Rack rate hotel mungkin masih terdengar cukup asing bagi orang awam tetapi tidak untuk para pelaku bisnis hospitality.
Sebenarnya, istilah rack rate sendiri berkaitan dengan penetapan harga kamar hotel yang resmi sebagai tarif yang dipublikasikan kepada pelanggan.
Melalui penjelasan dalam artikel berikut ini, kamu akan bisa memahami pengertian rack rate hotel beserta cara menentukan dan strategi perencanaan yang tepat.
Daftar ISI
Pengertian Rack Rate Hotel
Rack rate hotel adalah tarif tertinggi untuk harga kamar hotel yang secara resmi dipublikasikan kepada tamu tanpa ada diskon atau premi apa pun.
Umumnya, rack rate juga dikenal dengan istilah tarif walk-in atau tarif eceran dan menjadi tarif standar untuk menginap per malam di hotel.
Meski dikatakan sebagai tarif tertinggi, tetapi rack rate di sebuah hotel bisa berbeda-beda untuk setiap kamar yang ditawarkan untuk tamu.
Jadi tidak heran jika tarif menginap tertinggi antar hotel juga tidak sama dan bahkan saling bersaing demi menarik minat pelanggan.
Oleh sebab itu, tim manajemen hotel kerap menerapkan strategi tertentu untuk mengoptimalkan pendapatan hotel melalui pendekatan penetapan harga yang dinamis.
Pendekatan ini biasanya dihitung berdasar kondisi pasar, pengaruh kerja sama dengan pihak ketiga, hingga promo penawaran diskon tertentu yang diberlakukan.
Cara Menentukan Rack Rate Hotel
Cara menentukan rack rate hotel yang biasanya menjadi wewenang manajemen hotel bergantung pada cara properti beroperasi.
Saat hotel akan menentukan tarif baru untuk sebuah kamar, tentunya tidak lepas dari kebijakan tarif lama, kualitas pelayanan, dan tarif dari kompetitor.
Selain itu, cara menentukan rack rate juga didasarkan pada sasaran pendapatan tahunan hotel, termasuk peningkatan Average Daily Rate (ADR) hotel.
Namun, kebijakan kenaikan tarif untuk meningkatkan pendapatan biasanya akan direncanakan sedemikian rupa tanpa harus mengorbankan tingkat hunian hotel.
Strategi Perencanaan Rack Rate Hotel yang Tepat
Ada beberapa strategi perencanaan rack rate hotel yang tepat untuk digunakan tim manajemen demi meningkatkan keuntungan hotel, antara lain sebagai berikut.
1. Analisis Data Historis
Strategi perencanaan rack rate yang kerap dipakai hotel sering kali berkaitan dengan analisis data historis berdasar laporan kinerja hotel.
Laporan ini akan menjadi pertimbangan keputusan dalam menetapkan rack rate baru berdasar data tingkat hunian, tarif rata-rata kamar, pola menginap, dan Key Performance Indicator.
2. Pertimbangkan Perkiraan Tingkat Hunian
Pertimbangan perkiraan tingkat hunian juga bisa menjadi strategi lain dalam menetapkan rack rate hotel di masa mendatang.
Biasanya hotel akan membuat prediksi tingkat hunian saat ada perubahan permintaan, seperti di musim tertentu, melalui fleksibilitas kenaikan tarif menginap.
Misalnya, dengan menetapkan rack rate yang tinggi saat permintaan meningkat sekaligus menawarkan tarif diskon tertentu tanpa mengorbankan pendapatan.
3. Tarif Kompetitif
Saat kebijakan manajemen hotel membuat perencanaan tarif yang kompetitif, langkah ini juga merupakan strategi perencanaan rack rate yang efektif.
Dengan strategi ini, pendapatan hotel diharapkan tetap stabil meski permintaan menurun atau sedang dalam periode low season.
Penawaran harga kamar yang relatif rendah biasanya akan menarik minat calon tamu atau wisatawan yang membutuhkan akomodasi murah.
4. Rack Rate untuk Loyality Program
Strategi lain untuk perencanaan rack rate hotel bisa dilakukan dengan menerapkan kebijakan promosi untuk loyality program.
Beberapa hotel sering kali menawarkan tarif khusus bagi tamu elite atau member hotel melalui diskon tertentu secara online.
Cara ini akan mendatangkan pemasukan dari penjualan kamar hotel saat peningkatan pemesanan naik dan berimbas pada tingkat okupansi.
5. Maksimalkan Fungsi Website Hotel
Memikat tamu secara online dengan memaksimalkan fungsi website hotel akan menjadi strategi efektif perencanaan rack rate hotel.
Kehadiran web resmi hotel akan memainkan peran penting untuk langkah pemasaran dan promosi demi meningkatkan permintaan kamar.
6. Tingkatkan Pendapatan Add-on
Selanjutnya, hotel juga bisa menerapkan strategi meningkatkan pendapatan add-on dalam perencanaan rack rate hotel.
Berbagai fasilitas opsional bisa ditawarkan kepada tamu untuk meningkatkan pendapatan hotel mengingat layanan ini biasanya berbayar.
Hotel bisa menawarkan pilihan layanan tambahan untuk menciptakan pengalaman menginap yang berkesan.
Demikianlah penjelasan tentang pengertian rack rate hotel beserta cara menentukan dan strategi perencanaan yang tepat yang sudah kami rangkum.
Melalui gambaran umum di atas, kamu akan lebih mudah memahami rack rate hotel meski tidak langsung berkecimpung dalam bisnis hospitality.
Selain itu, kamu juga bisa menemukan berbagai istilah di dunia perhotelan lainnya untuk dipelajari demi menambah wawasan.