Arti Nama Nafisah dalam Islam dan Ide Rangkaian Namanya

Ketika mencari nama untuk buah hati, kita sering menginginkan nama yang terdapat unsur Islami. Misalnya seperti nama Nafisah. Arti nama Nafisah dalam Islam yaitu berharga, permata yang sangat berharga, dan berkedudukan tinggi.

Menentukan nama untuk buah hati bisa menjadi tugas menantang karena berdampak jangka panjang sebagai identitas sepanjang hidup anak.

Jika sudah memiliki pilihan nama, sebaiknya melakukan pengecekan lebih lanjut terkait arti nama tersebut. 

Pentingnya Memberikan Nama Terbaik untuk Anak

Menentukan nama untuk bayi perempuan yang akan lahir perlu teliti. Tujuannya untuk memastikan kesesuaian arti nama agar memiliki makna yang indah dan istimewa. 

Dalam Islam, terdapat ayat dan hadits yang menyatakan untuk memberi nama yang baik bagi anak. Sebagaimana tertulis dalam Surah Maryam yaitu:

يَا زَكَرِيَّا إِنَّا نُبَشِّرُكَ بِغُلامٍ اسْمُهُ يَحْيَى لَمْ نَجْعَلْ لَهُ مِنْ قَبْلُ سَمِيًّا

Artinya:

“Hai Zakariyya, sesungguhnya Kami memberi kabar gembira kepadamu akan (beroleh) seorang anak yang namanya Yahya, yang sebelumnya Kami belum pernah menciptakan orang serupa dengannya.” (Q.S. Maryam: 7).

Selain itu, penafsiran yang sama tercantum dalam hadits Imam Abu Daud dari Abu Darda r.a.

إنكم تُدعون يوم القيامة بأسمائكم وأسماء آبائكم فأحسنوا أسماءكم

Artinya:

“Sesungguhnya kamu sekalian akan diseru/dipanggil pada hari Kiamat dengan nama-nama kamu dan nama-nama bapa kamu.Oleh demikian, elokkanlah nama-nama kamu.” (H.R. Imam Abu Daud dari Abu Darda r.a.).

Pastinya, kita berharap agar makna dari nama anak sesuai dengan ajaran Islam. Jika teman dan sahabat menyebutkan nama tersebut dengan arti yang baik, hal ini dapat diibaratkan sebagai doa yang baik untuk anak tersebut. 

Oleh karena itu, sebagai orang tua, sangat dianjurkan untuk memberi nama anak bayi sesuai dengan pedoman dalam Al-Quran dan hadits.

Baca juga: Biografi Sunan Muria: dari Silsilah Hingga Metode Dakwahnya

Arti Nama Nafisah dalam Islam

Nafisah dalam Islam berarti berharga, permata yang berharga, dan berkedudukan tinggi. Adapun dalam variasi penulisannya bisa Nafisyah, Nafeeza, Nafeza, Nafiisah, Nafiza, Nafisha, dan Nafsha.

Berdasarkan arti nama tersebut, doa yang terkandung di dalamnya yaitu anak menjadi perempuan yang mulia dan dihormati banyak orang. Sungguh arti nama yang istimewa dan doa yang baik bukan?

Rangkaian Nama Nafisah

Nama Nafisah bisa dikombinasikan sebagai nama depan, nama tengah, atau nama belakang. Berikut inspirasi rangkaian nama Nafisah.

  • Nafisah Saferina Fazia artinya perempuan yang berharga dan sabar dalam meraih menjalani proses menuju kesuksesan hidup.

Nafisah: (1) Berharga (2) Permata yang berharga (3) Berkedudukan tinggi

Saferina: Kesabaran

Fazia: (1) Sukses (2) Kemenangan

  • Nafisah Ifra Xaviere berarti perempuan berwajah cerah yang berharga dan mampu memberi kebahagiaan bagi keluarganya.

Nafisah: (1) Berharga (2) Permata yang berharga (3) Berkedudukan tinggi

Ifra: Memberi kebahagiaan

Xaviere: Terang

  • Nafisah Humaira merupakan perempuan yang sangat berharga yang pipinya kemerah-merahan.

Nafisah: (1) Berharga (2) Permata yang berharga (3) Berkedudukan tinggi

Humaira: kemerahan

  • Giani Nafisa Yumna artinya perempuan yang berharga, diberkahi, dan mampu memberikan manfaat bagi orang lain.

Giani: Berkah

Nafisah: (1) Berharga (2) Permata yang berharga (3) Berkedudukan tinggi

Yumnaa: (1) Beruntung (2) Diberkahi (3) Sebelah kanan

  • Shahizam Nafisah Arwa berarti perempuan yang cantik seindah bulan dan sangat berharga dan bermanfaat bagi orang lain.

Shahizam: Bulan yang langka

Nafisah: (1) Berharga (2) Permata yang berharga (3) Berkedudukan tinggi

Arwa: Memberi Minum Sampai Puas

  • Ma`azzah Skii Nafisah merupakan perempuan yang berharga dan senantiasa memberi pertolongan kepada orang lain dengan penuh kemuliaan.

Ma`azzah: Tempat yang dimuliakan

Skii: (1) Pemberi (2) Penderma air

Nafisah: (1) Berharga (2) Permata yang berharga (3) Berkedudukan tinggi

  • Inayah Kalya Nafisya yang berarti perempuan yang berharga dan senang memberi pertolongan kepada orang lain.

Inayah: perhatian, pertolongan

Kalya: pujian

Nafisah: (1) Berharga (2) Permata yang berharga (3) Berkedudukan tinggi

Selain mengetahui arti nama nafisah dalam Islam, kita bisa memilih beberapa rangkaian nama dari kata Nafisah dengan arti yang penuh makna.

Panduan Memberi Nama Menurut Islam

Sebagai orang tua, sudah semestinya kita memberikan makna yang mulia pada anak. Bahkan, lebih baik mengikuti ajaran Rasulullah SAW. Terdapat beberapa panduan tentang cara memberikan nama kepada anak menurut Islam yaitu sebagai berikut:

1. Waktu yang Tepat untuk Memberi Nama Anak

Rasulullah mengajarkan umatnya untuk memberi nama pada hari ketujuh setelah kelahiran anak. Lalu pada hari ketujuh itu juga untuk mencukur rambut bayi dan melaksanakan aqiqah. 

Dalam kitab al-Adzkar karya An-Nawawi yang merujuk pada hadits dari riwayat Amr bin Syu’aib dari ayah dan kakeknya disebutkan sebagai berikut:

أن النبي صل الله عليه و سلم أمر بتسمية المولود يوم سابعه، و وضع الاذى عنه، و العقّ. 

Artinya: 

“Bahwa sesungguhnya Nabi memerintahkan untuk memberikan nama pada hari ketujuh, menghilangkan kesengsaraan dari padanya, dan aqiqah.” (Muhyiddin Dhib,  Lawami’ al-Anwar; Syarh Kitab al-Adzkar, Bairut, Dar Ibn Kathir, 2014, juz 2,  halaman: 143).

Sebenarnya, hadits tersebut tidak mengikat atau mewajibkan seseorang untuk memberikan nama pada hari ketujuh setelah kelahiran. Jika ada orang tua yang memilih memberi nama pada hari pertama kelahiran, hal itu juga diperbolehkan.

2. Memberikan Nama Merupakan Hak Ayah

Seorang ayah memiliki tanggung jawab besar untuk memberikan nama baik bagi anak-anaknya. Hal ini telah sesuai dengan hadits yang artinya sebagai berikut.

“Anak-anak memiliki tiga hak atas ayah mereka. Yang pertama adalah mereka diberi nama baik. Yang kedua, mereka diberikan pendidikan yang baik; dan yang terakhir, mereka membantu mereka memilih pasangan yang baik,” (Ibnu Najjar).

3. Nasab Seorang Anak dari Ayahnya

Nasab atau garis keturunan anak berasal dari sang ayah. Maksudnya adalah ketika di akhirat, Allah akan memanggil nama-nama hamba-Nya diikuti dengan nama ayahnya. 

Itulah sebabnya penyebutan nama seringkali menambahkan bin (untuk anak laki-laki) dan binti (untuk anak perempuan).

Memberikan nama yang baik juga termasuk cara menyelamatkan nasab anak. Oleh karena itu, sebaiknya orang tua memberikan nama Islami, mengikuti Nabi, atau menggunakan Asmaul Husna.

4. Tidak Memilih Nama yang Dibenci Allah

Contohnya nama yang dibenci Allah antara lain nama-nama terkait dewa, matahari, berhala, atau nama yang mengandung unsur pemujaan terhadap sesuatu. 

Selain itu, kita juga tidak boleh memberikan nama anak yang dapat menimbulkan perselisihan di antara saudara-saudaranya. 

Artinya, nama tersebut berpotensi menjadi sumber ejekan atau olok-olokan bagi anak di masa depan. Hal ini juga dianggap makruh secara hukum. 

Sejalan dengan ayat Al-Qur’an, Surah Al-A’raf yaitu:

وَلِلَّهِ ٱلْأَسْمَآءُ ٱلْحُسْنَىٰ فَٱدْعُوهُ بِهَا ۖ وَذَرُوا۟ ٱلَّذِينَ يُلْحِدُونَ فِىٓ أَسْمَٰٓئِهِۦ ۚ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ

Artinya: 

“Hanya milik Allah asmaa-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. Al-A’raf: 80).

5. Nama yang Baik untuk Anak

Nama yang paling baik digunakan untuk anak adalah nama Nabi/Rasul dan nama dari sifat Allah SWT atau asmaul husna. 

Namun, jangan sampai memberikan nama jika sifat itu hanya milik Allah. Contohnya seperti Al-Khalik (Maha Pencipta), Ar-Rabb (Maha Pemelihara), Ar-Rahman (Maha Pengasih), dan yang serupa dengannya.

Sebaliknya, jika anak diberi nama yang terinspirasi dari sosok Nabi/Rasul, diharapkan anak tersebut akan mengikuti jejak dan kepribadiannya. 

Oleh karena itu, nama-nama seperti Muhammad, Ibrahim, Musa, hingga Ismail yang berasal dari nama Nabi, umumnya banyak digunakan sebagai nama untuk bayi.

Selain itu, tentu saja kita bisa memilih nama-nama dengan unsur Islami seperti Nafisah. Lagi pula, arti nama nafisah dalam islam pun termasuk nama yang baik karena maknanya adalah perempuan yang berharga dan berkedudukan tinggi.

Demikian, kita tidak hanya tahu arti nama Nafisah dalam Islam. Akan tetapi, juga lebih paham bagaimana memberi nama yang baik kepada anak. Semoga keturunan kita menjadi anak yang mulia dan bermanfaat bagi sesama.

Share:

Reskia pernah menjabat sebagai Sekretaris Divisi Media Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) Sumbagsel tahun 2020. Ia senang berbagi pengetahuan yang ia peroleh. Because sharing is caring.

Leave a Comment