13 Doa Agar Anak Sholeh dan Sholehah, Ayah Bunda Yuk Amalkan!

Doa agar anak sholeh tentunya bisa membantu si kecil menjadi pribadi yang lebih baik. Mulai dari untuk Allah SWT maupun orang tua dan keluarga.

Setiap orangtua pasti akan melakukan segala hal untuk kebaikan sang anak.

Tidak hanya sekedar usaha, tapi sebagai orang tua juga bisa melakukan ikhtiar dengan membacakan beberapa doa anak sholeh.

Kumpulan Doa agar Anak Sholeh dan Sholeha

Para orang tua bisa memanjatkan doa anak sholeh setiap hari. Agar mempermudah kita untuk mengetahui beberapa doa agar anak sholeh, berikut penjelasan lengkapnya:

1. Doa agar Anak Mendapatkan Perlindungan

Setiap orang tua pasti selalu ingin anaknya terlindungi dari semua hal bahaya dan buruk lainnya. Oleh karena itu, bisa panjatkan doa ini untuk keselamatan sang buah hati.

أُعِيْذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

U’īdzukuma bi kalimātillāhit tāmāti min kulli syaithānin wa hāmmatin wa min kulli ‘aynin lāmmah.

Artinya: “Aku melindungi kalian berdua dengan kalimat Allah SWT. yang sempurna dari segala setan, hewan melata, dan segala penyakit ain yang ditimbulkan mata jahat.” (HR Abu Daud).

2. Doa agar Anak Berbakti kepada Orang Tua

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لِي فِي أَوْلَادِي وَلَا تَضُرَّهُمْ وَوَفِّقْهُمْ لِطَاعَتِكَ وَارْزُقْنِي بِرَّهُمْ

Allahumma barikliy fii awladiy, wa la tadhurruhum, wa waf fiqhum li tho’atik, war zuqniy birrohum.

Artinya: “Ya Allah, berilah berkah untuk hamba pada anak-anak hamba, janganlah Engkau timpakan mara bahaya kepada mereka, berilah mereka taufik untuk taat kepada-Mu dan karuniakanlah hamba rezeki berupa bakti mereka.

Baca juga: 8 Doa Meminta Rezeki yang Berlimpah dan Berkah, Amalkan Yuk!

3. Doa Anak agar Pintar

اَللَّهُمَّ امْلَأْ قُلُوْبَ أَوْلَادِنَا نُوْرًا وَحِكْمَةً وَأَهْلِهِمْ لِقَبُوْلِ نِعْمَةٍ وَاَصْلِحْهُمْ وَاَصْلِحْ بِهِمُ الْأُمَّةَ

Allaahummam-la’ quluuba aulaadinaa nuuron wa hik-matan wa ahlihim liqobuuli ni’matin wa ashlih-hum wa ashlih bihimul ummah.

Artinya: “Ya Allah, penuhilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang pantas menerima nikmat, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka.”

4. Doa Anak Sholeh dan Sholehah

Selain doa-doa yang ada di atas, kita juga bisa melafalkan doa agar anak sholeh seperti berikut ini:

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ أَوْلَادَنَا أَوْلَادًا صَالِحِيْنَ حَافِظِيْنَ لِلْقُرْآنِ وَالسُّنَّةِ فُقَهَاءَ فِى الدِّيْنِ مُبَارَكًا حَيَاتُهُمْ فِى الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ

Allahummaj ‘al awladana awladan sholihiin haafizhiina lil qur’ani wa sunnati fuqoha fid diin mubarokan hayatuhum fid dun-ya wal akhirah.

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah anak-anak kami anak yang sholih sholihah, orang-orang yang hafal Al-Qur’an dan sunnah, orang-orang yang paham dalam agama diberkahi kehidupan mereka di dunia dan di akhirat.”

5. Doa agar Anak Mendapat Keberkahan

Setiap orang tua pasti juga berharap anak-anaknya bisa mendapatkan rezeki yang lancar dan keberkahan selama kehidupannya. Selain bisa memanjatkan doa meminta rezeki, orang tua juga bisa membaca doa anak sholeh di bawah ini.

اللَّهُمَّ أَصْلِحْ لَنَا فِي أَئِمَّتِنَا وَجَمَاعَتِنَا وَأَهْلِنَا وَأَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا وَأَمْوَالِنَا وَفِيمَا رَزَقْتَنَا وَبَارِكْ لَنَا فِيهِمْ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ

Allahumma ashlih lana fi aimmatina wa jamaa’atina wa ahlina wadzurriyyatina wa amwaalina wafiimaa razaqtana wa baariklana fiihim fid dunya wal aakhiroh.

Artinya: “Ya Allah, perbaikilah untuk kami di dalam imam-imam kami, jemaah kami, keluarga kami, istri-istri kami, anak-anak turun kami, harta-harta kami dan di dalam apa-apa (rezeki) yang Engkau berikan kepada kami dan berilah kami keberkahan dalam urusan mereka di dunia dan akhirat.”

6. Doa Nabi Ibrahim Memohon Anak Sholeh

Agar kita mendapatkan anak yang saleh, maka bisa memanjatkan doa Nabi Ibrahim. Berikut ini sudah ada bacaan doa agar anak sholeh tersebut.

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ

Rabbi hab lī minaṣ-ṣāliḥīn.

Artinya: “Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang yang saleh.”

Setelah memanjatkan doa yang ada di atas, maka bisa melafalkan juga bacaan doa Nabi Ibrahim untuk memohon anak sholeh berikut ini.

رَبِّ ٱجۡعَلۡنِي مُقِيمَ ٱلصَّلَوٰةِ وَمِن ذُرِّيَّتِيۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلۡ دُعَآءِ

Robbij’alniy muqimash sholati wa min dzurriyyati robbana wa taqobbal du’a.

Artinya: “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan sholat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.” (QS Ibrahim ayat 40).

Baca juga: 7 Doa untuk Menenangkan Hati dari Sedih dan Gelisah

7. Doa Nabi Zakaria Memohon Anak Sholeh

Tidak hanya doa Nabi Ibrahim, kita juga bisa langsung memanfaatkan doa Nabi Zakaria. Doa ini sebenarnya sudah dipanjatkan pada saat Nabi Zakaria menunggu keturunannya datang. 

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk membaca doa ini setiap mengaji atau setelah shalat lima waktu. Berikut ini sudah ada bacaan doa anak sholeh yang perlu kita ketahui, antara lain:

وَزَكَرِيَّآ اِذْ نَادٰى رَبَّهٗ رَبِّ لَا تَذَرْنِيْ فَرْدًا وَّاَنْتَ خَيْرُ الْوٰرِثِيْنَ ۚ

Wa zakariyyā iż nādā rabbahụ rabbi lā tażarnī fardaw wa anta khairul-wāriṡīn.

Artinya: “(Ingatlah) Zakaria ketika dia berdoa kepada Tuhannya, ‘Ya Tuhanku, janganlah Engkau biarkan aku hidup seorang diri (tanpa keturunan), sedang Engkau adalah sebaik-baik waris.”

8. Doa agar Anak Memiliki Pemahaman Agama yang Benar

Saat ini, dunia memang terlihat sedang tidak baik-baik saja. Ada banyak sekali hal yang bisa membuat anak terbawa oleh pengaruh buruk. Oleh karena itu, kita wajib sekali memanjatkan doa agar anak memiliki pemahaman agama benar di bawah ini.

الّلهُمَّ فَقِّهْهُ فِى الدِّيْنِ وَعَلِّمْهُ التَّأْوِيْلَ

Allahumma faqqih hu fid diini wa ‘allimhut ta’wiila.

Artinya: “Ya Allah, berikanlah kepahaman baginya dalam urusan agama, dan ajarkanlah dia ta’wil (tafsir ayat-ayat Al-Qur’an).” (HR Bukhari).

9. Doa untuk Anak agar Sehat, dan Bermanfaat Ilmunya

Saat kita ingin menyekolahkan anak, sebagai orang tentunya ingin buah hati menjadi cerdas dan bermanfaat ilmu yang ia pelajari. Berikut doa agar anak sholeh menjadi sehat dan cerdas, antara lain:

اَللَّهُمَّ اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلاً وَعَاقِلًا حَاذِقًا وَعَالِمًا عَامِلًا

Allahummaj’alhu shohiihan kaamilan, wa ‘aqilan haadziqon, wa ‘aaliman ‘amilan.

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah ia anak yang sehat sempurna, berakal cerdas, dan berilmu lagi beramal.”

10. Doa agar Anak Menuruti Perkataan Ibunya

Bagi orang tua yang ingin punya anak penurut, bisa melafalkan doa supaya anak sholeh. Berikut ini sudah ada doa agar anak menjadi sholeh yang perlu diketahui:

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَٰجِنَا وَذُرِّيَّٰتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَٱجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Rabbana hab lana min azwajina wa dzurriyatina qurrata a’yunin waj’alna lil muttaqina imama.

Artinya: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami, istri-istri kami, dan keturunan-keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.”

11. Doa untuk Melembutkan Hati Anak

Pada umumnya, sudah menjadi tugas orang tua untuk bisa membuat hati anak menjadi luluh. Apabila kebetulan sang buah hati sulit diatur, maka kita bisa membacakan doa agar anak menjadi sholeh seperti di bawah ini.

اَللّٰهُ لَطِيْفٌۢ بِعِبَادِهٖ يَرْزُقُ مَنْ يَّشَاۤءُ ۚوَهُوَ الْقَوِيُّ الْعَزِيْزُࣖ

Allaahu laṭiifum bi’ibaadihi yarzuqu may yasyaa’, wa huwal-qawiyyul-‘aziiz.

Artinya: “Allah Maha Lembut takdir-Nya (serta melimpah-limpah kebaikan dan belas kasihan-Nya) terhadap hamba-hamba-Nya; Ia memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya (menurut peraturan yang sudah ditetapkan) dan Dialah Yang Maha Kuat lagi Maha Kuasa.” (QS Asy-Syura ayat 19).

12. Doa untuk Anak yang Keras Kepala agar Nurut

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِى عَلَى دِينِكَ

Ya muqollibal quluub tsabbit qolbi ‘alaa diini.

Artinya: “Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu dan ketaatan kepada-Mu.”

13. Doa Untuk Anak agar Menjadi Orang yang Baik

Doa berikut ini merupakan salah satu doa yang biasanya dipanjatkan oleh Nabi Zakaria AS. Hal ini agar beliau dikaruniai seorang anak yang baik sifatnya.

رَبِّ هَبْ لِى مِن لَّدُنكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۖ إِنَّكَ سَمِيعُ ٱلدُّعَآءِ

“Robbìy hablìy mìl ladunka dzurrìyyatan thoyyìbatan ìnnaka samì’ud du’a.”

Artinya: “Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku dari sisi-Mu seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa.” (Al-Qur’an Surat Ali Imran ayat 38).

Cara Mudah Mendidik Anak Berdasarkan Islam

Pada dasarnya, ada beberapa cara yang perlu kita ketahui untuk mendidik anak menurut islam. Berikut ini sudah ada cara mendidik yang perlu orang tua lakukan kepada anak, antara lain:

1. Mengajarkan Tauhid

Tauhid menjadi salah satu landasan Islam yang paling penting. Oleh karena itu, mengajarkan pendidikan tauhid pada anak menjadi kewajiban mutlak bagi semua orang tua di dunia ini.

2. Mengajarkan Adab dan Akhlak

Keluarga merupakan tempat pertama bagi anak dalam memperoleh sesuatu, hal ini termasuk adab serta akhlak. Keduanya wajib sekali diajarkan kepada anak sebagai bekal untuk bisa berinteraksi dengan lingkungan yang akan dijalani nantinya.

Ada banyak sekali berbagai macam etika, adab, serta akhlak yang bisa diajarkan pada anak. Contohnya saja, adab dan akhlak kepada Allah SWT, rasul, serta adab dan akhlak kepada sesama manusia yang ada di dunia.

3. Mengajarkan Anak Ibadah

Memperkenalkan agama pada anak sedini mungkin menjadi salah satu hal yang penting dilakukan orang tua. Caranya cukup dengan menyertakan anak dalam kegiatan ibadah, misalnya saja seperti shalat, puasa, dan zakat.

4. Membacakan Kisah Nabi dan Suri Teladan

Cara untuk bisa mendidik anak lainnya yaitu harus sempatkan waktu untuk bisa membacakan kisah suri teladan seperti sahabat nabi, para nabi, ashabul kahfi, dan masih banyak lainnya. 

Hal ini dilakukan agar anak bisa langsung belajar menjadi pribadi yang baik. Selain itu, juga mampu menerapkan ajaran Islam sesuai dengan syariat.

Jadi beberapa doa untuk anak yang ada di atas dapat dipanjatkan orang tua agar Si Kecil bisa tumbuh dengan baik. Dengan memanjatkan doa agar anak sholeh setiap hari, maka diharapkan anak bisa menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

Share:

Reskia pernah menjabat sebagai Sekretaris Divisi Media Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) Sumbagsel tahun 2020. Ia senang berbagi pengetahuan yang ia peroleh. Because sharing is caring.

Leave a Comment