Russian Service: Pengertian, Ciri, Kelebihan, dan Table Setup

Russian service adalah salah satu bentuk layanan pada restoran atau di rumah yang memiliki beberapa ciri khusus. Salah satunya adalah penataan meja mulai dari piring hingga perlengkapan lain seperti pisau dan juga garpu.

Biasanya layanan ini akan dilakukan di restoran sehingga seluruh tamu yang ada di dalamnya akan mengonsumsi makanan yang sama. Namun bisa juga disajikan di rumah untuk acara khusus seperti pernikahan atau pesta.

Untuk mengetahui seperti apa Russian service yang banyak dilakukan di seluruh dunia. Tidak ada salahnya untuk membaca ulasan di bawah ini mulai dari awal hingga akhir. Akan ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipelajari dengan baik.

Russian Service Adalah

Servis untuk makanan dan minuman ala Rusia ini banyak digunakan di berbagai tempat di dunia. Biasanya penyajian cara ini akan dilakukan pada restoran yang berada di hotel berbintang atau restoran yang memang menyediakan fine dining.

Russian service adalah layanan terbaik yang pernah ada saat ini dan tetap dilakukan di berbagai tempat. Bahkan mereka yang mempelajari tentang hospitality baik itu perhotelan ataupun restoran akan mempelajari hal ini dengan baik.

Service ini dikembangkan menjadi salah satu layanan terbaik yang pernah ada. Tidak mengherankan jika banyak sekali orang yang menyukai layanan ini sehingga bisa memberikan pengalaman yang sangat besar.

Baca juga: Apa Itu French Service? Pengertian dan Contohnya

Biasanya layanan yang diberikan dengan memanfaatkan Russian service ini bisa berjalan dengan lebih cepat. Jadi tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mendapatkan makanan hingga menyelesaikan seluruh ritualnya.

Apabila ingin mengetahui seperti apa rasanya service mulai dari penataan meja sampai kelebihan dan kekurangannya bisa disimak dalam artikel ini. Dengan begitu pemahaman singkat terkait dengan layanan ini bisa langsung didapatkan.

Ciriciri Russian Service

Terdapat beberapa ciri-ciri Russian service yang membuatnya sangat disukai oleh banyak orang. Berikut beberapa ciri-ciri yang mungkin akan didapatkan semua.

1. Dipakai di Restoran Mewah

Russian Service adalah

Russian service adalah salah satu layanan yang paling banyak ditemukan di berbagai restoran mewah yang ada di seluruh dunia. Bahkan pelayanan ini juga banyak ditemukan di beberapa restoran yang ada di Indonesia, contohnya adalah beberapa restoran fine dining di Jakarta.

Dengan layanan yang sangat cepat serta memberikan kesan yang sangat formal ini membuatnya disukai oleh banyak orang. Karena banyak ditemukan di restoran mewah biasanya layanan ini juga akan diterapkan di beberapa hotel berbintang.

Intinya apapun yang berhubungan dengan fine dining akan menggunakan salah satu dari layanan service termasuk Russian service ini. Jadi apabila ingin menemukannya disarankan untuk datang ke beberapa restoran western.

Baca juga: English Service: Pengertian, Ciri dan Table Setup yang Benar

2. Persetujuan Tamu untuk Makanan

Sebelum makanan akhirnya disajikan kepada para tamu biasanya koki akan memberikan sampel dari jenis makanan. Setelah itu baru dibawa kepada host ataupun tamu untuk mendapatkan approval atau persetujuan terlebih dahulu.

Apabila sudah mendapatkan persetujuan maka makanan bisa langsung disajikan saat itu juga. Jadi apapun yang disajikan sudah sesuai dengan permintaan dari para tamu yang hadir pada kesempatan tersebut.

Adanya persetujuan ini akan meminimalkan terjadinya konflik atau komplain yang dilakukan oleh tamu. Karena apa yang disajikan hanya apa yang sudah disetujui oleh mereka saja.

3. Dapur Tidak Terlalu Intens

Dibandingkan dengan French service, Russian service adalah salah satu layanan yang sedikit lebih tenang atau santai. Artinya seluruh layanan akan diselesaikan dengan mudah tanpa terlalu tergesa-gesa di dalam dapur.

Biasanya hanya akan ada satu dapur atau server yang digunakan untuk menyajikan berbagai jenis makanan kepada tamu. Selanjutnya makanan ini akan diberikan secara berurutan mulai dari makanan pembuka sampai penutup.

Dapur bisa lebih santai karena jumlah waiters ataupun pelayan yang akan menyajikan makanan cukup banyak. Selain itu saja makanannya juga sudah disiapkan dengan baik sehingga hanya perlu menata saja.

4. Kontrol Ketat dari Manager

Adanya kontrol ketat yang dilakukan oleh manajer atau orang yang melakukan proses pengaturan di berbagai tempat. Biasanya para manajer akan melakukan kontrol pada bahan-bahan yang digunakan di dapur hingga kontrol ketika penyajian.

Ini dilakukan agar layanan bisa berjalan dengan baik dan tidak ada masalah. Karena jika bermasalah dengan tamu akan menyebabkan masalah yang cukup besar khususnya pada waiters yang melayani.

Baca juga: Sequence of Service: Pengertian dan Tata cara Pelaksanaanya

5. Staff Profesional

Dibandingkan dengan beberapa layanan service lain dalam food and beverage. Russian service adalah salah satu yang terbaik karena seluruh staf yang memberikan pelayanan sudah dididik dengan sangat sempurna.

Artinya tidak hanya koki saja yang profesional semua orang termasuk waiters juga sudah dilatih dengan baik. Jadi mereka bisa melakukan tugasnya dengan sempurna tanpa melakukan kesalahan sama sekali.

Table Setup Russian Service

Table Setup Russian Service

Penataan setup pada Russian service sebenarnya hampir mirip dengan English atau beberapa penataan lainnya. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan.

  • Di bagian tengah adalah piring beserta dengan napkin.
  • Selanjutnya pada sisi kiri akan terdapat garpu yang ukurannya berbeda-beda sesuai dengan kegunaan.
  • Di bagian atas dari karbu Akan terdapat piring kecil dan juga sendok yang nantinya bisa digunakan untuk mengambil mentega, selai, atau pendamping lain.
  • Di sisi kanan akan terdapat beberapa jenis pisau dan juga sendok.
  • Berada di atas sendok terdapat gelas untuk minum air putih pada sisi paling kiri lalu diikuti dengan beberapa gelas lain yang digunakan untuk minum wine dan sejenisnya.

Kelebihan Russian Service

Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Russian service dibandingkan dengan yang lain

  • Proses pelayanan yang dilakukan dengan metode ini akan berjalan sangat cepat. Jadi bisa langsung melayani banyak tamu dalam satu kali waktu.
  • Porsi yang diberikan juga akan tetap sehingga tidak akan ada makanan yang terbuang dan proses untuk budgeting berjalan dengan baik.
  • Tidak perlu menggunakan ruangan yang terlalu besar karena cukup menggunakan satu server saja untuk melayani semua orang.
  • Sangat efisien terhadap waktu sehingga seluruh staf yang bekerja di sini tidak akan¬† kelelahan.

Kekurangan Russian Service

Russian service adalah salah satu layanan terbaik. Namun tetap ada beberapa kekurangan yang membuatnya mungkin tidak disukai oleh beberapa orang.

  • Memerlukan banyak sekali peralatan Russian service khususnya yang digunakan untuk makan dan ditata pada meja.
  • Persiapan harus dilakukan dengan matang untuk menghindari adanya kesalahan.
  • Biasanya layanan akan dilakukan pada tamu yang paling dekat dengan server lalu berjalan sampai ke tamu yang paling akhir. Ini terkadang membuat tamu yang paling akhir tidak mendapatkan layanan yang terbaik.

Russian service adalah satu dari beberapa layanan yang cukup mudah ditemukan di seluruh dunia. Apalagi biasanya layanan ini banyak diterapkan di hotel-hotel berbintang yang memiliki restoran atau langsung di tempat makan yang menyajikan fine dining.

Secara umum layanan yang dilakukan dengan gaya ini akan memberikan kecepatan yang tinggi dan juga kualitas. Jadi seluruh tamunya nantinya akan mengkonsumsi makanan bisa menikmati segalanya dengan sempurna.

SHARE:

Seorang lifestye enthusiast dan traveller Indonesia yang suka berbagi inspirasi melalui tulisan. Mari diskusi di kolom komentar ya...

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste