Pernah mendengar istilah Channel Manager? Istilah ini banyak dikenal dalam penggunaan software atau aplikasi manajemen hotel untuk memudahkan operasional di hotel.
Channel Manager merupakan sistem yang terhubung dengan Property Management System (PMS) dalam aplikasi operasional hotel.
Sistem ini lebih dikenal luas karena perannya dalam meminimalisir double booking untuk reservasi hotel dari berbagai media, baik website maupun Online Travel Agent (OTA).
Integrasi sistem yang dijalankan membuat Chanel Manager semakin memudahkan pekerjaan di front desk dan antar departemen lainnya.
Lalu, apa itu Channel Manager dan fungsi serta keunggulannya dalam sistem manajemen operasional hotel? simak penjelasan berikut ini.
Apa itu Channel Manager?
Channel Manager adalah sistem yang mengelola reservasi hotel dan membantu pendataan inventori kamar dari berbagai platform pemasaran demi menghindari double booking.
Sistem ini umumnya terintegrasi dengan Property Management System yang digunakan dalam software atau aplikasi manajemen operasional hotel.
Peran Channel Manager sendiri semakin dimaksimalkan hotel yang tidak lagi hanya menggunakan direct booking untuk pemesanan kamar tetapi juga bekerja sama dengan OTA.
Sistem pengelolaan reservasi kamar hotel ini memastikan ketersediaan kamar sudah sesuai hingga pelanggan mendapat pengalaman booking yang menyenangkan dan tanpa kendala.
Apa Fungsi Channel Manager untuk Hotel?
Selain fungsi utama sebagai pengelola inventori kamar hotel, juga memiliki ‘job desc’ lainnya.
Berikut beberapa fungsi Channel Manager dalam industri perhotelan yang semakin canggih dengan penerapan sistem manajemen operasional berbasis online.
- Mengelola ketersediaan kamar di semua situs pemesanan dan terintegrasi dengan PMS secara real-time.
- Mengatur besaran room rate dan memperbarui harga di semua kanal secara otomatis.
- Mengelola dan memantau pemesanan kamar dari berbagai media dalam satu sistem yang terintegrasi.
- Menghasilkan laporan dan analisis data untuk melacak performa setiap platform untuk mengambil keputusan terbaik.
- Membangun integrasi dengan sistem hotel, seperti PMS, untuk meningkatkan efisiensi manajemen operasional hotel.
- Memudahkan hotel menjual dan mengelola kamar di berbagai media atau platform pemasaran.
Keunggulan Channel Manager
Dengan fungsi yang membuat sistem manajemen operasional hotel bisa terintegrasi dengan akurat, tentunya cukup banyak keunggulan yang bisa manfaatkan.
Keunggulan Channel Manager dalam membantu sistem manajemen operasional hotel antara lain sebagai berikut.
1. Manajemen Inventaris yang Efisien
Keunggulan dari Channel Manager yang utama adalah membantu hotel mengelola inventaris kamar secara real-time di berbagai platform pemesanan online.
Mulai dari website hotel, Online Travel Agent (OTA), hingga agen perjalanan korporat yang memungkinkan sistem terhindar dari overbooking atau double booking.
2. Meningkatkan Pendapatan
Memaksimalkan peningkatan pendapatan hotel juga menjadi keunggulan yang efektif dari penggunaan Channel Manager yang terintegrasi dengan PMS.
Dengan memastikan update ketersediaan kamar di berbagai platform yang akurat, pendapatan hotel dapat semakin meningkat melalui sistem reservasi yang optimal.
3. Pengaturan Harga Fleksibel
Keunggulan berikutnya dari integrasi sistem dengan Chanel Manager juga memudahkan pengaturan harga kamar yang semakin fleksibel.
Besaran room rate bisa disesuaikan dengan berbagai aspek dan kebutuhan pasar, seperti musim liburan, hari libur keagamaan, atau kebijakan promosi tertentu.
Penyesuaian harga kamar hotel sangat mungkin dilakukan secara real-time hingga mampu meningkatkan daya saing yang tidak terlalu jauh atau menjatuhkan kompetitor.
4. Efisiensi Operasional
Dengan sistem manajemen operasional yang otomatis terkait inventaris kamar, sistem dalam Channel Manager dapat meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi human error.
Integrasi sistem memungkinkan platform pemasaran online bekerja secara efisien tanpa kendala kesalahan reservasi dengan kesesuaian kondisi di front desk hotel.
5. Menghemat Waktu dan Tenaga
Keunggulan lainnya juga memungkinkan sistem manual ditinggalkan hingga bisa menghemat waktu dan tenaga.
Channel Manager membangun kinerja sistem manajemen operasional hotel secara otomatis demi meningkatkan kualitas pelayanan kepada tamu.
6. Statistik dan Laporan
Bukan hanya membantu update inventaris kamar hotel, Channel Manager juga unggul dalam menyediakan data statistik dan laporan performa booking dari sistem pemasaran online.
Hal ini akan memungkinkan hotel mendapat pertimbangan akurat dalam menentukan harga terbaik dan langkah marketing selanjutnya di masa mendatang.
7. Integrasi dengan Sistem Eksternal
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Channel Manager memiliki keunggulan penting dalam membangun integrasi dengan sistem eksternal.
Dalam hal ini adalah integrasi dengan Property Management System untuk memastikan efisiensi operasional harian hotel dan konsistensi data.
8. Manajemen Reputasi
Keunggulan lain Channel Manager juga memungkinkan hotel memiliki reputasi positif dalam sistem reservasi online saat pelanggan memesan kamar dari berbagai kanal.
Reputasi ini memastikan tamu mendapat pengalaman reservasi terbaik dan pada akhirnya memberikan ulasan positif kepada hotel.
Demikianlah informasi mengenai Chanel Manager dan fungsi serta keunggulannya dalam sistem manajemen operasional hotel yang berhasil kami rangkum.
Melalui penjelasan tadi, para pelaku dalam bisnis perhotelan akan mampu mengenal Chanel Manager dan memaksimalkan penggunaannya demi meminimalisir double booking.