Apa Itu Metode Penelitian? Pengertian, Tujuan, Jenis, Manfaat & Contoh

Sebelum menjalankan sebuah penelitian, Anda wajib menentukan metodologi penelitian terlebih dahulu. Metodologi ini merupakan serangkaian langkah-langkah yang akan Anda lakukan selama penelitian nantinya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini pengertian, tujuan, hingga contoh dari metode penelitian. 

Pengertian Metode Penelitian

Pada dasarnya, metode penelitian merupakan serangkaian langkah atau prosedur yang peneliti lakukan dalam rangka mengumpulkan data atau informasi tentang sesuatu. Prosedur penelitian ini akan memberikan gambaran rancangan penelitian, mulai dari waktu penelitian hingga proses pengolahan data. 

Metode Penelitian Menurut Ahli

Untuk lebih jelasnya mengenai metodologi penelitian, berikut ini  pendapat para ahli mengenai pengertian dari istilah ini: 

1. Nasir

Berdasarkan pendapat dari Nasir bahwa metode penelitian adalah cara utama yang peneliti gunakan untuk mencapai tujuannya dan juga untuk menentukan jawaban atas masalah yang mereka ajukan. 

2. Winarno

Pengertian berikut ini disampaikan oleh Winarno yang mana menurut pendapatnya bahwa metode ini merupakan suatu kegiatan, yang mana dilakukan oleh peneliti dengan teknik yang sistematik dan teliti. 

3. Muhidin Sirat

Pendapat yang berbeda disampaikan oleh Muhidin Sirat, bahwa metode penelitian adalah suatu langkah dalam memilih masalah dan bagaimana menentukan judul penelitian. 

Tujuan Metode Penelitian

Berikut ini beberapa tujuan metodologi penelitian yang biasanya peneliti buat. 

1. Secara Umum

Adapun tujuan metodologi penelitian secara umum, antara lain:

  • Melakukan pengembangan terhadap ilmu pengetahuan yang telah ada sebelumnya.
  • Mendapatkan pengetahuan dan penemuan baru terkait topik penelitian yang sama.
  • Membuktikan dan menguji kevalidan sumber data yang digunakan dalam penelitian.
  • Memperoleh penelitian dengan landasan teori yang tepat.

2. Secara Praktis

Berikut ini beberapa tujuan dari  metode penelitian secara praktis:

  • Memudahkan peneliti dalam menyelesaikan penelitiannya.
  • Memberikan bantuan serta dukungan untuk pembaca atau orang banyak dalam mengatasi permasalahan yang ada melalui hasil penelitian kamu.
  • Memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kebermanfaatannya bagi masyarakat.

Jenis Metode Penelitian

Berikut ini pembagian jenis-jenis metodologi penelitian yang sering orang lakukan:

1. Berdasarkan Jenis dan Analisisnya

Jika berdasarkan pada jenis dan analisisnya, metodologi penelitian ada 3 jenis, antara lain:

a. Penelitian Kualitatif

Metode ini bertujuan untuk memberikan penjelasan tentang suatu fenomena yang nantinya akan mengkonstruksikan suatu teori terkait dengan fenomena tersebut. Contohnya, yaitu seperti gambar berikut: 

Contoh Penelitian Kualitatif
Contoh Penelitian Kualitatif | Image source : eprints.walisongo.ac.id

Contoh lengkap teks metode penelitian kualitatif Pelaksanaan pembelajaran agama Islam bagi penyandang tuna netra di balai rehabilitasi sosial Distrarastra Pemalang II.

b. Penelitian Kuantitatif

Metodologi pada penelitian ini menggunakan pendekatan terhadap kajian empiris, yang meliputi proses pengumpulan, analisis, dan juga menampilkan data dalam bentuk angka. Contohnya bisa Anda lihat di bawah ini:

Contoh Penelitian Kuantitatif
Contoh Penelitian Kuantitatif | Image source : elibrary.unikom.ac.id

Contoh lengkap teks metode penelitian kuantitatif Realisasi Penerimaan Pajak Pertambahan Nilai yang Dipengaruhi oleh Pencairan Tunggakan Pajak atas Penagihan Pajak dan Jumlah Pengusaha Kena Pajak.

c. Penelitian Gabungan

Pada penelitian ini, metodologi dilakukan dengan mengkombinasikan antara penelitian kuantitatif dan kualitatif. Contoh penelitian gabungan sebagai berikut:

Contoh Penelitian Gabungan
Contoh Penelitian Gabungan | Image source : lib.ui.ac.id

Contoh lengkap teks dengan metodologi penelitian gabungan Efektivitas Proses Pelaksanaan Bimbingan Teknis Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Studi Kasus Provinsi DI.Yogyakarta.

2. Berdasarkan Teknik yang Digunakan

Adapun berdasarkan teknik  yang digunakannya, metodologi penelitian ini ada 3 jenis, antara lain:

a. Penelitian Survey

Metode penelitian survey biasanya dilakukan pada suatu populasi besar ataupun kecil, yang mana akan mempelajari sampel dari populasi tersebut. Adapun contohnya bisa Anda lihat pada gambar berikut:

Contoh Penelitian survey
Contoh Penelitian survey | Image source : media.neliti.com

Contoh lengkap penelitian survey tentang Sikap Masyarakat Surabaya terhadap Program Acara “Pesbuker”.

b. Penelitian Sejarah

Jenis metodologi ini berhubungan dengan analisis secara logis tentang suatu kejadian yang berlangsung di masa lampau. Contoh studinya yaitu penelitian tentang rekonstruksi pengajaran ejaan di Amerika Serikat selama kurun waktu 50 tahun terakhir. 

c. Penelitian Eksperimen

Pada jenis metodologi eksperimen, akan berusaha mencari pengaruh variabel tertentu dengan variabel lainnya dalam keadaan yang terkontrol secara ketat. Contohnya sebagai berikut.

Contoh Penelitian eksperimen
Contoh Penelitian eksperimen | Image source : etheses.uin-malang.ac.id

Contoh lengkap metode eksperimen pada pembelajaran birdwatching dalam meningkatkan prestasi belajar IPA Siswa SLB C.

3. Berdasarkan Sifat Permasalahannya

Berikut ini jenis metodologi penelitian berdasarkan sifat permasalahannya: 

a. Penelitian Deskriptif

Pada metodologi penelitian deskriptif, peneliti akan berusaha memberikan fakta dan sifat suatu populasi secara sistematis dan cermat. Contohnya bisa Anda lihat di bawah:

Contoh penelitian deskriptif
Contoh penelitian deskriptif | Image source : library.uir.ac.id

Contoh lengkap metodologi penelitian deskriptif Studi Deskriptif tentang Pemahaman Guru Matematika SMA terhadap materi Geometri di Kecamatan Tampan Pekanbaru.

Baca Juga : Pengertian Penelitian Deskriptif: Ciri, Karakter, Metode, & Contohnya

b. Penelitian Kasus dan Penelitian Lapangan

Metodologi penelitian ini berfokus pada suatu kasus secara terperinci dan intensif tentang suatu keadaan yang sedang dipermasalahkan. Contohnya yaitu studi kasus tentang pola asuh ibu di  wilayah perkotaan. 

c. Penelitian Perkembangan

Jenis metode penelitian perkembangan nantinya akan menyelidiki pola dan proses pertumbuhan suatu hal dalam waktu tertentu. Contohnya yaitu pada penelitian tentang pengembangan sistem penerimaan siswa baru di suatu sekolah. 

4. Berdasarkan Jenis Data

Jika berdasarkan jenis datanya, metode penelitian dibagi menjadi beberapa jenis sebagai berikut: 

a. Penelitian Primer

Pada metodologi penelitian ini mengharuskan peneliti untuk mengumpulkan data dari sumber yang pertama, sehingga biasanya menggunakan metode wawancara. Contohnya yaitu:

Contoh Penelitian primer
Contoh Penelitian primer | Image Source : repository.uksw.edu

Contoh lengkap metodologi penelitian Strategi bersaing dalam meningkatkan jumlah pelanggan: Studi kasus pada Perusahaan Otobus Al-Mubarok Malang.

b. Penelitian Sekunder

Pada penelitian sekunder, akan menggunakan sumber data dari studi kepustakaan atau tidak pada bertemu langsung dengan sumber pertamanya. Contohnya yaitu: 

Contoh penelitian sekunder
Contoh penelitian sekunder | Image source : eprints.walisongo.ac.id

Contoh lengkap penelitian sekunder Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Leverage terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Tahun 2011-2014.

5. Berdasarkan Tempatnya

Adapun berdasarkan tempatnya, metodologi penelitian terbagi menjadi 3 jenis, antara lain:

a. Penelitian Laboratorium

Sesuai dengan namanya, penelitian ini dilakukan di laboratorium. Contohnya adalah  penelitian tentang alat pernapasan atau jaringan dengan mikroskop untuk beberapa jenis hewan.

b. Penelitian Lapangan

Penelitian lapangan dilakukan pada tempat kejadian langsung dan di luar ruangan. Contohnya yaitu penelitian tentang tingkat literasi di desa terpencil wilayah Jawa Timur. 

c. Penelitian Perpustakaan

Sesuai dengan namanya, penelitian ini tentu saja akan dilakukan di perpustakaan dan berkaitan dengan jurnal dan sumber-sumber lainnya. Contohnya adalah penelitian tentang isi jurnal bertemakan model pembelajaran pada siswa SMA. 

6. Berdasarkan Bidang yang Diteliti

Jika berdasarkan bidang yang diteliti, metode penelitian terbagi menjadi 2, yaitu:

a. Penelitian Sosial

Jenis metode ini biasanya untuk bidang sosial seperti hukum, pendidikan, sosiologi, dan sebagainya. Contohnya yaitu pada penelitian tentang pengaruh status sosial dalam kehidupan bermasyarakat.

b. Penelitian Eksakta

Penelitian eksakta berhubungan dengan metode-metode bidang eksakta, seperti biologi, kimia, dan sebagainya. Adapun contohnya yaitu penelitian tentang perkembangbiakan berbagai jenis reptil.

7. Berdasarkan Keilmiahannya

Jenis metodologi penelitian berdasarkan keilmiahannya, yaitu sebagai berikut:

a. Ilmiah

Jenis ini memperhatikan kaidah-kaidah ilmiah. Maksudnya, yaitu benar-benar memperhatikan susunan yang sistematis dan menggunakan fakta atau pembuktian yang meyakinkan. 

b. Non-Ilmiah

Non ilmiah akan menggunakan metode yang biasanya tidak memperhatikan kaidah-kaidah ilmiah. Selain itu, jenis ini biasanya tidak terlalu memperhatikan fakta-fakta yang meyakinkan. 

Manfaat Metode Penelitian

Berikut ini beberapa manfaat dari adanya  metodologi penelitian, yakni:

1. Memudahkan Kegiatan Penelitian 

Pada metode penelitian, akan memuat susunan tahapan penelitian yang baik dan benar. Adanya hal ini, tentu saja akan mempermudah kegiatan penelitian kamu, sehingga lebih terarah dan berjalan lancar nantinya. 

2. Mengatasi Berbagai Masalah dan Keterbatasan

Dalam suatu penelitian, biasanya akan terjadi banyak masalah dan hambatan. Namun, dengan adanya metode yang jelas dan sistematik, akan sangat membantu dalam mengatasi berbagai masalah yang ada, terutama terkait keterbatasan dalam melakukan penelitian. 

3. Meningkatkan Kualitas Hasil Penelitian 

Hasil penelitian akan berkualitas, jika penelitian kamu lakukan dengan baik dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Nah, untuk melakukan penelitian dengan baik, metodologi penelitian yang sistematik mutlak dibutuhkan. Untuk itulah, metode penelitian bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hasil penelitian.

4. Membantu Mendapatkan Hasil Penelitian yang Solutif 

Penelitian pada dasarnya bertujuan untuk menyelesaikan masalah. Adapun pada metodologi penelitian akan ada tahapan untuk melakukan penelitian yang lengkap dan sistematis. Melalui hal inilah nantinya akan didapatkan data hasil penelitian yang bisa menyelesaikan masalah yang ada. 

Baca Juga : Apa Itu Abstrak, Ciri, dan Contohnya dalam Karya Tulis Ilmiah

Sudah Tahu Apa Itu Metode Penelitian?

Metode penelitian sangat penting jika ingin meneliti suatu hal. Tanpa adanya metode, maka peneliti tidak akan pernah bisa memulai researchnya. 

Namun, tentu saja dalam membuat metodologi penelitian tidak bisa sembarang. Prosedur penelitian yang baik harus lengkap dan sistematis. Selain itu, juga harus sesuai dengan penelitian terdahulu dan tidak akan membahayakan banyak orang.

Untuk itulah, dalam menyusun prosedur ini, sebaiknya kamu melakukan riset mendalam pada jurnal terdahulu, yang berhubungan dengan topik penelitian kamu. 

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page