Arti Nama Naufal dalam Islam dan Ide Rangkaian Namanya

Jika berbicara tentang nama-nama Islami, tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan nama Naufal bukan? Bahkan, Naufal sendiri cukup sering dijadikan nama panggilan oleh orang-orang di sekitar pemiliknya. Lantas, apa arti nama Naufal dalam Islam?

Secara umum, nama-nama Islami yang banyak digunakan oleh umat muslim memiliki makna yang sangat baik. Tak jarang, dari nama-nama tersebut diselipkan doa dan juga harapan dari orang tua.

Untuk mengetahui makna nama Naufal di dalam Islam, langsung saja simak pembahasan lengkapnya di bawah ini!

Pemberian Nama dalam Islam

Memberikan nama yang baik adalah hak dari anak-anak kita setelah dilahirkan. Dalam hal ini, seorang ayah wajib memberikan nama yang baik untuk anaknya karena akan berpengaruh pada mereka saat dewasa.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Najjar, Rasulullah SAW pernah bersabda:

“Anak-anak memiliki tiga hak atas ayah mereka. Yang pertama adalah mereka diberi nama baik. Yang kedua, mereka diberikan pendidikan yang baik; dan yang terakhir, mereka membantu mereka memilih pasangan yang baik,” (Ibnu Najjar).

Dari hadits di atas dapat kita ketahui bahwa peran ayah bagi seorang anak sangatlah penting. 

Ada tiga hak anak yang harus dipenuhi oleh seorang ayah, yaitu pemberian nama yang baik, memberi pendidikan yang baik, dan membantu mencarikan pasangan yang baik. Jadi, ketiga hal tersebut harus Anda persiapkan jika anak sudah lahir.

Baca juga: Apa Hukum Asuransi dalam Islam? Halal atau Haram Ini Pendapat Ulama

Arti Nama Naufal dalam Islam

Nama bagi seorang anak memiliki arti yang sangat penting. Selain menjadi identitas pribadi, nama juga membawa doa dan harapan yang bisa membentuk karakter pada diri anak. Itulah kenapa orang tua wajib memberikan nama yang baik pada anak.

Rasulullah sendiri menganjurkan pada umatnya agar memberi nama yang baik pada anak karena kelak di hari kiamat, kita akan dipanggil sesuai dengan nama kita dan bapak kita. Hal ini sesuai dengan hadits riwayat Abi Darda’ berikut ini:

قال رسول الله صل الله عليه و سلم: انكم تدعون يوم القيامة باسماءكم واسماء آبائكم، فاحسنوا اسمائكم.

Artinya:

Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda, “Sesungguhnya kalian akan dipanggil pada hari kiamat dengan nama-nama kalian dan nama bapak kalian, maka perbaguslah nama kalian.” (Muhyiddin Dhib, Lawami’ al-Anwar, halaman: 146).

Hadits di atas menjelaskan bahwasanya nama seseorang juga akan digunakan pada saat hari kiamat kelak. Itulah kenapa kita sebaiknya menghindari nama-nama yang tidak memiliki makna sama sekali atau hanya ingin terdengar unik saja. 

Berikanlah nama yang baik dan memiliki makna serta harapan bagi anak-anak kita. Nama yang baik tentunya akan menjadi kebanggaan bagi anak-anak kita setelah dewasa sehingga mereka tidak malu saat memperkenalkan diri.

Lalu, bagaimana dengan nama Naufal? Apa arti nama Naufal dalam Islam? Dari banyaknya penggunaan nama Naufal, nama tersebut umumnya diberikan kepada anak laki-laki dan digunakan sebagai nama depan.

Nama Naufal sendiri berasal dari Bahasa Arab yang bisa bermakna dermawan atau tampan. Jadi, pemberian nama Naufal pada anak mengandung doa atau harapan agar kelak anak tersebut menjadi orang yang tampan dan senang berbagi.

Nama Naufal juga bisa diartikan sebagai abdi Tuhan dalam bahasa Kurdi. Selain itu, masih ada beberapa makna lain dari Naufal yang datang dari bahasa berbeda seperti murah hati dalam bahasa Jawa-Melayu, atau murah hati dalam Bahasa Arab.

Seperti pemberian nama pada umumnya, nama Naufal juga bisa dirangkai dengan nama tengah dan nama belakang. Selain memberi identitas nama yang lebih spesifik rangkaian nama tersebut juga memberi makna yang lebih dalam.

Ide Rangkaian Nama-Nama Islami Naufal

Setelah mengetahui arti nama Naufal dalam Islam, Anda juga perlu mengetahui bahwa nama Naufal juga memiliki beberapa rangkaian. Tak harus menjadi nama depan, Naufal juga bisa kita letakkan sebagai nama tengah seperti beberapa contoh berikut:

1. Firaz Naufal Muzzaki

  • Firaz: Berpikiran tajam
  • Naufal: Dermawan, murah hati, tampan
  • Muzakki: Orang yang menunaikan zakat, mensucikan, atau membersihkan diri

Ide rangkaian nama Islam pertama yang menggunakan nama Naufal adalah Naufal Firaz Muzakki. Jika diartikan secara utuh, nama tersebut memiliki makna sebagai orang yang darmawan, berpikiran tajam, dan taat menunaikan zakat.

2. Naufal Arkhan Jihad

  • Naufal: Dermawan, murah hati, tampan
  • Arkhan: Tangkas, berkedudukan tinggi
  • Jihad: Perjuangan atau usaha yang sungguh-sungguh

Berikutnya, Anda juga bisa memberi nama Naufal Arkhan Jihad yang memiliki makna seorang yang murah hatinya, tangkas atau berkedudukan tinggi, dan memiliki jiwa pejuang yang tangguh.

3. Naufal Izzat Fathurrahman

  • Naufal: Dermawan, murah hati, tampan
  • Izzat: Kemuliaan
  • Fathurrahman: Pembuka kejayaan dari Yang Maha Pengasih (Allah SWT)

Rangkaian nama ini bisa kita lihat maknanya dari Bahasa Arab sebagai orang yang tampan dan murah hati, seorang yang juga mulia, dan darinya berharap dibukanya kejayaan yang datangnya dari Allah.

4. Gazi Naufal Razzin

  • Gazi: Pahlawan, wirawan
  • Naufal: Murah hati, dermawan
  • Razzin: tenang, serius, khidmat, kalem, sabar

Jika Anda menginginkan lahirnya sosok yang bisa menjadi pahlawan yang murah hati, derwana, serta memiliki sifat sabar dan tenang, maka Anda bisa memberinya nama Gazi Naufal Razzin.

5. Naufal Rizky Hidayatulah

  • Naufal: Derwaman, murah hati
  • Rizki: Anugerah atau rezeki
  • Hidayatullah: Petunjuk dari Allah

Selanjutnya, Anda juga bisa memberi nama Naufal Rizky Hidayatullah yang memiliki makna orang dengan kemurahan hati, sosok yang menjadi anugerah untuk kedua orang tuanya, dan bisa membawa petunjuk dari Allah SWT.

6. Naufal Aliyan Arsyad

  • Naufal: Murah hati, tampan, dermawan
  • Aliyan: Tinggi atau mulia
  • Arsyad: Petunjuk yang lurus

Memberi nama anak dengan Naufal Aliyan Arsyad merupakan sebuah doa agar kelak anak tersebut bisa menjadi orang yang dermawan, seorang yang mulia atau tinggi, dan menjadi petunjuk yang lurus atau benar.

7. Naufal Ghazi Firdaus

  • Naufal: Dermawan, murah hati
  • Ghazi: Pejuang atau pahlawan
  • Firdaus: Surga

Terakhir, Anda juga bisa memberikan nama Naufal Ghazi Firdaus yang mana rangkaian nama tersebut memiliki makna masing-masing. Naufal berarti dermawan dan suka memberi, Ghazi berarti pejuang, dan Firdaus merujuk pada surga.

Kini Anda sudah mengetahui apa arti nama Naufal dalam Islam bukan? Dengan adanya pembahasan di atas, kini Anda memiliki banyak referensi nama-nama Islam yang bisa dijadikan nama untuk anak-anak Anda setelah lahir.

Share:

Reskia pernah menjabat sebagai Sekretaris Divisi Media Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) Sumbagsel tahun 2020. Ia senang berbagi pengetahuan yang ia peroleh. Because sharing is caring.

Leave a Comment