6 Contoh Alat Musik Harmonis & Cara Memainkannya

Bermain alat musik merupakan salah satu contoh sarana hiburan yang menyenangkan. Sayangnya, tidak semua orang bisa memainkan berbagai jenis alat musik secara lihai. Maka dari itu, artikel kali ini akan mengulas beberapa contoh alat musik harmonis yang bisa kamu pelajari nantinya. 

Bagi kamu yang tertarik untuk memainkan alat musik harmonis, kamu bisa mempelajari satu jenis alat musiknya terlebih dahulu. Jika sudah mahir, kamu bisa lanjut mempelajari jenis alat musik harmonis yang lainnya.

Apa Itu Alat Musik Harmonis?

Umumnya alat musik terbagi menjadi tiga jenis, yaitu alat musik harmonis, ritmis, dan melodis. Di antara ketiganya, alat musik harmonis memiliki ciri khusus yang membuatnya berbeda dari yang lainnya. 

Salah satu ciri yang menonjol adalah kemampuannya untuk menciptakan harmonisasi atau keselarasan dalam sebuah lagu. Alat musik harmonis mampu memainkan lebih dari tiga nada secara serentak untuk menghasilkan harmonisasi yang indah. 

Siapapun yang mendengarnya pasti sepakat bahwa alat musik harmonis telah menghasilkan lantunan nada yang selaras satu sama lain. Mungkin karena alasan itulah, mayoritas orang sering memainkan alat musik harmonis untuk mengiringi berbagai macam lagu populer. 

Perbedaan Alat Musik Harmonis, Ritmis, dan Melodis

Alat musik memiliki bunyi yang bervariasi, tergantung dari jenis alat musiknya. Beberapa alat musik yang kamu mainkan mungkin akan menghasilkan nada yang harmonis, ritmis, atau justru melodis. 

Nah, macam-macam bunyi tersebut yang menjadi pembeda antara satu alat musik dengan alat musik yang lainnya. Oleh sebab itu, alat musik diklasifikasikan menjadi tiga jenis yaitu alat musik harmonis, ritmis, atau melodis. 

Jika alat musik harmonis memainkan harmonisasi pada sebuah lagu, instrumen musik melodis dapat menciptakan melodi lewat tangga-tangga nada. Berbeda dari alat musik harmonis yang bisa membuat accord, instrumen melodis justru tidak bisa membuat accord

Sementara itu, instrumen musik ritmis hanya berfungsi untuk menghasilkan ketukan ritme yang tidak bernada. Hal ini berbeda dari alat musik harmonis dan melodis yang mampu menghasilkan nada-nada tertentu. 

3 Contoh Alat Musik Harmonis Tradisional

Mempelajari cara memainkan instrumen musik harmonis tradisional bisa dikatakan lebih sulit dibanding alat musik modern. Selain karena tekniknya yang tergolong sulit, instrumen musik tradisional lebih minim peminat. Sebelum mencobanya, yuk kenali 3 contoh instrumen harmonis tradisional dan cara memainkannya berikut ini!

1. Gambus

Gambus
Gambus | Image source : Pinterest

Alat musik gambus memiliki sekitar tiga hingga dua belas senar untuk menghasilkan lantunan nada yang harmonis. Walaupun bentuknya mirip seperti mandolin, tapi gambus memiliki fungsi yang berbeda. 

Pada perayaan hari besar agama tertentu, gambus sering dipakai untuk mengiringi lagu-lagu berirama Timur Tengah. Misalnya saja untuk mengiringi tari jepen atau tari zapin khas budaya Melayu.

Cara memainkan alat musik ini pun tergolong cukup susah, karena kamu perlu menguasai teknik penjarian. Teknik ini merupakan salah satu kunci nada untuk memainkan musik gambus, misalnya A minor. 

2. Bonang

Bonang
Bonang | Image source : Pinterest

Selanjutnya ada contoh alat musik harmonis  tradisional yang berasal dari daerah Jawa tengah, yaitu bonang. Alat musik ini termasuk salah satu jenis instrumen yang sering dipakai dalam gamelan Jawa. 

Bentuknya yang unik mungkin akan membuat kamu terkesan. Bonang didesain seperti gong kecil yang menyerupai ceret atau pot dengan sebuah poros cembung di bagian atasnya. Poros cembung ini bisa kamu sebut sebagai pencon. 

Apabila kamu ingin memainkan alat musik bonang, setidaknya kamu harus bisa menerapkan teknik menabuh yang benar. Teknik-teknik menabuh yang mesti kamu pelajari adalah kempyung, mipil, imbal-imbalan, rambatan, gantung, dan gembyang midak

3. Angklung

Angklung 1
Angklung | Image source : Piunterest

Selain Jawa tengah, daerah Jawa Barat juga memiliki alat musik harmonis tradisional yang khas seperti angklung. Fakta menariknya, angklung cukup populer di kalangan orang-orang dari mancanegara. 

Angklung terbuat dari potongan batang bambu yang menggantung di bingkai bambu yang terikat tali rotan. Cara memainkan alat musik ini cukup mudah, yaitu dengan cara menggoyang-goyangkan batang bambu hingga saling berbenturan. 

Kemudian, Angklung akan mengeluarkan bunyi idiofon yang berasal dari getaran antar bambu pada Angklung. Satu buah Angklung hanya bisa menghasilkan satu nada idiofon. Itu sebabnya, permainan musik Angklung harus dilakukan oleh banyak orang. 

Baca Juga : 20 Contoh Alat Musik Tradisional Indonesia dan Asal Daerahnya

3 Contoh Alat Musik Harmonis Modern 

Selain alat musik harmonis tradisional, terdapat juga alat musik harmonis modern yang bisa kamu mainkan. Alat musik harmonis modern tidak kalah menarik karena bisa menghasilkan lantunan nada yang indah pula. Berikut adalah 3 alat musik harmonis modern, yaitu:

1. Gitar 

Gitar
Gitar | Image source : Pinterest

Mungkin kamu sudah cukup familiar dengan alat musik yang satu ini. Ternyata, gitar merupakan salah satu alat musik harmonis modern yang sangat populer di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. 

Fakta menariknya, gitar bisa memainkan berbagai genre musik seperti akustik, pop, rock, dan sebagainya. Bukan hanya sebagai alat musik harmonis, gitar juga bisa berfungsi sebagai alat musik melodis. 

Pelajari juga berbagai macam kunci atau chord gitar sampai kamu lihai memainkan banyak lagu menggunakan gitar. Jika kamu seorang pemula, kamu bisa menguasai kunci E sebagai penyetelan dasar. 

2. Keyboard

Keyboard
Keyboard | Image source : Pinterest

Berikutnya adalah alat musik keyboard. Walaupun dari segi bentuk hampir mirip seperti piano, ternyata keyboard hanya memiliki 76 tuts saja. Hal ini berbeda dengan piano yang memiliki jumlah tuts mencapai 88 buah. 

Sama seperti gitar, keyboard juga cukup populer menjadi instrumen di berbagai acara dan konser musik. Cara memainkannya pun cukup dengan menekan tuts-tuts hingga menghasilkan tangga nada yang harmonis. 

Ada beberapa jenis keyboard yang bisa kamu temukan dengan mudah. Mulai dari keyboard mono timbral, keyboard multi timbral, keyboard hybrid, accompaniment keyboard, dan masih banyak lagi. 

3. Biola

Biola
Biola | Image source : Pinterest

Dalam permainan musik klasik, instrumen seperti biola sering dimainkan saat pertunjukan-pertunjukan orkestra tampil. Oleh karena itu, biola sangat identik dengan musik-musik klasik seperti karya-karya Beethoven, Bach, dan Mozart. 

Dawai yang terdapat pada biola umumnya hanya berjumlah empat buah. Jumlah ini lebih sedikit daripada jumlah senar pada gitar. Bukan hanya berbeda dari segi jumlah dawai, cara memainkan alat musik biola juga berbeda jauh dari gitar. 

Gitar dimainkan dengan cara memetik senar-senarnya, sedangkan biola dimainkan dengan cara menggesek senarnya menggunakan alat khusus. Alat untuk memainkan dawai biola yang menyerupai busur panjang tersebut adalah bow. 

Baca Juga : 15 Contoh Alat Musik Chordophone serta Fungsi dan Cara Memainkannya

Sudah Lebih Tahu Tentang Alat Musik Harmonis? 

Demikianlah ulasan mengenai contoh alat musik harmonis yang bisa kamu pelajari cara memainkannya. Ketika kamu ingin memainkan instrumen harmonis, sebaiknya kamu coba dari instrumen yang lebih mudah dimainkan seperti instrumen versi modernnya. 

Tapi, kalau kamu ingin mempelajari budaya musik warisan leluhur, kamu bisa mempelajari alat musik harmonis versi tradisionalnya. Meskipun cara memainkan alatnya lebih sulit, tapi kamu akan terbiasa jika rajin berlatih.

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page