15 Cara Promosi Produk yang Simpel, Cepat Menarik Pelanggan!

Cara promosi produk yang Anda lakukan pastinya sedikit banyak akan berpengaruh pada bisnis yang Anda jalankan. Tak heran bila Anda harus benar-benar merencanakan dan mencari strategi promosi terbaik untuk meningkatkan minat pelanggan terhadap produk yang Anda jual. Berikut 15 strategi yang bisa menjadi referensi untuk Anda!

15 Cara Promosi Produk yang Cepat Menarik Pelanggan

Sebenarnya, di era digital seperti sekarang ini, perkembangan teknik marketing sudah cukup melesat. Ada banyak cara dan strategi yang bisa digunakan untuk membuat produk laris. Seperti contohnya beberapa cara promosi pada penjelasan berikut ini:

1. Kembangkan Akun Sosial Media

Di era digital seperti sekarang ini, hampir semua bisnis memanfaatkan teknologi untuk memasarkan produk dan mendekatkan diri dengan para pelanggannya. Salah satu teknologi yang cukup efisien adalah sosial media yang bisa menjangkau banyak target pasar potensial dari berbagai penjuru dunia.

Langkah awal yang baik jika bisnis Anda mulai mengembangkan sosial media dengan baik dan serius. Terutama untuk menunjukkan eksistensi digital, baik untuk bisnis, jasa, maupun produk yang Anda pasarkan. 

Membenahi desain dan tampilan konten, pembuatan konten yang menarik dan mudah dipahami, penerapan optimasi SEO, serta konsistensi adalah kunci utama promosi produk via sosial media. Selain itu, Anda juga harus mulai membuat konten menarik sebagai cara promosi yang lebih efektif.

2. Kembangkan Website 

Selain mengembangkan sosial media, mengembangkan website juga jadi pondasi baik dalam menjalankan keseluruhan cara promosi produk yang akan Anda jalankan. Umumnya, algoritma website (mesin pencari) dengan sosial media sedikit berbeda, tapi tetap bisa saling mendukung.

Terutama pada website, Anda bisa lebih leluasa menggiring para audiens untuk melakukan aksi dengan informasi lebih lengkap. Bahkan, dengan pembuatan kuesioner tertentu, Anda juga bisa lebih dekat dan mengenal siapa target pasar potensial dari produk.

3. Buat Konten Promosi dengan Konsep dan Eksekusi yang Menarik

Salah satu kunci pengembangan sosial media dan website adalah pembuatan konsep yang menarik. Mungkin untuk sosial media, Anda akan lebih fokus pada sisi visual yang baik. Serta alur cerita yang menarik dan mudah penonton pahami. 

Selain itu, Anda juga perlu melakukan analisa pasar dan mengikuti tren terkini. Tujuannya adalah meningkatkan eksistensi serta meraih target pasar baru yang berpotensi mendatangkan keuntungan untuk bisnis. 

Sedangkan cara promosi di website akan mengandalkan artikel dan pengolahan kata yang relevan dengan bisnis. Sehingga penting untuk mempelajari penulisan yang persuasif, tepat sasaran, serta menarik untuk pembaca.

4. Buat Promo Musiman

Sudah bukan rahasia lagi jika para pebisnis menggunakan beberapa hari besar untuk membuat promo musiman yang menarik. Bahkan dengan adanya promo seperti ini, banyak bisnis yang meraup omzet lebih tinggi. 

Hari besar seperti haul bisnis atau produk, hari raya, tahun baru, natal, maupun hari besar lainya adalah salah satu contohnya. Cara promosi ini bisa jadi titik balik bisnis, tentunya dengan eksekusi yang tepat.

5. Diskon Berbatas atau Bersyarat

Berikutnya yang pastinya akan menarik minat para pelanggan adalah pengadaan diskon berbatas atau SNK (Syarat dan Ketentuan) yang Anda berlakukan. Pemberian diskon bisa Anda lakukan secara langsung pada produk maupun lewat platform yang Anda gunakan untuk promosi.

Cara promosi produk satu ini bisa Anda berlakukan dengan perhitungan dan dalam kondisi yang tepat. Karena pemberian diskon atau potongan harga ini sedikit banyak akan mempengaruhi margin pada periode hitung.

6. Bonus Pembelian

Cara promosi berikutnya adalah pemberian bonus atau gift pada pembelian tertentu. Strategi sudah terkenal ampuh untuk penjualan produk. Umumnya, pembeli akan mendapatkan bonus atau hadiah setelah memenuhi syarat minimum pembelian. Pemberian bonus ini akan mendorong jiwa impulsif konsumen secara tidak sadar.

Hal tersebut cukup efektif untuk mendorong pembeli melakukan transaksi dalam jumlah minimum yang telah Anda tentukan untuk mendapatkan bonus tertentu. Bonus yang bisa Anda berikan juga beragam. Mulai dari bonus tambahan, alat pendukung produk, hingga bonus lain yang tidak berhubungan dengan produk.

7. Kupon Akumulatif

Hal yang tak kalah sering muncul untuk meramaikan jumlah pembelian dagang adalah dengan adanya kupon. Di mana jika di akumulatifkan akan membuat konsumen mendapatkan bonus tertentu. Kupon bisa Anda berikan satuan atau dalam bentuk stiker pembelian pada setiap kupon yang pelanggan dapatkan.

Biasanya, cara promosi satu ini bisa Anda berikan pada setiap pembelian. Jadi, nantinya pelanggan harus mengumpulkan kupon atau stiker atau cap sesuai persyaratan yang berlaku. Kebanyakan bisnis akan memberlakukan minimal 10 kupon untuk bisa di tukarkan dengan hadiah tertentu.

8. Buat Paket Bundling Pembelian

Cara promosi produk berikutnya adalah membuat paket bundling pembelian yang menuntut para pelanggan membeli beberapa produk sekaligus untuk mendapatkan harga terjangkau. Dalam hal ini, Anda harus memilih produk komplementer yang strategis, menentukan harga menarik, dan memberi informasi jelas.

Anda juga harus mempromosikan paket bundling dengan kemasan yang menarik. Sehingga banyak pelanggan tertarik membeli produk tersebut untuk mendapatkan produk bundling dengan harga dan kemasan menggiurkan..

9. Buat Kontes atau Sayembara

Mengadakan kontes atau sayembara tertentu juga efektif untuk meningkatkan penjualan produk. Apalagi setelah perkembangan sosial media yang membuat sistem pembuatan sayembara lebih mudah dan efektif. Tak hanya mengikuti sayembara, peserta juga bisa Anda minta untuk melakukan beberapa persyaratan umum.

Misalnya mengikuti akun sosial media bisnis, mampu menandai beberapa teman di daftar teman sosial medianya, serta melakukan share. Sehingga eksposur dari produk dan bisnis akan menjadi lebih besar sehingga memicu eksistensi atau brand awareness lebih baik.

10. Gunakan Metode Membership

Penerapan metode membership juga bisa menjadi strategi yang cukup menjual untuk mempromosikan produk secara efektif. Metode membership atau keanggotaan ini akan memberikan keistimewaan baik bonus atau berbagai keuntungan pada pelanggannya.

Namun, Anda tetap harus menentukan manfaat keanggotaan, desain struktur keanggotaan, program reward, dan penawaran yang intens pada para pelanggan loyal. Reward sendiri bisa beragam, mulai dari potongan harga, harga khusus member, maupun keistimewaan lainnya.

11. Ajak Influencer untuk Mempromosikan Produk

Demi meningkatkan eksposur, Anda juga harus mempromosikan dengan gencar. Salah satu cara terbaik adalah mengajak influencer untuk mempromosikan produk, sehingga muncul peluang pengikutnya menjadi pelanggan Anda. Kerja sama ini bisa Anda lakukan dengan endorsement, brand ambassador, maupun kerja sama konten.

Bahkan influencer juga bisa menambahkan kode promo khusus yang bisa followers redeem untuk mendapatkan bonus. Walaupun begitu, cara promosi produk ini memang cukup gambling. Apalagi jika Anda tidak pandai memilih influencer yang satu tipe atau mencerminkan produk atau bisnis Anda.

12. Ikut Banyak Event dan Adakan Free Trial atau Demonstrasi

Mungkin cara promosi satu ini sudah cukup lama berjalan di sekitar Anda, yakni dengan mengikuti berbagai event offline dan juga memberikan free trial atau demonstrasi. 

Hal tersebut sudah sering Anda jumpai, karena banyak sales mendemonstrasikan produknya dari rumah ke rumah atau dalam acara tertentu. Penyediaan free trial juga akan memberikan kesempatan konsumen untuk mengetahui kualitas produk dan kecocokan dengan preferensi pribadi mereka.

13. Share Testimoni atau Feedback dari Pelanggan

Langkah selanjutnya yang penting untuk Anda lakukan adalah dengan menyebarkan testimoni atau feedback dari para pelanggan. Karena dari testimoni tersebut, para calon pelanggan bisa lebih percaya pada produk yang Anda pasarkan. 

Ulasan promosi ini juga akan menambah kepercayaan calon customer. Apalagi dengan adanya review produk, nantinya para pelanggan bisa mengamati pelayanan dan kualitas produk dari sisi sesama pelanggan. 

14. Gunakan Metode Referral

Berikutnya, Anda bisa menerapkan metode referral yang menggerakan strategi pemasaran dari mulut ke mulut atau dulu lebih dikenal dengan metode getok tular. Cara ini membuat para pelanggan untuk merekomendasikan produk Anda ke lingkungannya untuk meningkatkan eksistensi dan permintaan pada produk.

Jika ada pelanggan baru yang melakukan transaksi dengan kode referral, nantinya penyebar akan mendapatkan bonus tertentu. Konsep cara promosi produk ini pastinya akan dapat meningkatkan penjualan secara signifikan.

15. Gencarkan Pemanfaatan Teknologi Digital

Cara promosi yang tak kalah penting adalah melakukan kampanye secara gencar melalui teknologi digital. Baik itu sosial media, website, dan juga email. Dengan rajin menyebar penawaran sosial media maupun penawaran melalui email juga akan membantu produk terjual dengan cepat.

Tentu saja, Anda bisa memanfaatkan berbagai teknologi digital, seperti fitur AdSense dari sosial media maupun ads pada mesin pencarian. Uniknya, teknologi ini sudah dilengkapi dengan filter target yang bisa memudahkan dan memaksimalkan penjualan dan pemasaran produk.

Sudah Tahu Cara Promosi Produk Terbaik untuk Bisnis?

Dari 15 cara dan strategi di atas, mana yang sudah Anda praktikkan dan sudah berhasil meningkatkan penjualan produk? Dengan memahami keunggulan produk dan menerapkan strategi terbaik, tentu akan membantu menemukan solusi terbaik untuk memasarkan produk. Semoga bermanfaat!

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page