Pengertian bar
source : freepik.com

Pengertian bar menurut wikipedia adalah tempat atau counter yang menyediakan minuman seperti beer, wine , liquer, dan cocktails untuk diminum di tempat.

Seperti yang kita tahu memang bar adalah salah satu tempat yang digunakan oleh sebagian orang untuk menikmati segarnya minuman-minuman alcohol atau sekedar duduk santai menghilangkan penat diiringi dengan musik didalamnya.

Sejarah Bar

Banyak sumber mengatakan kalau kata bar berasal dari kata barrier yang berarti penghalang. Maksudnya, kalau para tamu yang tiba untuk sekedar membeli serta menikmati minuman dengan petugas peramu– pencampur minuman dibatasi oleh sesuatu penghalang yang umum dikenal dengan bar counter, sehingga para tamu tidak leluasa masuk ke tempat petugas.

Makna counter sendiri merupakan meja penghalang yang menghalangi 2 ruangan, artinya ruangan dimana petugas bar bekerja dengan ruangan tempat para tamu duduk santai sembari menikmati minuman yang disuguhkan. Sebutan bar mula– mula diketahui di Amerika Utara pada abad XVI. Saat ini sebutan itu jadi popular diseluruh dunia.

Jenis-jenis Bar

Jadi menurut buku yang dibuat oleh H. Marsum Widjojo Atmodjo, SE dengan judul Bar, Minuman dan Pelayanannya mengatakan ada 10 macam bar di yaitu :

Tavern

Sebuah model kuno yang masih digunakan oleh perusahaan yang menyediakan minuman beralkohol. Nah ini biasanya di tempat kediaman atau lingkungan industri

Night Club

Adalah sebuah tempat baik itu di luar maupun di dalam hotel yang diorganisasikan secara komersil. Makanan mewah dan minuman yang mengandung alkohol biasanya di sajikan di tempat ini. Selain itu juga biasanya ada dekorasi dan yang paling penting ada musik elektrik untuk pelengkap menikmati kehidupan malam.

Pool Side Bar

Sesuai namanya bar jenis ini biasanya ada di area kolam renang dan menyajikan makanan ringan seperti snack, burger, sandwich dan minuman yang kadar alkoholnya tidak terlalu tingi.

Expresso Bar

Bar yang satu ini berada di kawasan pelabuhan udara ataupun laut. Biasanya menjual minuman yang lebih condong ke arah kopi dan es krim.

Restaurant dan Bar

Pada umumnya berlokasi di kota-kota metropolitan. Dengan peralatan yang lebih lengkap dan mewah. Ada piano , bas dan gitar untuk mengiringi tamu menikmati makanan mereka. Persediaan minumannya cukup lengkap terutama wine dan champagne.

American Bar

Lebih kecil dari bar & restaurant dengan segalam macam minuman di sediakan. Pada dasarnya sering dikunjungi oleh orang-orang asing yang sedang melakukan perjalanan keliling dunia. Banyak yang suka dansa di tempat ini.

Main Bar

Bar utama dengan area sendiri. Biasanya lokasinya di ruang tertutup dan di layani oleh waiter atau waitress bahkan bartender juga. Para staff bar ini bisa ngobrol langsung dengan tamu secara akrab. Settingannya lebih romantis dengan penerangan sengaja di buat gelap sambil diiiringi musik.

Cocktail Lounge

Biasanya juga dikenal dengan nama Lounge Bar. Tempatnya luas dan memanjang . Areanya lebih nyaman daripada bar biasa . Para tamu di layani petugas bar. Hampir mirip dengan main bar.

Portable Bar

Nah kalau bar yang satu ini cukup praktis dan bisa di pindah kemana-mana seperti garden party, room cocktail party, barbeque dan lain-lain.

Home Bar (Private Bar)

Terakhir ini adalah bar nya para sultan atau orang kaya. Jadi kalau kamu punya temen orang kaya dan dirumahnya banyak minuman beralkohol itulah yang dinamkan home bar.

Jadi itulah pengertian bar dan jenis-jenisnya secara umum. Kamu pengen kerja di bar yang mana?

Baca Juga : Apa Itu Sparkling Wine dan Cara Membuatnya