11 Manfaat Lilin Aroma Terapi bagi Ketenangan Mental

Stres adalah kondisi yang seringkali muncul dalam kehidupan setiap orang. Bahkan, kondisi tersebut bisa terjadi setiap hari. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak sekali orang mencari solusi untuk mengatasinya. Nah, salah satu manfaat lilin aroma terapi adalah untuk mengatasi stres.

Menyalakan lilin dan menikmati aromanya bisa jadi salah satu solusi. Rasa stres yang tengah terjadi pun akan mereda otomatis dalam jangka waktu tertentu. Selain itu, lilin aroma terapi juga memiliki banyak manfaat lain. Ingin tahu apa saja? Simak uraian berikut ini!

11 Manfaat Lilin Aroma Terapi

Lilin aroma terapi merupakan salah satu produk yang laris di pasar, baik pasar konvensional maupun online. Khasiat dari lilin tersebut tentu saja menjadi alasan kuat tingginya permintaan pasar. Salah satunya untuk mengatasi stres. Berikut adalah 11 manfaat dari lilin aroma terapi yang bisa Anda dapatkan, yaitu:

1. Memperbaiki Suasana Hati

Ketenangan adalah faktor utama dari kondisi mental diri setiap orang. Ketika suasana hari tenang, maka kondisi stress pun akan jauh. Mengatasi gejala stres seperti rasa khawatir bisa dengan menghirup aroma dari lilin tersebut.

Aroma lilin akan menurunkan hormon kortisol dalam tubuh, sehingga suasana hati dan pikiran menjadi lebih tenang.

Produksi hormon serotonin dan dopamin pun akan meningkat, sehingga mendukung suasana yang positif. Selain itu, energi dalam tubuhpun akan meningkat dengan suasana yang positif tersebut.

2. Manfaat Lilin Aroma Terapi untuk Tenangkan Pikiran

2. Manfaat Lilin Aroma Terapi untuk Tenangkan Pikiran
Pexels

Selain suasana hati, suasana pikiran juga harus tenang. Agar bisa tercipta suasana positif yang mampu meringankan gejala stres. Lilin aroma terapi memiliki berbagai macam varian aroma seperti ekstrak bunga, ramuan herbal, dan masih banyak lagi.

Berbagai macam aroma tersebut mampu menenangkan pikiran dan mengurangi jumlah hormon kortisol, seperti pada uraian sebelumnya. Hormon kortisol merupakan hormon yang terlibat aktif dalam merespon stress ketika terjadi hal yang memicu rasa stres.

3. Meningkatkan Rasa Rileks

Setiap orang sudah pasti mendambakan kondisi tubuh yang rileks. Biasanya tubuh akan terasa rileks ketika pikiran dan hati dalam keadaan tenang. Kondisi tersebut bisa didapat dari manfaat lilin aroma terapi. Aroma dari lilin tersebut bisa dengan mudah mengurangi rasa cemas, khawatir, hingga rasa takut akan suatu hal.

Aroma lavender, kayu manis, lemongrass, dan berbagai varian kayu lain bisa Anda coba hirup dan rasakan dari lilin aroma terapi untuk mendapat sensasi tersebut. Lilin aroma terapi tentu saja mampu menjadi alat relaksasi seperti halnya yoga dan pijat.

4. Meningkatkan Mood

Mood yang bagus tentu saja sangat dibutuhkan dalam berbagai kondisi. Ketika mood sedang bagus, segala macam aktivitas akan berjalan dengan lebih baik dan lancar. 

Berbeda ketika mood sedang jelek, banyak hal tidak akan berjalan dengan lancar karena mood jelek mampu membuyarkan fokus.

Meningkatnya produksi hormon serotonin dan dopamin, seperti pada uraian di atas sangat efektif meningkatkan suasana hati. Suasana hati yang baik tentu saja memicu mood yang bagus. Aroma khas lilin aroma terapi sangat mungkin menghasilkan hal tersebut.

5. Manfaat Lilin Aroma Terapi untuk Mengurangi Stres

5. Manfaat Lilin Aroma Terapi untuk Mengurangi Stres
Pexels

Sama halnya dengan yoga dan pijat, menghirup aroma dari lilin aroma terapi sangat ampuh merilekskan tubuh, meningkatkan kenyamanan, hingga menenangkan hati dan pikiran. Tidak heran jika lilin aroma terapi banyak digunakan sebagai alat untuk mengurangi rasa stres.

Tak perlu lama, menghirup aroma yang dihasilkan dalam jangka waktu 1 menit saja sudah bisa mendapat hasilnya. Apalagi jika aroma yang dipilih berdasarkan varian aroma kesukaan Anda. Sudah pasti akan jauh meningkatkan rasa tenang dan mengurangi rasa stres yang Anda alami atau hanya sekedar gejalanya.

6. Memperbaiki Konsentrasi dan Fokus

Konsentrasi dan fokus adalah dua hal penting yang tak bisa terpisahkan dengan berbagai macam aktivitas sehari-hari. Kurangnya rasa konsentrasi dan fokus sangat mempengaruhi hasil dari pelaksanaan aktivitas. Untuk mengatasinya sangat bisa dilakukan dengan memanfaatkan lilin aroma terapi.

Lilin aroma terapi bisa menjadi alternatif solusi dengan menyalakan lilin tersebut di ruang kerja, atau ruang belajar. Konsentrasi yang tadinya mulai ambyar akan teratasi dan mulai terbangun kembali, sekaligus dengan tingkat fokus pada suatu aktivitas tertentu.

7. Mengatasi Mual

Pernah merasa mual tiba-tiba? Merasa terganggu ketika rasa mual muncul di tengah aktivitas yang padat? Tenang, Anda bisa mengatasinya dengan manfaat lilin aroma terapi. Biasanya lilin aroma terapi yang mengandung banyak minyak esensial mampu membantu atasi rasa mual.

Seperti varian lemon, jahe, kayu manis, lavender, dan peppermint. Aroma tersebut memiliki banyak kandungan minyak esensial yang baik untuk kesehatan mental dan tubuh. Tidak heran jika banyak orang mencari lilin aroma terapi dengan varian tersebut.

8. Mengatasi Homesick dengan Manfaat Lilin Aroma Terapi

Homesick adalah kondisi di mana seseorang merasa sangat merindukan kediaman di kampung halaman. Baik dari segi aktivitas hingga lingkungan yang mendukungnya. Kondisi ini bisa menjadi pemicu stres bagi orang yang sedang dalam perantauan.

Konsentrasi dan fokus pada pekerjaan atau pelajaran selama masa studi akan menurun. Rasa cemas, khawatir, dan sedih akan memicu timbulnya stres. 

Hal ini harus segera diatasi agar Anda bisa kembali beraktivitas dengan lancar. Menghirup lilin aroma terapi sangatlah ampuh sebagai alternatif mengatasinya.

9. Meringankan Keluhan Kesehatan Tertentu

Berdasarkan hasil studi dan riset yang pernah dilakukan oleh Medical News Today, terbukti sebanyak 34,7% responden mengaku aroma dari lilin aroma terapi mampu meringankan keluhan kesehatan. Keluhan tersebut di antaranya yaitu migrain, sakit kepala, hingga sesak napas.

Meski manfaat lilin aroma terapi sangat ampuh untuk mengurangi keluhan-keluhan kesehatan tersebut, tetap saja tidak bisa dijadikan pengobatan utama. 

Pemeriksaan rutin dan menyeluruh harus dilakukan untuk mengurangi risiko jangka panjang. Konsultasi dengan ahli memang jalan terbaik atasi berbagai masalah kesehatan.

10. Manfaat Lilin Aroma Terapi untuk Mengoptimalkan Meditasi

10. Manfaat Lilin Aroma Terapi untuk Mengoptimalkan Meditasi
Pexels

Meditasi menjadi salah satu cara yang banyak digunakan orang-orang untuk menenangkan pikiran dan hati. Dengan bermeditasi biasanya bisa memberikan banyak manfaat, seperti tubuh lebih sehat, penampilan awet muda, hingga pikiran yang tenang dalam menjalani banyak aktivitas.

Agar sesi meditasi bisa berjalan dengan lancar dan optimal, bisa dengan menggunakan lilin aroma terapi. Aroma yang dihasilkan oleh lilin tersebut akan membantu mempercepat rasa tenang dan rileks. Anda pun bisa bermeditasi dengan lebih nyaman tanpa menghabiskan banyak waktu.

Maklum saja, meditasi membutuhkan tingkat konsentrasi tinggi agar bisa mencapai tujuan yang diinginkan.

11. Membuat Tidur lebih Nyenyak

Kesulitan tidur merupakan hal yang banyak dialami oleh masyarakat Indonesia. Untuk mengatasinya banyak orang memilih meminum obat penenang atau obat tidur.

Padahal itu, bukanlah solusi terbaik yang bisa dilakukan. Agar bisa menikmati tidur dengan nyenyak bisa dengan memulai pola hidup sehat.

Selain itu, perlu berolahraga yang cukup, mengkonsumsi makanan dengan kombinasi yang sesuai, hingga melakukan meditasi atau menenangkan pikiran dan hati. 

Jika Anda merasa sulit melakukannya, ada alternatif lain yang bisa dicoba. Misalnya, menghirup aroma dari lilin aroma terapi. Aroma dari lilin tersebut mengandung bahan-bahan herbal yang baik untuk kesehatan tubuh.

Anda bisa menyalakan lilin tersebut sebelum beranjak tidur. Bisa juga dengan membiarkannya menyala selama Anda tidur. Dengan begitu, Anda akan merasakan suasana yang lebih tenang. Tidur pun akan jauh lebih nyenyak.

Sudah Tahu Bukan Manfaat Lilin Aroma Terapi?

Berdasarkan uraian mengenai manfaat dari lilin aroma terapi di atas, tentu bisa menjadi salah satu referensi yang tepat bagi Anda untuk atasi rasa stres bukan?

Anda juga bisa mendapat banyak manfaat lain yang baik untuk kesehatan mental. Salah satunya dari segi ketenangan pikiran dan hati. Berbagai manfaat tersebut sangatlah menguntungkan untuk kehidupan. Sangat disayangkan jika Anda tidak mencoba menggunakannya. 

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page