jenis-menu.jpg
source-freepik.com

Jenis Menu Di Restaurant Untuk kamu yang saat ini sedang menekuni bidang food and beverage service, sudah pasti sudah familiar dengan menu. Iya, sebuah kertas atau media yang berisi list makanan dan minuman yang biasa kamu tawarkan ke tamu untuk di pilih sebagai hidangan untuk mereka konsumsi. 

Sejarah Menu

Sebelum membahas jenis menu yang ada, kita flashback dulu kapan sebenarnya menu ini muncul. Kata Menu berasal dari bahasa Prancis “Le Menu” yang bebarti daftar makanan yang disajikan kepada tamu di ruang makan. Menu adalah pedoman bagi seseorang yang menyiapkan makanan/hidangan, bahkan merupakan petunjuk  bagi mereka yang menikmatinya karena akan tergambar tentang apa dan bagaimana makanan tersebut dibuat.

Pada tahun 1541 untuk pertama kalinya seorang ahli gastronomi bernama Pellapart mengenalkan kata “menu” untuk pertama kalinya. Tahun ke tahun khususnya setelah revolusi Perancis, kata dan jenis menu mengalami perkembangan sampai akhirnya menu menjadi sebuah standar yang harus ada dalam setiap jamuan makan.

Struktur Menu

Setiap negara mempunyai cara dan standar sendiri dalam penyusunan menu. Tetapi, secara umum sebenanrnya sama. Kita tau makanan ringan biasanya dijadikan sebagai hidangan pembuka atau yang sekarang lebih di kenal dengan  appetizer , makanan inti sebagai main course dan yang manis-manis sebagai makanan penutup atau desert.

Susunan dan bentuk menu berubah dan mengalami perkembangan mengikuti perubahan tingkat hidup suatu bangsa. Makanya kita mengenal ada menu klasik dan modern. Dalam menu klasik, hidangan biasanya tidak kurang dari 14 belas jenis dan di campur menjadi satu. Saat in bentuk menu klasik beberapa masih di gunakan cuma biasanya hidangannya lebih terbatas kurang lebih 7-8 menu terutama dalam acara jamuan-jamuan kenegaraan.

Contoh Struktur Menu Klasik

  • Hors-D’oeuvre (Froid) -Appetizer (cold)
  • Potage – Soup
  • Poisson – Fish
  • Oenfs/farineux – Eggs/Farinaceous
  • Entree (freod) – Entre (cold)
  • Relive – Main Cours
  • Legume – Vegetablese
  • Dessert – Dessert
  • Cafe/teh – Coffee/tea
  • Sapoureuk – Sweet

Untuk menu modern ini awalnya berkembang di Amerika Serikat dan banyak di pakai hotel-hotel chain International. Menu modern ini lebih simple dan terstruktur, jadi para tamu bisa lebih efisien waktu dalam memilihnya.

Contoh Menu Modern :

  • 3 jenis hidangan
  1. Soup – Appetizer
  2. Main Course
  3. Dessert

Jenis – Jenis Menu

Pada umumnya, ada 3 jenis menu yang saat ini familiar di kalangan hoteliers. Apa saja ?

Alacarte

Menu alacarte adalah susunan menu yang mana setiap makanan dan minuman yang ada sudah di cantumkan harga masing-masing. Kata Alacarte sendiri merupakan bahasa Perancis yang artinya “dari kartu” . 

alacarte-menu.jpg
contoh alacarte menu : source – chandpurmenu.com

Karakterisitik dari menu alacarte ini adalah mencantumkan list makanan selengkap-lengkapnya yang bisa di sediakan oleh restaurant tersebut. Dengan hal ini para tamu leluasa memilih makanan mana yang mereka ingin konsumsi. Selain itu juga harga sudah terpasang jelas.

Table D’hote Menu ( Set Menu )

Jenis menu ini merupakan daftar makanan yang membentuk atau tersusun dalam satu set makanan dengan satu harga yang pasti. Table d’hote menu ini bisa  terdiri dari 2 courses, 3 courses atau bahkan 4 courses.

table-d'hote-menu.jpg
Contoh table d;hote menu : source – pinterest

Dalam table d’hote menu ini tidak adanya banyak pilihan bagi tamu dan biasanya menu semacam ini akan banyak dihidangkan dalam melayani tamu group, karena akan lebih mudah mempersiapkan dan melayaninya.

Special Party Menu

Nah ini adalah jenis menu by request. Artinya sebelum acara, pihak tamu dan restaurant sudah melakukan kesepakatan jenis hidangan apa saja yang akan di sajikan dalam jamuannya nanti. 

Dalam hal ini kesepakatan yang terjadi bisa 2 hal yaitu :

  • Harga di tetapkan oleh tamu dan menyerahkan menu ke pihak restaurant
  • Tamu menginginkan spesifik menu dan masalah harga di serahkan ke pihak restaurant

Karena biasanya bentuk dari pelayanan menu ini adalah prasmanan (banquet), pihak tamu sudah  harus memperkirakan tamu yang datang dan memberikan informasi sejelas mungkin ke pihak restaurant. Agar nanti pihak restaurant bisa menyiapkan hidangan tersebut untuk berapa orang, mempertimbangkan kapasitas restaurant dan juga staff yang akan melayani acara tersebut.

menu-special-party.jpg
contoh menu special party : source-pinterest

Contoh acara yang biasanya menggunakan special party menu : acara nikahan (wedding), ulang tahun, gathering dan lain-lain.

Baca Juga : Sequence Of Service : Pengertian dan Pelaksanaannya