Membaca Surat Yusuf untuk Ibu Hamil, Bikin Bayi Tampan?

Membaca Al-Quran ibarat doa yang harus kita panjatkan secara rutin kepada Allah SWT, termasuk  ibu hamil. Ada banyak anjuran yang menjelaskan bahwa surat Yusuf untuk ibu hamil sangatlah bermanfaat.

Salah satu manfaat yang banyak dipercaya oleh orang yaitu membuat si kecil terlahir tampan dan cerdas.

Walaupun tidak ada dalil khusus yang menjelaskan hal tersebut, akan tetapi membaca surat Yusuf untuk ibu hamil tidak ada salahnya.

Mengenal Surat Yusuf

Bagi seorang muslim, pastinya sudah mengetahui bahwa surat Yusuf merupakan surat ke-12 dalam Al-Quran. Surat Yusuf  termasuk golongan surat Makkiyah yang terdiri dari 111 ayat.

Maksud dari surat Makkiyah yaitu surat-surat yang penurunnya berada di Mekkah sebelum Nabi Muhammad SAW hijrah. Namanya surat Yusuf yang isinya menggambarkan riwayat Nabi Yusuf.

Ada banyak riwayat, salah satunya cerita-cerita gaib yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai mukjizat. Hal lainnya ada riwayat yang menjelaskan ada segolongan orang Yahudi masuk agama Islam setelah mendengar cerita Nabi Yusuf.

Oleh karena itu, dari cerita-cerita itulah Nabi Muhammad SAW mengambil dan mempelajari hal-hal berharga. Kini kita juga bisa membacanya untuk mendapatkan pembelajaran yang luar biasa.

Surat Yusuf untuk Ibu Hamil, Apakah Bikin Bayi Tampan?

Kepercayaan orang akan manfaat surat Yusuf untuk ibu hamil tersebut, tentunya tidak luput dari peristiwa terdahulu. Peristiwa Nabi Yusuf AS yang lahir dengan sosok tampan nan gagah.

Oleh sebab itu, dengan membaca Al-Quran tepatnya surat Yusuf untuk ibu hamil diharapkan akan membantu si kecil yang berjenis kelamin laki-laki lahir dalam keadaan tampan dan gagah.

Walaupun sebenarnya hal ter tersebut tidak ada syariatnya, tapi Al-Quran secara keseluruhan membawa hal baik, berpahala, dan keberkahan. Sehingga, tidak jadi masalah jika kita membaca surat Yusuf untuk ibu hamil saat mengandung.

Hal itu bukan berarti kita bisa menyandarkan perkara kepada Allah atas kehendak yang kita inginkan, termasuk lahirnya anak yang tampan tersebut. Sebagaimana Allah SWT berfirman pada surat Ali Imran ayat 6.

هُوَ الَّذِيْ يُصَوِّرُكُمْ فِى الْاَرْحَامِ كَيْفَ يَشَاۤءُ ۗ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ

 Huwal lazi yusawwirukum fil-arhami kaifa yasya, la ilaha illa huwal azizul hakim.

Artinya:

“Dialah yang membentuk kamu dalam rahim sebagaimana dikehendaki-Nya. Tak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.”

Dari situ dapat kita ketahui bahwa semua ketetapan, termasuk lahirnya anak dengan kondisi tampan merupakan sepenuhnya kehendak Allah SWT. Walaupun kita dianjurkan untuk selalu meminta kepada Allah SWT.

Baca juga: 8 Cara Bersyukur Kepada Allah SWT, Muslim Wajib Tau!

Tetap saja hasil akhirnya di tangan Allah SWT, sebab hanya Allah SWT lah yang mengetahui hal baik di masa depan untuk umat-Nya.

Seperti yang disampaikan oleh Imam Al-Qurthubi Ra mengatakan, “Maksudnya Allah yang menciptakan, jelek atau tampan, hitam atau putih, tinggi atau pendek, sempurna atau cacat, dan lain sebagainya.” (Al Jami’li Ahkamil Quran, 1: 927).

Pernyataan Imam Al-Qurthubi Ra menjelaskan maksud dari surat Ali Imran ayat 6 tersebut. Bahwa segala sesuatu hanya Allah SWT lah yang menciptakan, sehingga kita sebagai manusia ciptaan-Nya hanya harus bersyukur dan menerima.

Karena Allah SWT sudah merencanakan skenario terbaik untuk setiap manusia yang lahir di dunia, bahkan hewan dan tumbuhan sekalipun. Oleh sebab itu, jangan ragukan Keagungan Allah SWT.

Melanjutkan pembahasan surat Yusuf untuk ibu hamil bikin bayi tampan, tentunya menjadi hal baik jika seorang wanita yang hamil menyibukkan diri untuk membaca Al-Quran dan mendengarkannya.

Ada penelitian dari bidang kedokteran yang menyatakan bahwa suara-suara dari luar rahim bisa mempengaruhi janin. Apalagi jika kita membaca dan mendengar Al-Quran, harapannya membawa keberkahan dan kebaikan.

Dengan kebaikan dan keberkahan tersebutlah membuat janin yang sedang ibu kandung mendapatkan keberkahan pula. Akan tetapi, jangan sampai kita membatasi jenis keberkahan dan kebaikan tersebut.

Manfaat Membaca dan Mendengarkan Surat Yusuf untuk Ibu Hamil

Manfaat Membaca dan Mendengarkan Surat Yusuf untuk Ibu Hamil

Alih-alih berharap agar anak lahir tampan, kita bisa membaca surat Yusuf untuk ibu hamil agar mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Dengan begitu, kita dan si kecil selalu dalam lindungan-Nya.

Sebab, Nabi Yusuf tidak hanya tampan secara fisik saja. Ada banyak hal yang bisa kita kagumi dari belia yaitu sikap dan tindakannya. Salah satunya, Nabi Yusuf AS merupakan nabi yang patuh terhadap orang tua.

Selain patuh, sikapnya yang sabar, istiqomah, jujur, dan seorang raja yang sangat mementingkan urusan rakyatnya itulah yang patut untuk kita pelajari. Sifat terpuji itulah juga yang membuat Allah SWT mengabadikan kisahnya dalam Al-Quran.

Dan jelasnya jika kita membaca Al-Quran dalam keadaan ikhlas dan baik akan memberikan pengaruh hati yang tenang. Hati yang tenang itu akan berpengaruh baik pada janin.

Adapun manfaat membaca surat Yusuf untuk hamil yaitu:

1. Memuliakan Ibu Hamil

Bagi ibu hamil ataupun siapa saja orang yang membaca surat Yusuf setiap paginya. Allah SWT telah menjanjikan kemulian dan kelapangan rezeki. Dengan begitu, ibu hamil akan senantiasa dalam keadaan tenang dan dimuliakan oleh Allah SWT.

Baca juga: Cara Mendidik Anak dalam Islam Sesuai Syariat

2. Membuat Wajah Berseri

Terlepas dari surat Yusuf untuk ibu hamil yang bikin tampan, lebih tepatnya membuat wajah anak yang lahir menjadi berseri. Hendaknya kita membaca surat Yusuf selepas shalat, maka wajah ibu hamil dan anaknya akan menjadi berseri.

3. Dipermudah dalam Persalinan

Sebagaimana yang telah dijelaskan pada surat Yusuf ayat 64 intinya akan membantu terhindar dari kesedihan dan kesulitan hidup. Salah satunya pada waktu proses persalinan yang akan dipermudah oleh Allah SWT.

قَالَ هَلْ اٰمَنُكُمْ عَلَيْهِ اِلَّا كَمَآ اَمِنْتُكُمْ عَلٰٓى اَخِيْهِ مِنْ قَبْلُۗ فَاللّٰهُ خَيْرٌ حٰفِظًا وَّهُوَ اَرْحَمُ الرّٰحِمِيْنَ

Qala hal amanukum alaihi illa kama amintukum ‘ala min qablu, fallahu kairun hafizaw wa huwa arhamur rahim.

Artinya:

“Dia (Ya’qub) berkata,” Bagaimana aku akan mempercayakannya (Bunyamin) kepadamu, seperti halnya dahulu aku telah mempercayakan suaranya (Yusuf) kepada kamu? Allah adalah penjaga yang terbaik dan Dia maha Penyayang diantara para penyayang.

4. Menjadikan Si Kecil Anak yang Sholeh

Seperti yang sudah diketahui banyak orang bahwa sifat terpujinya Nabi Yusuf lah yang membuat cerita hidup beliau diabadikan Allah SWT dalam Al-Quran. Tentunya hal itu juga menjadikan kita menginginkan anak yang sholeh.

Tafsir Ats-Tsaqalayn, Imam Ja’far Ash-Shadiq menjelaskan barang siapa yang membaca surat Yusuf setiap hari pada malam hari, maka terhitung hamba-hamba pilihan Allah SWT yang sholeh.

Oleh sebab itu, harapannya ibu hamil yang membaca surat Yusuf anaknya lahir menjadi pribadi yang sholeh dan taat pada perintah larangan-Nya Allah SWT.

5. Membantu Menenangkan Janin

Seorang ibu hamil akan cenderung lebih sensitif daripada biasanya, sehingga tidak heran lagi jika ibu hamil mudah menangis dan marah-marah. Guna mengendalikan hal tersebut, membaca Al-Quran menjadi solusi terbaik.

Dengan membaca Al-Quran, tentunya akan berdampak langsung pada janin yang ibu hamil kandung. Ketenangan hati dan pikiran itulah yang menjadi kunci peningkatan hormone serotonin.

Hormon serotonin ini akan selalu berperan dengan baik untuk membantu tingkat kebahagiaan dalam diri ibu hamil selalu mengalir. Dengan begitu, juga turut berpengaruh pada janin dalam kandungan.

6. Membantu Meningkatkan Kecerdasan Emosional Bayi

Membaca Al-Quran termasuk surat Yusuf untuk ibu hamil dapat merangsang kecerdasan emosional bayi lebih baik daripada sebelumnya. Sehingga, tidak ada salahnya jika ibu hamil meningkatkan membaca Al-Quran.

Tujuannya agar perkembangan janin lebih optimal dan baik. Selain membaca, mendengarkan Al-Quran juga membantu meningkatkan kecerdasan sosial si kecil. Dimana nantinya anak akan tumbuh dengan kepedulian yang tinggi.

7. Meningkatkan Tingkat  Kreativitas

Ibu hamil yang sering membaca dan mendengarkan Al-Quran akan mempunyai daya ingat yang tinggi. Memori anak akan menjadi tajam, sehingga mudah untuk menghafal terutama menghafal Al-Quran nantinya saat sudah lahir.

Selain itu, tingkat kreativitas yang dimiliki si kecil akan meningkat lebih cepat sepanjang tumbuh kembangnya.

Pembelajaran dari Surat Yusuf untuk Ibu Hamil

Selain memberikan manfaat atau keutamaannya saat membaca dan mendengarnya. Kita sebagai ibu hamil juga dapat mengambil setiap makna atau pelajaran moral yang berharga.

Inilah beberapa pembelajaran moral dari surat Yusuf yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Akhlak yang Baik

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Nabi Yusuf mempunyai akhlak yang baik, cerdas, sholeh, bijaksana, pemaaf, dan sopan. Bagi ibu hamil sangatlah penting untuk mengajarkan dan menerapkannya pada anak dalam kehidupan sehari-hari.

2. Menguatkan Taqwa dan Iman

Tanpa kita sadari, dengan membaca Al-Quran termasuk surat Yusuf untuk ibu hamil ini yaitu menguatkan taqwa dan iman kepada allah SWT. 

Selain itu, juga menginspirasi diri kita dan anaknya kelak untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT.

3. Pentingnya Memanfaatkan

Dari kisah Nabi Yusuf AS mengajarkan banyak hal, salah satunya pentingnya memanfaat alias tidak menyimpan dendam kepada orang lain. Dengan hal itu, ibu hamil bisa mengajarkan nilai-nilai tersebut untuk diterapkan pada kehidupannya.

4. Ketawakalan dan Kesabaran

Kisah Nabi Yusuf dalam surat Yusuf untuk ibu hamil juga memberikan pelajaran mengenai kesabaran dan ketawakalan. Dimana kedua hal itu merupakan kunci saat kita menghadapi semua cobaan dan ujian dalam hidup.

Untuk ibu hamil tentu dapat memberikan inspirasi untuk tetap bertawakal dan bersabar kepada Allah SWT atas semua cobaan selama masa kehamilan dan persalinannya nanti.

5. Keberkahan dan Perlindungan Allah SWT

Membaca surat Yusuf untuk ibu hamil juga diharapkan dapat memberikan perlindungan dan keberkahan untuk diri dan calon bayinya. Apalagi membaca Al-Quran membantu menghindari gangguan makhluk halus.

Makhluk halus atau setan yang mengganggu masa kehamilan, persalinan, dan perkembangannya. Sebab Allah SWT telah memberikan rahmat dan berkah-Nya kepadanya.

6. Percaya pada Allah SWT

Sebagai manusia biasa sepatutnya untuk kita selalu percaya atas takdir dari Allah SWT. Surat Yusuf untuk ibu hamil secara tegas mengajarkan kita untuk percaya dan optimis atas semua rencana Allah SWT.

Sebab Allah SWT Maha Bijaksana dan Pemurah, Dia tahu apa yang terbaik untuk kita. Dengan keyakinan dan kepercayaan tersebut, kita bisa menghadapi segala situasi dengan hati yang penuh harapan kepada rahmat Allah SWT.

Itulah informasi lengkapnya mengenai surat Yusuf untuk ibu hamil. Selain membuat bayi lahir tampan, membaca dan mendengarkan Al-Quran termasuk surat Yusuf akan menenangkan hati dan pikiran.

Share:

Reskia pernah menjabat sebagai Sekretaris Divisi Media Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) Sumbagsel tahun 2020. Ia senang berbagi pengetahuan yang ia peroleh. Because sharing is caring.

Leave a Comment