Status Kamar Hotel -Banyak orang bilang, kerja di hotel itu enak ya? Pakai jas, dasi, handle orang-orang penting dan dapat komisi berupa service charge yang tinggi.
Memang mindset seperti itu masih melekat di pikiran masyarakat umum. Padahal ketika terjun langsung di dunia perhotelan, tidak seindah bayangan tersebut.
Sama halnya bekerja di industri lain, ada banyak hal yang harus kita pelajari dan pahami sebelum terjun ke lapangan.
Mulai dari sistem, budaya kerja,dan khususnya di hotel yang paling penting untuk kita tahu di awal adalah kode status kamar yang ada di hotel.
Ini sangat penting karena status kamar ini akan berkaitan dengan tindakan apa yang akan di lakukan terhadap kamar tersebut.
Kode Status Kamar Hotel
Status kamar hotel adalah tanda yang dibuat oleh room attendant untuk menggambarkan keadaan kamar hotel yang sedang terjadi saat itu.
dan digunakan untuk memudahkan team operasional untuk mengidentifikasi tindakan apa yang harus diterapkan untuk kamar tersebut.
Status kamar ini akan muncul di property management system (PMS) dan bisa dilihat oleh semua team di hotel tersebut.
Berikut ini adalah beberapa status kamar yang umum kita temui ketika kita bertugas di hotel. Untuk kamu yang baru mempelajari tentang perhotelan, bisa catat ini ya:
Status Kamar Hotel:
1. VC = Vacant Clean
Kamar dalam keadaan kosong dan sudah bersih
2. VD = Vacant Dirty
Kamar dalam keadaan kosong tapi masih dalam keadaan kotor
3. Status kamar VR = Vacant Ready
Kamar sudah bersih dan siap untuk di jual
4. OC = Occupied Clean
Kamar sudah terisi tamu dan sudah dibersihkan oleh room attendantd
5. OD = Occupied Dirty
Kamar sudah terisi tamu tapi team room attendant belum membersihkannya
6. DND = Do Not Disturb / DD = Don’t Disturb
Tamu dalam kamar tersebut tidak ingin di ganggu. Kode status hotel ini ada juga yang menggunakannya DD saja.
Baca Juga: Prosedur Penangan Kamar DND
7. OOS = Out of Service
Kamar dalam perbaikan
8. OOO = Out of Order
Kamar dalam perbaikan dan biasanya berlangsung lama. Kerusakan mungkin terjadi cukup serius untuk kamar ini dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Dalam kondisi OO biasanya akan mengurangi availability
9. EA = Expected Arrival
List nama-nama tamu yang akan check in dan sudah berisi nomor kamar
10. ED = Expected Departure
List nama-nama tamu yang akan check out di hari tersebut.
Wajib save: 1000 Istilah Perhotelan dan Pariwisata Paling Lengkap [Kamus]
11. C/I = Check in
Tamu yang sudah tiba di hotel dan melengkapi semua administrasi sebelum masuk kamar
12. C/O = Check Out
Tamu yang sudah melunasi semua pembayaran dan sudah meninggalkan hotel
13. DU = Day Use
Istilah untuk tamu yang check in di satu kamar tapi akan check out di hari itu juga sebelum night audit di jalankan
14. SO = Sleep out
Tamu yang sudah memesan kamar tapi tidak tidur di kamar tersebut (tamu tidak tidur di hotel).
15. COMP = Compliment
Tamu yang stay tapi tidak dikenakan biaya kamar (Free). Ini biasanya tamu-tamu dari media untuk kebutuhan marketing, tamu dari owner hotel atau keluarga owner.
16. WIG = Walk in guest
Kamar yang ditempati oleh tamu yang langsung datang ke hotel dan booking di hari itu juga. Dengan kata lain tanpa melakukan reservasi di awal.
17. VIP = Very Important Person
Artinya dalam kamar ini di isi oleh seseorang yang cukup penting atau fublic figure. Contohnya Pejabat, Artis, dan lain-lain.
Dibutuhkan pelayanan yang special juga untuk handle tamu yang ada di kamar dengan sign VIP.
18. HU = House Use
Istilah ini digunakan ketika status kamar yang ditempati oleh staf atau pegawai hotel. Bisa juga berarti : kode/status kamar hotel yang ditempati oleh general manager hotel.
19. Stay Over
Tamu telah memutuskan untuk tidak jadi Check out, dan akan stay paling tidak satu malam.
20. Cleaning in Progress
Room Attendant sedang dalam proses pembersihan kamar.
21. SO = Sleep Out
Status kamar hotel selanjutnya adalah Sleep Out. Artinya tamu hotel yang sudah memesan kamar dan menyelesaikan administrasi namun tidak tidur di kamarnya.
22. OQ = On Queue
Tamu telah tiba di hotel, tetapi kamar yang disediakan belum siap. Dalam kasus seperti itu, kamar ditempatkan pada status Antrian agar staf tata graha memprioritaskan kamar tersebut terlebih dahulu.
23. Skip = Skipper
Tamu telah meninggalkan hotel tanpa membuat pengaturan untuk melunasi akunnya.
24. LO = Lock Out
Kamar telah dikunci sehingga tamu tidak dapat masuk kembali sampai dia dibersihkan oleh petugas hotel.
25. DNCO = Did not Check Out
Tamu membuat pengaturan untuk melunasi tagihannya (dan dengan demikian bukan termasuk skipper), tetapi ia justru telah pergi tanpa memberi tahu Front Office.
26. DO = Due Out
Kamar diharapkan menjadi kosong setelah tamu berikut check-out.
27. LCo = Late Checkout
Tamu telah meminta dan diizinkan untuk check-out lebih lambat dari waktu keluar normal/standar hotel.
28. EC = Early Checkin
Tamu telah meminta untuk Check-in Awal dan diizinkan untuk check-in lebih awal dari waktu check-in normal/standar hotel.
29. V/C or O/V = Status Unclear
(Baik ruangan kosong dan bersih atau dihuni atau kosong) perlu diverifikasi oleh staf Housekeeping.
30. VCI = Vacant, Cleaned and Inspected
Kamar Kosong, Dibersihkan dan Diperiksa oleh Housekeeping Supervisor.
31. H/L = Heavy Luggage
Tamu membawa barang bawaan yang lebih berat dari kondisi normal.
32. L/L = Light Luggage
Tamu dengan bawang bawaan yang sangat ringan.
33. N/L = No Luggage
Tamu datang dengan tanpa membawa barang bawaan.
34. DL = Double Lock
Tamu telah meletakkan kunci ganda di kamar.
35. CL = Chain Lock
Tamu memasang kunci rantai di kamar hotel.
36. NCI = Newly Checked In
Kamar sudah di periksa dalam waktu 1-2 jam terakhir.
37. NS = No Show
Tamu yang melakukan reservasi kamar tetapi tidak melakukan registrasi atau Check-in.
38. SR = Service Refused
Istilah ini digunakan jika room attendant hendak membersihkan kamar, namun tamu menolak untuk dibersihkan kamarnya.
39. V = Vacant
Istilah ini menunjukkan status kamar sedang dalam keadaan kosong
40. MUR = Make-Up Room
Melakukan pekerjaan pembersihan kamar tamu setelah tamu chek-out maka dibersihkan kembali agar tamu yang baru datang untuk menginap lagi bisa beristirahat dengan tenang, nyaman dan aman.
41. PMR = Please Make up Room
Artinya, tamu meminta kamarnya dibersihkan
42. ONL = Occupeid no Luggage
Istilah atau status kamar hotel yang satu ini artinya seorang tamu yang masih teregister pada suatu kamar tanpa suatu barang apapun di dalamnya.
43. OOO = Out of Order
Beberapa kamar hotel masih dalam proses maintenance yang menyebabkan berkurangnya Room Availabilty.
44. DL = Double Lock
Tamu hotel meminta tambahan pengaman dobel, agar lebih aman.
45. O = Occupied
Status kamar hotel yang menunjukkan kamar ditempati oleh tamu yang sah dan telah teregister.
Itulah beberapa jenis sitilah dan kode status kamar hotel atau hotel room status yang secara umum sering digunakan dalam sebuah hotel.
Tentunya dengan tau istilah-istilah tersebut pihak housekeeping dan juga front office akan lebih gampang untuk bekerja sama dan berkomunikasi dengan efektif.
Saya jadi bisa mengingat kembali tentang beberapa istilah di hotel yang pernah saya ingat saat bekerja sebagai resepsionis hotel. Terimakasih kepada penulis yang sudah membuat artikel ini dengan sangat baik.
Halo Mas Indra,
Terimakasih sudah mampir.. Semoga tulisan-tulisannya bermanfaat.