napkin-adalah
source : pixabay.com

Napkin adalah serbet atau handuk wajah yang ada di atas meja makan dan penggunaannya untuk menyeka bibir dan jari ketika lagi makan. Serbet biasanya berukuran kecil dan diletakkan di meja dalam posisi terlipat. 

Bentuk lipatannya bisa bermacam-macam, mulai dari yang sederhana hingga yang rumit. Biasanya ukuran serbet makan atau napkin adalah 45 cm x 45 cm atau Ukuran 50 cm x 50 cm digunakan saat lunch dan dinner. Sedangkan untuk breakfast di sebut serbet jari ukurannya 35 cm x 35 cm atau 40 cm x 40 cm.

Sejarah Napkin

Jaman dahulu, saat masih zaman romawi kuno orang-orang dari kaum Yunani Kuno menggunakan roti untuk menyeka tangan mereka ketika makan. Dari sinilah muncul istilah roti serbet dan berlanjut penggunaan serbet kertas di Cina Kuno.

Disinilah kertas ditemukan pada abad ke-2 sebelum masehi dan serbet kertas dikenal dengan nama Chih Pha yang bisa di lipat kotak serta di pakai untuk orang-orang yag memesan teh. Informasi ini diperkuat dengan bukti tekstual serbet kertas muncul dalam deskripsi harta milik keluarga Yu dari kita Hangzhou.

Singkat cerita, awal pertengahan serbet / napkin tidak lagi dipakai. Tangan dan mulut diseka dengan apapun yg ada diatas meja. Tapi sekitar tahun 1415-1475 napkin dipakai kembali.

Abad ke-17 napkin atau serbet mulai distandarkan panjang dan ukurannya. Untuk panjang standarnya adalah 35 inchi dan lebar 45 inchi. Beberapa tahun setelahnya, ukuran serbet mengalami kembali perubahan hingga menjadi 35 inchi dan lebar 30 inchi.

Jenis – Jenis Napkin dan Cara Membuatnya

Berikut adalah contoh beberapa jenis napkin yang mungkin familiar dan bagaimana cara melipatnya :

Napkin Pocket ( Lipatan Saku )

Napkin jenis ini biasanya digunakan ketika piknik atau bertamasya

Napkin Accordion ( Lipatan Kipas )

Cara melipat napkin ini hampir sama dengan membuat origami.

https://www.youtube.com/watch?v=NHQWjy41YrA

Napkin Classic

Napkin Rose

Napkin Rose adalah salah satu  jenis lipatan napkin yang elegan dan indah. Bentuknya yang lentur menjadikan suasana meja makan terasa lebih romantis dan intimate. 

Fungsi Napkin

Napkin merupakan salah satu instrument penting dalam sebuah restaurant yang mempunyai beberapa fungsi seperti berikut :

Sebagai pelengkap dan mempercantik meja makan

Napkin yang dibuat dengan lipatan-lipatan yang cantik akan menambah kesan indah dimeja para tamu. Tentunya ini akan meningkatkan kualitas pelayanan di mata tamu

Menjaga kebersihan area sekitar tamu duduk

Dengan napkin, waiter/ess yang bertugas akan menaruh napkin dipangkuan tamu dengan tujuan jika ada makanan atau minuman yang jatuh itu tidak akan mengenai pakaian tamu

Membersihkan mulut

Seperti yang kita tahu, ini adalah fungsi dasar dari napkin yaitu sebagai alat penyeka makanan yg menempel di sisi bibir / mulut.

Tips Menghasilkan Lipatan Napkin yang Indah

  • Jangan membuat napkin yang terlalu tinggi sehingga dapat menutupi wajah tamu lainnya
  • Jangan membuat terlalu banyak lipatan karena serbet makan akan mudah kotor sebelum digunakan
  • Sebaiknya gunakan serbet yang berukuran agak besar (50 cm x 50 cm), dengan tujuan untuk memudahkan dalam melipatnya sehingga hasilnya akan lebih baik dan indah.
  • Ukuran serbet makan harus tepat dan simetris semua sisinya.
  • Untuk lipatan serbet makan yang standing, gunakanlah serbet makan yang kaku. Jika serbet makan halus gunakan serbet makan yang kuat

Baca Juga :

Banquet Hotel : Pengertian dan Struktur Organisasinya

Apa Itu French Service? Simak Penjelasannya !

Jenis Menu Yang Ada Di Restaurant