimal dan cantik.

Sudah Tahu Apa Hukum Sulam Alis Dalam Islam?

Demikian penjelasan mengenai bagaimana pandangan Islam terhadap aktivitas menyulam alis di kalangan masyarakat saat ini. Anda bisa memahami dalil tentang sulam alis di atas sebagai pertimbangan apabila ingin melakukan perawatan alis. Semoga bermanfaat!

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page