7 Doa untuk Suami yang Sedang Bekerja agar Selamat dan Terhindar dari Kesulitan, Yuk Amalkan!

Doa untuk suami yang sedang bekerja memang sangat diperlukan agar suami selalu mendapatkan perlindungan dari Allah. Bahkan menurut ajaran Islam, salah satu doa yang saat ini paling mustajab adalah doa istri untuk suami.

Oleh karena itu, jangan pernah lupa untuk selalu mendoakan pasangan kita. Apalagi ketika ia setiap harinya harus berjuang mencari nafkah untuk keluarga.

Informasi kali ini akan membahas tentang kumpulan doa untuk suami yang bekerja.

7 Doa untuk Suami yang sedang Bekerja

Terdapat beberapa doa yang bisa kita amalkan untuk suami yang sedang bekerja. Berikut ini sudah ada kumpulan doa untuk suami, antara lain:

1. Doa untuk Suami agar Rezekinya Makin Lancar

Doa untuk Suami agar Rezekinya Makin Lancar

Pertama, kita bisa mendoakan agar pintu rezeki suami selalu terbuka lebar. Jadi keluarga kita bisa terhindar dari kemelaratan dan kemiskinan di dunia. Adapun bacaan doa untuk suami yang sedang bekerja yang bisa diamalkan adalah:

اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ اَنْ تَرْزُقَنِىْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلاَمَشَقَّةٍ وَلاَضَيْرٍ وَلاَنَصَبٍ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Allahumma innii as aluka an tarzuqanii rizqan halaalan waasi’an thayyiban min ghairita’abin wala masyaqqatin walaa dhoirin wa laa nashabin innaka ‘alaa kulli syai in qadiir.

Artinya: “Ya Allah, aku minta pada Engkau akan pemberian rezeki yang halal, luas, baik tidak tanpa repot dan juga tanpa kemelaratan dan tanpa keberatan, sesungguhnya Engkau kuasa atas segala sesuatu.”

2. Doa agar Mendapatkan Rezeki Halal

Apabila khawatir rezeki yang suami dapatkan ternyata tidak halal di mata Allah SWT, maka doakanlah ia dengan bacaan di bawah ini:

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak.

Artinya: “Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.”

Baca juga: 7 Doa untuk Menenangkan Hati dari Sedih dan Gelisah

3. Doa agar Suami Terhindar dari Harta yang Haram

Ada juga doa untuk suami yang sedang bekerja agar ia bisa terhindar dari berbagai macam harta haram. Selain itu, isi bacaannya memuat permohonan agar Allah SWT bisa melimpahi keluarga kita dengan berkah dan karunia-Nya.

Agar lebih jelas, berikut ini sudah ada bacaan doa mustajab beserta artinya:

اَللَّهُمَّ ياَ غَنِىُّ ياَحَمِيْدُ يَامُبْدِئُ يَامُعِيْدُ يَارَحِيْمُ يَاوَدُوْدُ يَافَعَّالُ لِمَا يُرِ يْدُ اَغْنِنِىْ بِحَلاَ لِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَبِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahumma yaa ghoniyyu yaa hamiid yaa mubdi’u yaa mu’iid yaa rohimu yaa waduud yaa fa’alu lima yuriid agnini bihalaalila, anharoomika wa bifadlika ‘amman siwaak.

Artinya: “Ya Allah Tuhanku Yang Maha Kaya dan Maha Terpuji, Tuhan Yang Menakdirkan dan Yang Mengembalikan, Yang Maha kasih dan Maha Kasih Sayang. 

Berilah aku kekayaan harta yang Engkau halalkan bukan yang Engkau haramkan, berilah aku kelebihan dari yang lain dengan berkah karuniaMu.”

4. Doa untuk Suami yang sedang Bekerja agar Mendapatkan Perlindungan

Selanjutnya, juga ada doa untuk suami yang sedang bekerja agar ia selalu terlindungi dari hal buruk apapun. Hal buruk ini sebenarnya bermacam bisa berupa penyakit hati, seperti rasa malas, kesewenang-wenangan manusia, dan lainnya.

Di bawah ini sudah ada bacaan doanya yang lengkap dengan arti:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Allahumma inni a’udzu bika minal Hammi wal hazan, wa a’udzu bika minal ‘ajzi wal kasal, wa a’udzu bika minal jubni wal bukhl, wa a’udzu bika min ghalabatid dain wa qahrir rijal.

Artinya: 

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. 

Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan hutang dan kesewenang-wenangan manusia.”

5. Doa untuk Suami agar Terhindar dari Beban yang Berat

Selanjutnya, ada penggalan surat Al-Baqarah ayat 286 yang bisa langsung kita baca untuk meminta perlindungan dari beban yang berat. Ayat yang satu ini memang berisi permohonan agar selalu terhindar dari beban berat.

Apalagi ketika suami kita sedang mencari rezeki. Adapun bacaan doa untuk suami yang bekerja ini akan dijelaskan di bawah ini:

…رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ اِنْ نَّسِيْنَآ اَوْ اَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَا ۗ اَنْتَ مَوْلٰىنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ 

Robbanaa laa tuaa khidznaa innasiinaa au akhtho’na, robbanaa walaa tahmil ‘alainaa ishran kamaa hamaltahuu ‘ala al ladziina min qoblinaa, robbana walaa tuhammilnaa maa laa thoo qatalanabih.

Wa’ fuanna waghfirlanaa warhamnaa, anta maulana fansurnaa ‘ala al qaumilkaafiriin.

Artinya: 

“Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau salah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami.  Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kamu memikulnya. Beri maaflah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkau penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.”  (Q.S. Al-Baqarah-286).

Baca juga: Bacaan Doa Selamat Dunia Akhirat Pendek, Panjang, Arab & Latin

6. Doa Diberikan Kesehatan

Sebenarnya tidak hanya doa yang berhubungan dengan pekerjaan, tapi kita juga bisa mendoakan suami agar selalu diberikan kesehatan. Dengan begitu, ia selalu bisa bekerja dengan lebih semangat dan tekun dari sebelumnya.

Berikut ini doa untuk suami yang bekerja yang perlu kita ketahui, antara lain:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ جَمِيعِ سَخَطِكَ

Allahumma Innii A’uudzubika min zawaali ni’matika wa min tahawwauli’affiyatika wamin jamii’is sakhatika.

Artinya: 

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya nikmat karunia-Mu, dari perubahan kesehatan yang diberikan oleh-Mu, dan dari semua kemurkaan-Mu.”

7. Doa agar Dinaikkan Jabatan

رب اغْفِرلي وَارْحَمْنِى واجبرني وَارْفَعْنِي وَارْزُقْنِى وَاهْدِنِى وَعَافِنِى وَاعْفُ عَنِّى

Robbighfirlii warhamnii wajburnii warfa’nii warzuqnii wahdinii wa’aafinii wa’fu ‘annii.

Artinya: 

“Ya Allah ampunilah aku, rahmatilah aku, perbaikilah keadaanku, tinggikanlah derajatku, berilah rezeki dan petunjuk untukku.”

Pada dasarnya, masih banyak doa istri untuk suami yang bekerja, akan tetapi beberapa doa di atas bisa dijadikan sebagai gambaran dan referensi untuk kita. 

Di mana sebagai seorang istri harus bisa ingat bahwa suami kita mencari nafkah untuk keluarganya. Oleh karena itu, sebagai seorang istri juga harus selalu bersyukur dengan apa yang diberikan suami agar menjadi istri yang sholeha.

Alasan Istri Memanjatkan Doa untuk Suami ketika Bekerja

Sebagai salah satu istri yang shalihah, tentu kondisi suaminya baik secara fisik, psikis maupun keimanan harus tetap dijaga dengan sebaik-baiknya. Hal ini karena suaminya adalah kepala keluarga. 

Keinginan agar suaminya dalam keadaan yang baik bisa dinyatakan dalam bentuk doa kepada Allah SWT. Suami merupakan mitra dan teman istri dalam segala hal.

Jadi, apabila seorang istri berdoa untuk suaminya, maka sama dengan berdoa untuk dirinya sendiri. Contohnya saja, ketika seorang istri berdoa agar suaminya yang bekerja selalu dilindungi olehnya.

Di mana ia meminta sehat dan mendapatkan  makanan yang berkah. Hal ini berarti juga doa untuk diri sendiri, karena suami akan bersama istrinya pada akhirnya.

Hanya dengan membaca doa untuk suami yang bekerja, maka istri telah menunaikan kewajibannya sebagai seorang istri yang baik dan shalihah. 

Bukankah salah satu permata paling berharga di dunia adalah wanita yang sholihah? Rasulullah SAW juga telah bersabda untuk umatnya yang berbunyi:

“Dunia ini adalah permata (kegembiraan) dan permata yang paling berharga di dunia adalah wanita (istri) yang saleh” (HR Muslim, Nasa’I Ibnu Majah dan Ahmad).

Adab Berdoa kepada Allah untuk Suami

Pada dasarnya, berdoa dengan Allah SWT memiliki adab atau aturan yang harus diterapkan. Tentu, hal ini juga akan berlaku ketika seorang istri ingin sekali mendoakan suaminya yang bekerja. 

Jadi sebenarnya bagaimana cara yang tepat saat doa untuk suami yang bekerja kepada Allah? Lihat beberapa penjelasan berikut ini tentang adab berdoa kepada Allah SWT, antara lain:

  • Berdoa Khusyu’, hal ini berarti jangan pernah memikirkan hal lain saat berdoa. Doa harus lebih fokus, apalagi pada Allah SWT dan apa yang diinginkan. 
  • Berdoa dengan khusyuk juga nantinya akan dapat memudahkan kita untuk menerima doa. 
  • Memuji Allah SWT hanya melalui sifat-sifatnya. Allah diketahui memiliki 99 asmaul husna. Dengan menyebut nama-nama tersebut pada saat berdoa bisa menjadi salah satu bentuk ketundukan dan ketakwaan kepada Allah.
  • Selain itu, dengan menyebut nama Allah dalam setiap shalat merupakan perbuatan yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.
  • Berdoalah pada waktu yang Mustajab, misalnya saja antara adzan dan iqomah, pada sepertiga malam dan setelah shalat. Berdoa pada waktu-waktu Mustajab, diharapkan doa suami yang bekerja akan lebih mudah terkabul.
  • Berdoalah dengan doa yang baik dan lembut. Hal ini karena semua doa ditujukan kepada yang berdoa, jadi istri sangat dianjurkan untuk berdoa dan memohon kebaikan kepada Allah.
  • Kenakanlah pakaian yang bagus dan sopan. Saat sholat, sangat penting untuk selalu memakai atau mengenakan pakaian yang bagus dan usahakan menutupi aurat. 

Hal ini karena sholat adalah waktu untuk bisa mendekatkan diri kepada Tuhan. Jadi, dengan selalu membaca doa untuk suami yang sedang bekerja, maka nantinya akan membuat istri lebih tenang dan suami lebih giat lagi mencari nafkah.

Share:

Reskia pernah menjabat sebagai Sekretaris Divisi Media Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) Sumbagsel tahun 2020. Ia senang berbagi pengetahuan yang ia peroleh. Because sharing is caring.

Leave a Comment