Arti Nama Daffa dalam Islam dan 10 Ide Rangkaian Namanya 

Daffa merupakan nama populer untuk disematkan pada anak laki-laki. Tapi, tahukah kita apa arti nama Daffa dalam Islam? Benar, saking populernya, ternyata Daffa memiliki makna yang sangat kuat, lho.

Jika dilihat lebih dalam, Daffa bisa dibilang sebagai nama bernuansa Arab dan Islami. Nama bernuansa Arab dan Islami ini memang sedang tren. Masing-masing orangtua tentu memiliki harapan agar anak bisa menjadi sosok muslim yang sangat baik.

Berdasarkan hal itu, memberi nama pada anak yang masih menjadi bayi baru lahir menjadi momen penting. Tidak sekadar hanya cocok, tetapi setiap nama yang diberikan mengandung doa yang akan orangtua panjatkan.

Salah satu nama yang sangat populer dan memiliki makna positif di kalangan muslim adalah Daffa. Jadi, apa artinya dalam Islam? Mari kita cari tahu sekaligus mengetahui gagasan rangkaian nama agar maknanya semakin kuat.

Arti Nama Daffa dalam Islam

Daffa rupanya tidak hanya menjadi salah satu nama populer di Indonesia. Ternyata nama ini juga sering digunakan di negara lain, terutama negara-negara Islam seperti Malaysia, Irak, Arab Saudi, Mesir, Bahrain, dan Bangladesh.

Dalam penggunaannya, nama Daffa sendiri sebagai nama anak laki-laki sudah sangat populer, terutama pada era 1990-an. Tidak hanya bagi umat Muslim, tetapi juga bagi kaum non-Muslim.

Di dunia kepenulisan fiksi seperti novel, film, dan sinetron, nama Daffa juga menjadi nama yang populer.

Nama Daffa ini sebenarnya memiliki begitu banyak makna, lho. Pasalnya, kata Daffa lazim ditemukan dalam berbagai bahasa. Apa saja artinya?

Dalam bahasa Arab, Daffa memiliki makna hangat atau kehangatan. Berdasarkan arti ini, kita bisa menggunakan nama ini dengan harapan anak laki-laki menjadi sosok penuh kehangatan.

Sementara dalam bahasa Urdu, Daffa memiliki arti pembelaan, bertahan, mendukung, dan membesarkan hati. Dari arti bahasa Urdu, terdapat harapan bahwa anak laki-laki tersebut bisa menjadi sosok pembela penuh keberanian.

Baca juga: 4 Doa Susah Tidur, Agar Dimudahkan Terlelap dan Memperoleh Perlindungan Allah SWT

Tidak jauh berbeda dari bahasa Urdu, Daffa dalam bahasa Persia memiliki makna bergerak bersama-sama secara perlahan dalam barisan atau menyebar. Bisa dibilang arti itu dapat diibaratkan sebagai sosok prajurit pemberani.

Dari ketiga makna itu, terdapat sebuah kesimpulan yang bisa kita ambil. Daffa memiliki makna pembela penuh keberanian dan kehangatan. 

Hal ini bisa berarti anak laki-laki bernama Daffa memiliki harapan agar bisa menjadi pribadi yang gagah dan penuh kasih.

Umumnya, nama adalah sebuah doa dari orangtuanya. Berdasarkan hal itu, arti nama Daffa dalam Islam mengandung potensi sifat baik yang akan tertanam pada dirinya.

Dari arti kehangatan dan penuh kasih, anak laki-laki bernama Daffa memiliki potensi untuk mendapatkan sikap dermawan dan tidak egois. Alhasil, ia sering menolong sesamanya yang sangat membutuhkan pertolongan.

Sementara dari makna prajurit gagah memiliki pertanda bahwa terdapat potensi sifat pemimpin yang cermat dan dapat terpercaya. Ia juga bisa menjadi sangat cerdas dan pandai.

Pada akhirnya, potensi tersebut bergantung dari berbagai faktor untuk membentuk kepribadian anak kelak. Di antaranya pola asuh keluarga, lingkungan, dan lingkaran pertemanan.

Alasan Wajib Memberi Nama dengan Makna Positif

Meski potensi sifat dari nama bergantung dari berbagai faktor, Arti nama Daffa dalam Islam memiliki berbagai makna positif yang sangat kuat. Boleh jadi, itu sebagai nama depan yang lazim menjadi panggilan, nama tengah, atau nama belakang.

Saat sudah menentukan satu nama, kini saatnya untuk memberi nama lengkap. Kita memerlukan rangkaian nama untuk sang buah hati. Tentu saja, rangkaian nama tersebut harus juga bermakna positif.

Memang, pemberian nama bisa dibilang terdengar sepele. Tetapi hal ini justru menjadi momen penting bagi buah hati. Dalam Islam, nama mengandung doa dan harapan dari orangtua untuk membentuk kepribadian anak.

يَا زَكَرِيَّا إِنَّا نُبَشِّرُكَ بِغُلامٍ اسْمُهُ يَحْيَى لَمْ نَجْعَلْ لَهُ مِنْ قَبْلُ سَمِيًّا

Artinya:

“Hai Zakariyya, sesungguhnya Kami memberi kabar gembira kepadamu akan (beroleh) seorang anak yang namanya Yahya, yang sebelumnya Kami belum pernah menciptakan orang serupa dengannya.” (Q.S. Maryam: 7)

إنكم تُدعون يوم القيامة بأسمائكم وأسماء آبائكم فأحسنوا أسماءكم

“Sesungguhnya kamu sekalian akan diseru/dipanggil pada hari Kiamat dengan nama-nama kamu dan nama-nama bapa kamu. Oleh demikian, elokkanlah nama-nama kamu.” (HR. Imam Abu Daud dari Abu Darda ra.)

Berdasarkan kedua dalil ini, sudah sepatutnya bagi kita, sebagai orangtua, memilih nama yang baik bagi akan. Nama tersebut menjadi identitas anak dari lahir hingga akhir hayatnya.

10 Rangkaian Nama Daffa

Terdapat banyak rangkaian nama Daffa yang bisa menjadi nama lengkap dengan makna positif. Berikut adalah 10 rangkaian nama Daffa yang bisa melengkapi arti gagah dan penuh kasih:

1. Daffa Adzriel

Adriel memiliki makna baik dan pemberi ampun. Jika digabungkan, Daffa Adzriel memiliki arti sosok laki-laki yang menjadi pemimpin penuh kebaikan.

2. Daffa Alfarezel Zaidan

Secara Islami, Alfarezel memiliki makna kebaikan yang sempurna. Sedangkan Zaidan memiliki makna kelebihan dan tambahan. Kelebihan di sini maksudnya adalah keunggulan.

Apabila digabungkan sebagai Daffa Alfarezel Zaidan, nama ini memiliki makna sosok pemimpin penuh kebaikan yang melindungi pihak lemah.

3. Daffa Daniyal Arwan

Daniyal memiliki arti cerdas. Sementara Arwan, diambil dari kata Persia, berarti pemberani. Dengan kata lain, Daffa Daniyal Arwan memiliki makna sosok pemimpin cerdas dan pemberani.

4. Daffa Dzaky Alfarizi

Dzaky diambil dari kata Arab yang berarti cerdas. Sementara Alfarizi memiliki makna bersemangat dalam berusaha. Secara keseluruhan, Daffa Dzaky Alfarizi berarti sosok yang cerdas dalam memimpin keluarga sekaligus selalu gigih dalam bekerja.

5. Daffa Hilal Rafay

Umumnya, kita sudah tahu hilal dalam bahasa Arab memiliki arti bulan sabit atau cahaya bulan. Sementara Rafay bermakan tertinggi. Apabila digabungkan, Daffa Hilal Rafay berarti sosok pembela umat muslim di muka bumi.

6. Daffa Khairan Maldini

Maldini mungkin tidak asing bagi beberapa dari kita. Tapi, ternyata nama itu memiliki makna yang sangat positif dalam bahasa Italia. Maldini, sebagai bentuk lain dari Maldwyn, memiliki makna tegas dan berani.

Nama Daffa dan Maldini bisa digabungkan dengan Khairan yang berarti kebaikan. Alhasil, nama lengkap tersebut secara keseluruhan memiliki pesan agar anak menjadi sosok pemberani dalam membela kebaikan.

7. Daffa Radeya Kassandra

Nama Daffa Radeya Kassandra memiliki arti keseluruhan sosok pembela kebenaran yang menyenangkan. Radeya artinya orang yang menyenangkan. Sedangkan Kassandra (Afrika-Amerika) memiliki makna penolong atau penyelamat.

8. Daffa Rafisqy Hendy

Daffa Rafisqy Hendy bisa berarti sosok pembela kebenaran yang hidupnya akan tentram dan bahagia. Hendy, dalam bahasa Indonesia, memiliki arti jalan yang tentram dan bahagia. Sedangkan Rafisqy artinya kebaikan penuh kesempurnaan.

9. Daffa Sachio Dzuhairi

Bagi yang menginginkan nama dengan elemen Jepang, Daffa Sachio Dzuhairi bisa menjadi pilihan tepat. Elemen Jepang berupa nama Sachio yang berarti keberuntungan.

Dzuhairi sendiri merupakan kata Islami bermakna keberhasilan berkat kecerdasan. Dengan demikian, Daffa Sachio Dzuhairi mewakili sosok pemimpin cerdas penuh keberuntungan.

10. Daffa Sunni Kafeel

Terakhir, Daffa Sunni Kafeel terdengar terinspirasi dari ajaran Rasulullah SAW. Pasalnya, Sunni adalah penganut ajaran sunnah rasul. Kafeel pun memiliki makna bertanggung jawab.

Jika digabungkan, terdapat makna sosok penganut ajaran Rasulullah SAW dan selalu bertanggung jawab sebagai pemimpin.

Demikianlah pembahasan arti nama Daffa dalam Islam dan 10 contoh rangkaian namanya.

Share:

Reskia pernah menjabat sebagai Sekretaris Divisi Media Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) Sumbagsel tahun 2020. Ia senang berbagi pengetahuan yang ia peroleh. Because sharing is caring.

Leave a Comment