Management Trainee: Pengertian, Tugas, dan Besaran Gajinya

Bagi sebagian jobseeker dan kebanyakan fresh graduate, management trainee mungkin bukanlah hal yang asing di telinga mereka. Bukan tanpa alasan, karena pekerjaan ini menjadi salah satu jenjang karir yang paling banyak diminati orang-orang yang baru lulus dari universitas.

Selain karena perkembangan karirnya yang relatif cepat, gaji yang bisa didapatkan dari pekerjaan ini juga cukup tinggi. Atas dasar dua hal ini, banyak fresh graduate dan jobseeker yang memutuskan untuk menginjakkan kakinya di pekerjaan ini.

Apakah kamu seorang fresh graduate yang sedang mencari informasi mendetail seputar management trainee? Jika iya, post ini akan membantu. Mari kita mulai dengan mengetahui apa itu management trainee.

Tentang Management Trainee

Management trainee atau biasa disingkat MT adalah sebuah program untuk merekrut karyawan baru yang tepat dan memiliki kualitas yang mumpuni. Nantinya, di program ini, seorang kandidat yang lolos akan mendapatkan pelatihan serta pengetahuan mengenai unit bisnis juga profil mendetail dari perusahaan.

Program ini bertujuan untuk melatih dan mempersiapkan karyawan baru dengan kualitas yang mumpuni untuk menempati posisi manajerial di perusahaan. Durasi dari program management trainee ini biasanya berkisar antara 1 sampai 2 tahun, tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan.

Pada umumnya, program management trainee ini ditujukan untuk para fresh graduate. Alasannya adalah karena kebanyakan fresh graduate belum memiliki pengalaman kerja yang cukup.

Melalui pelatihan dari program MT ini, diharapkan calon kandidat dapat menjadi manajer yang dapat mengemban nilai-nilai yang sesuai dengan visi misi perusahaan. Lebih mudahnya, banyak perusahaan yang mengadakan program ini karena pekerjaan sebagai manager tidak boleh diatur oleh sembarang orang. 

Harapannya, program MT ini nantinya para pekerja yang lolos akan mendapatkan berbagai pelatihan dan pengetahuan mengenai seluk beluk perusahaan, mulai dari proses operasional sampai hal-hal manajerial. Selama dalam program MT, kamu akan diawasi dan dievaluasi langsung oleh supervisor juga manager.

Apa Saja Tugas Management Trainee?

Kira-kira tugas apa saja yang perlu dikerjakan selama program MT? Berikut kami telah merangkum beberapa tugas maupun peran yang harus kamu penuhi sebagai management trainee.

  • Memahami seperti apa dan bagaimana perusahaan tersebut beroperasi.
  • Mendukung serta membantu manager dalam melaksanakan tugas dan kewajiban, contohnya membuat kebijakan baru.
  • Memahami dengan baik proses kerja dan pencapaian tujuan dari masing-masing divisi atau departemen.
  • Memberikan dukungan administratif ke perusahaan, contohnya melakukan entri data.
  • Berpartisipasi dalam setiap proses perencanaan strategi bisnis perusahaan.
  • Membantu manajer dalam mengevaluasi pekerjaan, seperti membuat laporan per bulan.
  • Membuat, mendesain, dan melaksanakan presentasi.
  • Menemukan dan menentukan strategi tepat untuk meningkatkan keuntungan perusahaan dan menurunkan risiko kerugian.

Keuntungan Dari Program Management Trainee

Meski tugas dan peran selama mengikuti program management trainee banyak, namun itu sebanding dengan keuntungan dan manfaat yang bisa kamu dapatkan. Berikut adalah beberapa keuntungan dari program MT beserta penjelasannya.

1. Jenjang Karir yang Jelas dan Pasti

Keuntungan pertama dan yang paling jelas adalah jenjang karir yang pasti. Karena faktor ini, banyak jobseeker dan fresh graduate berminat untuk bersedia mengikuti program MT.

Nantinya, saat kamu berhasil menyelesaikan program MT ini dengan baik, sudah pasti kamu akan dipromosikan untuk mengisi posisi penting sesuai dengan kompetensimu di perusahaan dimana kamu bekerja.

2. Meningkatkan Soft Skill dan Hard Skill

Selama menjalani program MT, kamu akan belajar banyak hal yang dapat mengasah hard skill juga soft skill kamu. Contohnya, cara berkomunikasi yang baik dengan rekan kerja, manajemen waktu yang benar, berpikir kreatif, cara melakukan negosiasi yang tepat, presentasi, dan lain-lain.

Tidak sampai di situ, nantinya, kamu juga bisa meningkatkan hard skill selama program management trainee ini berlangsung. Kamu bisa mempelajari dan membiasakan diri dengan berbagai macam tools yang digunakan di departemen tertentu dalam perusahaan.

Ada juga technical skill yang bisa kamu pelajari, seperti penggunaan yang benar pada Microsoft Office, copywriting, content writing, bahasa asing, dan lain-lain.

3. Memungkinkan untuk Bekerja Sesuai Minat dan Bakat

Di beberapa perusahaan, ada yang menawarkan kepada kandidat untuk melakukan program MT secara umum. Maksudnya adalah kamu bisa bekerja di divisi manapun dengan departemen yang berbeda-beda.

Tentu saja hal ini adalah kesempatan terbaik untuk menambah, mengasah, dan belajar berbagai hal sambil menemukan jenis pekerjaan seperti apa yang paling sesuai dengan bakat dan minatmu.

4. Memperluas Relasi dengan Rekan Kerja dan Senior

Selama program management trainee, kamu bisa memperbanyak dan memperluas networking dengan rekan kerja maupun senior di perusahaan. Apalagi, durasi program MT yang cukup lama, kamu memiliki banyak waktu untuk membangun dan memperluas relasi demi kesuksesan di masa depan.

Gaji Management Trainee

Kira-kira berapa gaji seorang management trainee sampai diminati oleh jobseeker dan fresh graduate? Melansir dari survei gaji yang dilakukan HRD Bacot pada tahun 2021, gaji seorang management trainee berkisar antara Rp6.300.000,00 sampai Rp11.625.000,00.

Tentu saja, nominal gaji ini tergantung dari dari kebijakan perusahaan serta UMK maupun UMP dari masing-masing daerah. Bagi seorang fresh graduate, nominal gaji yang besar ini tentu sangat menarik. Namun, perlu diingat bahwa tugas yang kamu emban nantinya juga akan besar dan berat.

Keterampilan yang Harus Dimiliki Management Trainee

Saat kamu mendaftar untuk mengikuti program MT, ada beberapa keterampilan dan keahlian yang menjadi persyaratan umum yang harus kamu penuhi. Berikut penjelasan lengkapnya.

  • Cakap, aktif, dan baik dalam berkomunikasi
  • Memiliki kemampuan menguasai bahasa asing
  • Mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar
  • Memiliki kemampuan untuk mengontrol emosi
  • Dewasa dalam bersikap
  • Memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah dengan tepat
  • Menguasai komputer
  • Memiliki skill menggunakan Microsoft Office yang mumpuni
  • Kemampuan memimpin

Jenjang Karir Management Trainee

Sama seperti yang sudah dijelaskan di awal, program MT ini ditujukan untuk mencari kandidat yang tepat untuk mengisi posisi penting di sebuah perusahaan. Nah, jika kamu berhasil menyelesaikan program MT ini dengan baik, kamu bisa menempati beberapa posisi seperti contoh di bawah.

  • Branch Manager: Bertugas dan bertanggung jawab atas semua kegiatan operasional bisnis di berbagai cabang perusahaan.
  • Business Development Manager: Memiliki tanggung jawab untuk melakukan berbagai macam inovasi demi mengembangkan bisnis agar menghasilkan profit yang menguntungkan.

Apakah Kamu Sudah Paham Mengenai Management Trainee?

Demikian penjelasan seputar management trainee. Ada banyak alasan mengapa jenjang karir ini banyak diminati oleh fresh graduate. Selain gajinya tinggi, pengembangan karir yang cepat adalah faktor lain yang membuat program ini banyak diincar oleh fresh graduate dan jobseeker.

Meski proses rekrutmentnya panjang, namun ini sebanding dengan keuntungan yang kamu dapat untuk kesuksesanmu di masa yang akan datang. Jadi, jangan lupa untuk mempersiapkan diri sebelum mengikuti program MT ini. Semoga berhasil!

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page