Doa agar Cepat Melahirkan dan Kontraksi, Yuk Amalkan

Ada beberapa kondisi yang membuat ibu hamil merasakan kecemasan ekstra. Salah satunya saat Hari Perkiraan Lahir (HPL) sudah lewat, tapi ibu hamil belum ada  tanda-tanda segera lahiran. Oleh sebab itu, baca doa agar cepat melahirkan.

Dengan membaca doa tersebut, diharapkan menjadi salah satu solusi terbaik untuk ibu hamil bisa lekas melahirkan.

Karena melalui doa, seseorang meminta pertolongan langsung kepada Allah SWT.

Doa agar Cepat Melahirkan Sesuai Sunnah dan Al-Quran

Walaupun biasanya setiap ibu hamil mempunyai cara masing-masing dalam menetralisir rasa cemas tersebut. Namun, tidak ada salahnya jika kita berdoa dengan niat yang benar.

Sebab doa dengan keyakinan penuh kepada Allah SWT akan membantu kita dalam menyelesaikan semua perkara kehidupan, termasuk melahirkan tersebut.

Berikut beberapa doa agar cepat melahirkan yang bisa kita baca:

1. Doa Agar Cepat Melahirkan Pertama

Doa Agar Cepat Melahirkan Pertama

Pertama, terdapat doa Maryam agar mudah melahirkan pada waktu menjelang persalinan. Suami istri bisa membaca doa ini untuk memudahkan persalinan dan cepat kontraksi. Adapun bacaan doa yang bisa kita panjatkan sebagai berikut:

حَنَا وَلَدَتْ مَرْيَمَ وَمَرْيَمُ وَلَدَتْ عِيْسَى اُخْرُجْ أَيُّهَا الْمَوْلُوْدُ بِقُدْرَةِ المَلِكِ المَعْبُوْدِ

Haanah waladat maryam, wa maryam waladat ‘iisaa, ukhruj ayyuhal mauluudu bi qudratil malikil ma’buud. 

Artinya: “Hanah melahirkan Maryam, Maryam melahirkan Isa. Wahai anak yang akan dilahirkan, lahirlah dengan kekuasaan Tuhan Yang Maha Menguasai, Yang Disembah.”

Baca juga: Niat Sholat Taubat Zina Lengkap dengan Tata Caranya

2. Doa Kedua

Berikutnya doa agar cepat melahirkan yaitu membaca surat Al-Falaq. Hal ini juga tercantum dalam hadits yang ditulis oleh Muhammad bin Abdul Wahid Al-Ghafiqi dalam kitab Lamahatul Anwar wa Nafahatul Azhar.

Ini merupakan bacaan haditsnya yang artinya:

“Dari Ali bin Husain, dia berkata bahwa ketika Fatimah hendak melahirkan, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallah mengutus Ummu Salamah dan Asma’ binti Umais kepada Fatimah.

Beliau berkata kepada keduanya, “Bacalah di dekat Fatimah ayat kursi dan ‘Inna robbakum allaahul ladzii kholaqos samaawaati wal ardho’ hingga akhir ayat dan dua mu’awwidzatain.”

Adapun bacaan doa agar cepat melahirkan anak dari surat Al-Falaq:

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ  (1)

مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ  (2) 

وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ  (3)

وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ (4)

وَمِنْ شَرِّحَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ (5)

Qul a’uzu birabbil-falaq (1)

Min syarri ma khalaq (2)

Wa min syarri gasiqin iza waqab (3)

Wa min syarrin-naffasati fil-‘uqad (4)

Wa min syarri hasidin iza hasad (5)

Artinya:

Katakanlah Nabi Muhammad, “Aku berlindung kepada Tuhan yang menjaga fajar (subuh) (1), dari kejahatan makhluk yang Dia ciptakan (2), dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita (3).

Dari kejahatan perempuan-perempuan penyihir yang meniup pada buhul-buhul talinya (4), dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki (5).”

3. Doa Agar Cepat Melahirkan Ketiga

Melanjutkan dari hadist poin doa kedua, selain surat Al-Falaq bisa kita sambung dengan bacaan surat An-Nas.

Membaca doa dengan pengulangan beberapa kali tentu akan membuat hati kita semakin tenang dan yakin.

Berikut bacaan doa agar cepat melahirkan dari surat An-Nas:

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِۙ (1)

مَلِكِ النَّاسِۙ. اِلٰهِ النَّاسِۙ (2)

مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ ەۙ الْخَنَّاسِۖ (3)

الَّذِيْ يُوَسْوِسُ فِيْ صُدُوْرِ النَّاسِۙ (4)

مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ (5)

Qul a’uzu birabbin nas (1)

Malikin-nas (2)

Ilahi nas (3)

Min syarril-waswasil-khannas (4)

Allazi yuwaswisu fi sudurin-nas (5)

Artinya:

Katakanlah Nabi Muhammad, “Aku berlindung kepada Tuhan manusia (1), raja manusia (2), sembahan manusia (3), dari kejahatan setan pembisik yang bersembunyi (4), yang membisikkan kejahatan ke dalam dada manusia (5).”

4. Doa Agar Cepat Melahirkan dan Kontraksi Keempat

Doa Agar Cepat Melahirkan dan Kontraksi Keempat

Masih tetap melanjutkan doa agar cepat melahirkan  yang bersumber dari hadits poin kedua, sekaligus Syeikh Muhyissin Abu Zakaria Yahya bin syaraf al-Nawawi al-Dimasyqi dalam kitab al-Adzkar al-Muntakhabah min Kalami Sayyid al-Abrar.

Tepatnya pada halaman 298 menerangkan bahwa saat masuk detik-detik persalinan berlangsung, hendaknya suami membaca ayat kursi sebanyak satu kali dan dilanjutkan dengan membaca doa surat Al-A’raf ayat 54.

Berikut bacaan doa agar cepat melahirkan normal dan lancar dari ayat kursi yang bisa kita panjatkan:

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ

Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, la ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih.

Ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhu hifhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim.

Artinya: “Allah, tidak ada Tuhan yang berkah disembah melainkan Dia Yang Hidup Kekal lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya, tidak mengantuk, dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang ada di hadapan mereka dan di belakang mereka dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah, melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

Baca juga: 8 Doa Meluluhkan Hati Seseorang yang Kita Cintai dengan Menyebut Namanya Jarak jauh

5. Doa Kelima

Selanjutnya menyambung dari poin keempat, membaca doa agar cepat melahirkan lancar setelah ayat kursi kemudian Al-Araf ayat 54, disambung dengan surat Al-Falaq dan An-Nas sebelumnya.

Adapun bacaan doa surat Al-A’raf ayat 54:

اِنَّ رَبَّكُمُ اللّٰهُ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ فِيْ سِتَّةِ اَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوٰى عَلَى الْعَرْشِۗ يُغْشِى الَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهٗ حَثِيْثًاۙ وَّالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَالنُّجُوْمَ مُسَخَّرٰتٍۢ بِاَمْرِهٖٓ ۙاَلَا لَهُ الْخَلْقُ وَالْاَمْرُۗ تَبٰرَكَ اللّٰهُ رَبُّ الْعٰلَمِيْنَ

Inna rabbakumullahul-lazi khalaqas-samawati wal-arda fi sittati ayyamin summastawa ‘alal-arsy, yugsyil-lailan-nahara yatlubuhu hasisa, wasy-syamsa.

Wal-qamara wan-nujuma musakhkharatim bi’amrih, ala lahul-khalqu wal-amr, tabarakallahu rabbul-alamin.

Artinya: “Sesungguhnya Tuhanmu adalah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas “Arasy. 

Dia menutupkan malam pada siang yang mengikutinya dengan cepat. Dia ciptakan matahari, bulan dan bintang-bintang untuk tunduk pada perintah-Nya.

Ingatlah! Hanya milik-Nyalah segala penciptaan dan urusan. Maha Berlimpah anugerah Allah, Tuhan semesta alam.”

6. Doa Keenam

Tidak hanya doa itu saja, masih ada banyak versi doa lain yang bisa kita panjatkan untuk memohon pertolongan kepada Allah SWT atas kelancaran persalinan kita. 

Salah satunya doa agar cepat melahirkan yang bisa kita baca yaitu sebagai berikut:

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً ۚ إِنَّكَ أَنتَ الْوَهَّابُ رَبَّنَآ اِنَّكَ جَامِعُ النَّاسِ لِيَوْمٍ لَّا رَيْبَ فِيْهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُخْلِفُ الْمِيْعَادَ ࣖ

Rabbanaa laa tuzigh quluubanaa ba’da idz hadaitanaa wa hab lamaa min laduunka rahmatan innaka antal wahhabu. Rabbanaa innaka jaami’un naasi li yaumin laa raiba fiihi. Innallaaha laa yukhliful mii’aada.

Artinya: “Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau membengkokkan hati kami sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami. 

Dan karuniakanlah kepada kami limpahan rahmat dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau jugalah Tuhan Yang melimpah-limpah pemberian-Nya. 

Wahai Tuhan kami, sesungguhnya Engkaulah yang mengumpulkan manusia pada hari yang tidak ada keraguan padanya.”

7. Doa Ketujuh

Bacaan doa agar cepat melahirkan selanjutnya yaitu dari potongan surat dalam Al-Quran surat An-Nahl ayat 78. Selain membaca doa tersebut, ibu hamil juga bisa menerapkan gaya hidup sehat dan sering beraktivitas ketika kehamilan tua.

Dengan doa dan usaha yang dikombinasikan secara konsisten, maka akan lebih membantu kita dalam persalinan tersebut. Dan inilah bacaan doa agar cepat melahirkan surat Al-Nahl ayat 78:

وَاللّٰهُ اَخْرَجَكُمْ مِّنْۢ بُطُوْنِ اُمَّهٰتِكُمْ لَا تَعْلَمُوْنَ شَيْـًٔاۙ وَّجَعَلَ لَكُمُ السَّمْعَ وَالْاَبْصَارَ وَالْاَفْـِٕدَةَ ۙ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

Wallahu akhrajakum mim butuni ummahatikum la ta’lamuna syaiaw wa ja’ala lakumus-sam’a wal-absara wal-afidata la’allakum tasykurun.

Artinya: “Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu pun, dan Dia memberimu pendengaran, penglihatan, dan hati nurani, agar kamu bersyukur.”

Selain dari surat An-Nahl ayat 78 tersebut, kita bisa melanjutkannya dengan doa agar cepat melahirkan dalam Islam dari doa Maryam ketika melahirkan. Doa itu ada pada poin pertama alias doa pertama sebelumnya.

8. Doa Kedelapan

Doa kedelapan ini merupakan doa supaya cepat melahirkan versi lainnya yang bisa kita panjatkan. Sehingga, kita bisa memilih doa mana saja yang hendak kita baca, terpenting yakin akan kuasa Allah SWT.

Berikut doa yang bisa kita panjatkan agar segera melahirkan:

(4) قَالَ رَبِّ اِنِّيْ وَهَنَ الْعَظْمُ مِنِّيْ وَاشْتَعَلَ الرَّأْسُ شَيْبًا وَّلَمْ اَكُنْۢ بِدُعَاۤىِٕكَ رَبِّ شَقِيًّا

(5) وَاِنِّيْ خِفْتُ الْمَوَالِيَ مِنْ وَّرَاۤءِيْ وَكَانَتِ امْرَاَتِيْ عَاقِرًا فَهَبْ لِيْ مِنْ لَّدُنْكَ وَلِيًّا ۙ

(6) يَّرِثُنِيْ وَيَرِثُ مِنْ اٰلِ يَعْقُوْبَ وَاجْعَلْهُ رَبِّ رَضِيًّا

Qala rabbi inni wahanal-azmu minni wasyta’alar-ra’su syaibaw wa lam akum bidu’a ika rabbi syaqiyya (4)

Wa inni khiftul-mawaliya miw wara’I wa kanatimra’ati aqiran fa hab li mil ladungka waliyya (5)

Yarisuni wa yarisu min ali ya’quba waj’al hu rabbi radiyya (6)

Artinya: “Dia Zakaria berkata, “Wahai Tuhanku, sesungguhnya tulangku telah lemah, kepalaku telah dipenuhi uban dan aku tidak pernah kecewa dalam berdoa kepada-Mu. 

Wahai Tuhanku, sesungguhnya aku khawatir terhadap keluargaku sepeninggalku, sedangkan istriku adalah seorang yang mandul. Anugerahilah aku seorang anak dari sisi-Mu. 

Seorang anak yang akan mewarisi aku dan keluarga Ya’qub serta jadikanlah dia, wahai Tuhanku, seorang yang diridhai.””

9. Doa Kesembilan

Dan jika ternyata ibu hamil tersebut diberi ujian dalam melahirkan berupa kesulitan. Kita tidak perlu khawatir terlebih dulu, karena ada doa yang bisa kita panjatkan agar berjalan dengan lancar.

Adapun bacaan doa agar istri cepat melahirkan yang dimulai dari membaca surat Al-Baqarah ayat 185, Al-Fathir ayat 11 dan kemudian surat Al-Isra ayat 82. Berikut untuk bacaan Al-Baqarah ayat 185:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗوَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗيُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖوَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

Syahru ramadanallazi unzila fihil-qurana hudal lin-nasi wa bayyinatim minal-huda wal-furqan, fa man syahida mingkumusy falyasumh, wa mang kana maridan au ‘ala safarin fa ‘iddatum min ayyamin ukhar.

Yuridullahu bikumul-yusra wa ala yuridu bikumul-‘usra wa litukmilul-iddata wa litukabbirullaha ‘ala ma hadakum wa la’allakum tasykurun.

Artinya: “Bulan Ramadhan adalah bulan yang didalamnya diturunkan Al-Quran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda antara yang benar dan yang batil. 

Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan dia tidak berpuasa, maka wajib menggantinya, sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. 

Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur.”

Setelah itu, kita bisa melanjutnyakan dengan membaca bacaan doa agar cepat kontraksi atau melahirkan dari surat Al-Fatir ayat 11:

 وَاللّٰهُ خَلَقَكُمْ مِّنْ تُرَابٍ ثُمَّ مِنْ نُّطْفَةٍ ثُمَّ جَعَلَكُمْ اَزْوَاجًاۗ وَمَا تَحْمِلُ مِنْ اُنْثٰى وَلَا تَضَعُ اِلَّا بِعِلْمِهٖۗ وَمَا يُعَمَّرُ مِنْ مُّعَمَّرٍ وَّلَا يُنْقَصُ مِنْ عُمُرِهٖٓ اِلَّا فِيْ كِتٰبٍۗ اِنَّ ذٰلِكَ عَلَى اللّٰهِ يَسِيْرٌ

Wallahu khalaqakum min turabin summa min nutfatin summa ja’alakum azwaja, wa ma tahmilu min unsa wa la tada’u illahi bi’ilmih, wa ma yu’ammaru min mu’ammariw wa la yungqasu min ‘umurihi illa fi kitab, inna zalika ‘alallahi yasir.

Artinya: “Allah menciptakan kamu dari tanah kemudian air mani, kemudian Dia menjadikan kamu berpasangan laki-laki dan perempuan. Tidak ada seorang perempuan pun mengandung dan tidak pula melahirkan dengan sepengetahuan-Nya.

Tidak dipanjangkan umur seseorang yang berumur panjang dan tidak pula dikurangi umurnya, melainkan sudah ditetapkan dalam Kitab Lauh Mahfuzh. Sesungguhnya yang demikian itu bagi Allah adalah mudah.”

Barulah kita bisa membaca bacaan agar cepat melahirkan dari surat Al-Isra ayat 82 sebagai berikut:

 وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْاٰنِ مَا هُوَ شِفَاۤءٌ وَّرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِيْنَۙ وَلَا يَزِيْدُ الظّٰلِمِيْنَ اِلَّا خَسَارًا

Wa nunazzilu minal-qurabi ma huwa syifauw wa rahmatul wa la yaziduz-zalimina illa khasara.

Artinya: “Dan Kami turunkan dari Al-Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al-Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.”

Itulah beberapa doa agar cepat melahirkan yang bisa kita panjatkan, baik istri ataupun suami. Kita bisa mengamalkan salah satunya dengan niat penuh keyakinan atas pertolongan Allah SWT kepada hambanya.

Share:

Reskia pernah menjabat sebagai Sekretaris Divisi Media Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) Sumbagsel tahun 2020. Ia senang berbagi pengetahuan yang ia peroleh. Because sharing is caring.

Leave a Comment