Kenali Apa itu Hors D’oeuvre dan Bedanya dengan Appetizer

Penasaran dengan apa itu Hors D’oeuvre? Jadi begini, dalam sebuah acara makan yang menerapkan konsep Fine Dining, biasanya hidangan terbagi menjadi tiga. Yakni Appetizer, Main Course, dan Dessert.

Yang jelas hidangan demikian bukan berasal dari Indonesia ya.

Hidangan dengan beberapa sesi ini biasanya diterapkan pada restoran yang mengusung konsep western.

Hors D’oeuvre Adalah

Kata hors d’oeuvres dibaca (awr-durvz) adalah sebuah kata yang berasal dari Perancis yang artinya secara harfiah “di luar pekerjaan” alias bukan menu sugguhan dalam sebuah hidangan.

Makanan ini bisa berdiri sendiri sebagai snack, atau bisa juga menjadi pendukung maincoursenya. Yang biasanya dapat dimakan dengan tangan kosong.

Menurut salah satu kamu online bahasa Inggris Meriam-Webster, hors d’oeuvre adalah salah satu dari berbagai jenis makanan gurih yang disajikan sebagai makanan pembuka/appetizer.

Di Perancis sendiri, budaya menyajikan minuman sebelum makan malam sudah menjadi kebiasaan menjelang akhir abad ke 19.

Saat meminum cocktail sebelum makan malam akhir-akhir ini menjadi trend, oran-orang Inggris mengambil inspirasi dan memodifikasinya menjadi hors d’oeuvres atau hidangan yang dapoat di santap dalam sekali gigitan.

Hors D’oeuvre sendiri dapat diglongkan berdasarkan bahan yang digunakan untuk membuatnya.

  • Hors D’oeuvre royal – makanan pembuka yang dibuar dengan bahan-bahan premium nan mahal
  • Hors D’oeuvre varies – makanan pembuka yang dibuat dengan bahan paduan premium mahal dengan bahan standar dan murah.
  • Sur Asiette Complate – adalah appetizer yang dibuat menggunakan kelebihan bahan atau bahan yang murah.  

Lantas apakah hors d’oeuvres dan appetizer sama?

Tentu saja tidak, meski sama-sama disajikan saat entrée atau makanan pembuka, namun hors d’oeuvres dan appetizer memiliki perbedaan yang cukup mudah untuk dikenali.

Perbedaan antara Appetizer dan Hors D’oeuvres

Perbedaan antara Appetizer dan Hors D’oeuvres

Hal ini perlu dicatat, bahwa kedua makanan pembuka ini sifatnya hanya menstimulasi, bukan makanan utama.

Keduanya bisa disajikan panas, dingin, creamy, maupun crunchy. Meski tidak bisa dibedakan secara implisit, setidaknya berikut ini adalah beberapa perbedaan antara keduanya

1. Waktu Makan

Appetizer adalah first course atau bagian utama dari sebuah sesi makan. Jadi bisanya makanan pembuka ini akan punya hubungan dengan main coursenya. Tidak terpisah seperti hors d’oeuvres yang dapat disajakan dalam sebua pesta pernikahan.

2. Ukuran Porsi

Appetizer memikili ukuran relative lebih besar ketimbang hors d’oeuvres yang biasanya disajikan dalam porsi kecil, cukup 1-2 gigitan saja.

3. Setting

Juga, tidak ada aturan baku di sini, tapi hors d’oeuvres biasanya disajikan secara bebas seperti saat pesta. Hors d’oeuvres dapat di ambil ketika pelayan sedang berkeliling.

Contoh Hors D’oeuvre

Ada banyak jenis makanan yang tergolong hors d’oeuvres ini, beberapa di antarany adalah:

  • Canape
  • Crudites
  • Shrimp Cocktail
  • Marinated Shrimp
  • Deviled Eggs
  • Toast Cups

Meskipun kamu mungkin mendengar orang mengadakan pesta makanan pembuka, mereka biasanya tidak menyajikannya sebagai awal untuk makanan yang lebih besar.

Tapi, di Amerika Serikat khususnya, tidak ada aturan ketat, kata makanan pembuka dan hors d’oeuvre digunakan sebagai sinonim satu sama lain dan kebanyakan orang memahami frasa ganda.

Saya harap ini membantu menjernihkan perbedaan halus antara makanan pembuka dan hors d’oeuvres!

SHARE:

Seorang lifestye enthusiast dan traveller Indonesia yang suka berbagi inspirasi melalui tulisan. Mari diskusi di kolom komentar ya...

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste