Arti Nama Azka dalam Islam dan Ide Rangkaian Namanya

Sebagai muslim, apa yang menjadi pedoman kita saat menamai anak laki-laki? Tiap orang tua bisa jadi memiliki jawaban yang berbeda. Contohnya adalah nama Azka. Sebelum menggunakannya, kita tentu mencari tahu arti nama Azka dalam Islam.

Apakah nama Azka mempunyai makna yang cukup baik?

Jika jawabannya adalah iya, maka bagaimana rangkaian nama yang cocok dengan nama utama tersebut?

Arti Nama Azka dalam Islam dan Ide Rangkaian Nama yang Indah

Anak adalah anugerah yang Allah berikan pada kita. Memberikan hal terbaik untuk anak menjadi kebahagiaan tersendiri bagi orang tua termasuk nama yang baik. Berikut ini makna nama Azka dalam Islam dan contoh rangkaiannya yang indah:

1. Arti Nama Azka dalam Islam

Di dunia ini, ada banyak sekali referensi nama Islam yang baik dan positif. Sebagai orang tua baru, kita mungkin mengalami kesulitan untuk memilih nama terbaik. Apakah nama anak harus berawal dari huruf “A” atau “B” dan “C”?

Para muslim yang menyukai huruf “A” sebagai awalan nama utama anak laki-laki bisa menggunakan nama Azka sebagai referensi yang bagus.

Arti nama Azka adalah orang yang suci, berbudi, saleh, taat agama serta penuh kebijaksanaan. Nama ini mungkin identik sebagai nama anak laki-laki, akan tetapi tetap bisa dipakai untuk anak perempuan.

Jika tertarik menggunakannya untuk anak perempuan, kita bisa menambahkan Azka di bagian tengah. Sementara itu, untuk nama belakangnya bisa diambil dari nama belakang ayahnya atau nama leluhurnya.

Baca juga: Sholat Tahiyatul Masjid: Niat, Tata Cara dan Waktu Pelaksanaanya

2. Ide Rangkaian Nama Azka untuk Bayi Laki-Laki

Setelah mengetahui makna dari nama Azka, tidak ada alasan mengapa kita harus menghindari nama tersebut. Nama Azka untuk bayi laki-laki merupakan nama yang sempurna.

Kita bisa menggunakan nama ini sebagai nama depan, nama tengah bahkan nama belakang. Hanya perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan saja:

  1. Azka Gemilang Putra yang memiliki makna putra yang gemilang, saleh, bijaksana, dan berbudi luhur.
  2. Azka Hakim Ramadhan. Nama ini bisa kita berikan jika sang bayi lahir di bulan suci Ramadhan. Rangkaian nama tersebut memiliki makna orang yang taat dan bijaksana lahir di bulan Ramadhan.
  3. Azka Fairuza. Nama yang cukup singkat tapi memiliki makna yang bagus. Nama ini artinya orang yang sholeh dan berharga. Fairuza diartikan sebagai batu berharga.
  4. Abian Azka Zayed. Nama yang sangat indah untuk bayi laki-laki. Nama ini bermakna anak laki-laki yang sholeh dan membawa kebahagiaan serta memiliki masa depan yang cerah dan makmur.
  5. Dihyan Azka Sakya. Nama ini bermakna anak yang kuat selayaknya matahari, berbudi luhur, sholeh, dan penuh kebahagiaan.
  6. Abbiya Azka Isander. Rangkaian nama ini juga memiliki makna yang bagus. Nama ini bermakna anak laki-laki yang sholeh, pemberani, cerdas, dan ceria.
  7. Ruri Theo Azka. Nama Azka juga cocok disematkan sebagai nama belakang. Contohnya nama ini yang bermakna anugerah dari Allah di tengah kesepian, anak yang berbudi luhur, sholeh, dan ceria.
  8. Tristan Vamana Azka. Nama ini bermakna gagah berani yang taat agama, ceria dan di masa depan akan dipuji banyak orang.
  9. Mada Jauzan Azka. Nama yang tidak kalah baiknya karena bermakna anak tengah yang sholeh, memberikan kebahagiaan, ceria, juga cerdas.

Siapa pun akan sepakat jika rangkaian nama Azka di atas sangatlah indah dan cocok untuk nama bayi laki-laki. Rangkaian nama yang memiliki doa baik untuk bayi baru lahir.

3. Ide Rangkaian Nama Azka untuk Bayi Perempuan

Nama Azka tidak hanya bagus diberikan untuk bayi laki-laki tapi juga perempuan. Sudah jatuh cinta dengan nama ini? Maka simak contoh rangkaian nama Azka berikut ini:

  1. Azka Zaina Ardiningrum. Nama Azka untuk bayi perempuan yang bermakna anak yang suci, harum, cantik dan berbudi luhur. Anak yang kelak akan berhati suci dan sukses.
  2. Azka Shadan Malayeka. Nama ini bermakna bidadari yang lahir dengan suci membawa kegembiraan.
  3. Azka Syafaah. Nama ini memiliki arti bayi perempuan yang suci, bersih, dan suka memberikan pertolongan.
  4. Azka Rasanah Jadwa. Nama ini cocok diberikan bagi orang tua yang ingin menamai anaknya dengan makna bayi perempuan suci yang dikaruniakan oleh Allah.
  5. Zayyana Azka Nusaibah. Referensi nama Azka di bagian tengah untuk bayi perempuan ini memiliki makna bayi perempuan yang cantik parasnya, suci, serta penyembuh lara orang tuanya.
  6. Mushirah Azka Iffat. Nama ini memiliki makna bayi perempuan yang lahir dengan suci, bijaksana, dan mampu menjaga dirinya sendiri.
  7. Shaqia Ismail Azka. Nama yang cantik ini bermakna anak perempuan suci yang akan membawa kesejukan.
  8. Gashanni Husnul Azka. Nama ini bisa kita berikan untuk anak perempuan yang baru lahir. Makna namanya adalah anak perempuan yang suci, baik, serta cantik.

Demikianlah beberapa rekomendasi rangkaian nama Azka untuk bayi laki-laki maupun bayi perempuan. Kita bisa mempertimbangkan untuk menggunakan nama ini setelah mengetahui arti nama Azka dalam Islam.

Share:

Reskia pernah menjabat sebagai Sekretaris Divisi Media Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) Sumbagsel tahun 2020. Ia senang berbagi pengetahuan yang ia peroleh. Because sharing is caring.

Leave a Comment