45 Status Kamar Hotel yang Paling Banyak Digunakan Lengkap dengan Keterangannya

Status Kamar Hotel -Banyak orang bilang, kerja di hotel itu enak ya? Pakai jas, dasi, handle orang-orang penting dan dapat komisi berupa service charge yang tinggi.

Memang mindset seperti itu masih melekat di pikiran masyarakat umum. Padahal ketika terjun langsung di dunia perhotelan, tidak seindah bayangan tersebut. 

Sama halnya bekerja di industri lain, ada banyak hal yang harus kita pelajari dan pahami sebelum terjun ke lapangan.

Mulai dari sistem, budaya kerja,dan khususnya di hotel yang paling penting untuk kita tahu di awal adalah kode status kamar yang ada di hotel.

Ini sangat penting karena status kamar ini akan berkaitan dengan tindakan apa yang akan di lakukan terhadap kamar tersebut.

Kode Status Kamar Hotel

Status kamar hotel adalah tanda yang dibuat oleh room attendant untuk menggambarkan keadaan kamar hotel yang sedang terjadi saat itu.

dan digunakan untuk memudahkan team operasional untuk mengidentifikasi tindakan apa yang harus diterapkan untuk kamar tersebut.

Status kamar ini akan muncul di property management system (PMS) dan bisa dilihat oleh semua team di hotel tersebut.

Berikut ini adalah beberapa status kamar yang umum kita temui ketika kita bertugas di hotel. Untuk kamu yang baru mempelajari tentang perhotelan, bisa catat ini ya:

Status Kamar Hotel:

1. VC = Vacant Clean

Kamar dalam keadaan kosong dan sudah bersih

2. VD = Vacant Dirty

Kamar dalam keadaan kosong tapi masih dalam keadaan kotor

3. Status kamar VR = Vacant Ready

Kamar sudah bersih dan siap untuk di jual

4. OC = Occupied Clean

Kamar sudah terisi tamu dan sudah dibersihkan oleh room attendantd

5. OD = Occupied Dirty

Kamar sudah terisi tamu tapi team room attendant belum membersihkannya

6. DND = Do Not Disturb / DD = Don’t Disturb

Tamu dalam kamar tersebut tidak ingin di ganggu. Kode status hotel ini ada juga yang menggunakannya DD saja.

Baca Juga: Prosedur Penangan Kamar DND

7. OOS = Out of Service

Kamar dalam perbaikan

8. OOO = Out of Order

Kamar dalam perbaikan dan biasanya berlangsung lama. Kerusakan mungkin terjadi cukup serius untuk kamar ini dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Dalam kondisi OO biasanya akan mengurangi availability

9. EA = Expected Arrival

List nama-nama tamu yang akan check in dan sudah berisi nomor kamar

10. ED = Expected Departure

List nama-nama tamu yang akan check out di hari tersebut.

Wajib save: 1000 Istilah Perhotelan dan Pariwisata Paling Lengkap [Kamus]

11. C/I = Check in

Tamu yang sudah tiba di hotel dan melengkapi semua administrasi sebelum masuk kamar

12. C/O = Check Out

Tamu yang sudah melunasi semua pembayaran dan sudah meninggalkan hotel

13. DU = Day Use

Istilah untuk tamu yang check in di satu kamar tapi akan check out di hari itu juga sebelum night audit di jalankan

14. SO = Sleep out

Tamu yang sudah memesan kamar tapi tidak tidur di kamar tersebut (tamu tidak tidur di hotel).

15. COMP = Compliment

Tamu yang stay tapi tidak dikenakan biaya kamar (Free). Ini biasanya tamu-tamu dari media untuk kebutuhan marketing, tamu dari owner hotel atau keluarga owner.

16. WIG = Walk in guest

Kamar yang ditempati oleh tamu yang langsung datang ke hotel dan booking di hari itu juga. Dengan kata lain tanpa melakukan reservasi di awal.

17. VIP = Very Important Person

Artinya dalam kamar ini di isi oleh seseorang yang cukup penting atau fublic figure. Contohnya Pejabat, Artis, dan lain-lain.

Dibutuhkan pelayanan yang special juga untuk handle tamu yang ada di kamar dengan sign VIP.

18. HU = House Use

Istilah ini digunakan ketika status kamar yang ditempati oleh staf atau pegawai hotel. Bisa juga berarti : kode/status kamar hotel yang ditempati oleh general manager hotel.

19. Stay Over

Tamu telah memutuskan untuk tidak jadi Check out, dan akan stay paling tidak satu malam.

20. Cleaning in Progress

Room Attendant sedang dalam proses pembersihan kamar.

21. SO = Sleep Out

Status kamar hotel selanjutnya adalah Sleep Out. Artinya tamu hotel yang sudah memesan kamar dan menyelesaikan administrasi namun tidak tidur di kamarnya.

22. OQ = On Queue

Tamu telah tiba di hotel, tetapi kamar yang disediakan belum siap. Dalam kasus seperti itu, kamar ditempatkan pada status Antrian agar staf tata graha memprioritaskan kamar tersebut terlebih dahulu.

23. Skip = Skipper

Tamu telah meninggalkan hotel tanpa membuat pengaturan untuk melunasi akunnya.

24. LO = Lock Out

Kamar telah dikunci sehingga tamu tidak dapat masuk kembali sampai dia dibersihkan oleh petugas hotel.

25. DNCO = Did not Check Out

Tamu membuat pengaturan untuk melunasi tagihannya (dan dengan demikian bukan termasuk skipper), tetapi ia justru telah pergi tanpa memberi tahu Front Office.

26. DO = Due Out

Kamar diharapkan menjadi kosong setelah tamu berikut check-out.

27. LCo = Late Checkout

Tamu telah meminta dan diizinkan untuk check-out lebih lambat dari waktu keluar normal/standar hotel.

28. EC = Early Checkin

Tamu telah meminta untuk Check-in Awal dan diizinkan untuk check-in lebih awal dari waktu check-in normal/standar hotel.

29. V/C or O/V = Status Unclear

(Baik ruangan kosong dan bersih atau dihuni atau kosong) perlu diverifikasi oleh staf Housekeeping.

30. VCI = Vacant, Cleaned and Inspected

Kamar Kosong, Dibersihkan dan Diperiksa oleh Housekeeping Supervisor.

31. H/L = Heavy Luggage

Tamu membawa barang bawaan yang lebih berat dari kondisi normal.

32. L/L = Light Luggage

Tamu dengan bawang bawaan yang sangat ringan.

33. N/L = No Luggage

Tamu datang dengan tanpa membawa barang bawaan.

34. DL = Double Lock

Tamu telah meletakkan kunci ganda di kamar.

35. CL = Chain Lock

Tamu memasang kunci rantai di kamar hotel.

36. NCI = Newly Checked In

Kamar sudah di periksa dalam waktu 1-2 jam terakhir.

37. NS = No Show

Tamu yang melakukan reservasi kamar tetapi tidak melakukan registrasi atau Check-in.

38. SR = Service Refused

Istilah ini digunakan jika room attendant hendak membersihkan kamar, namun tamu menolak untuk dibersihkan kamarnya.

39. V = Vacant

Istilah ini menunjukkan status kamar sedang dalam keadaan kosong

40. MUR = Make-Up Room

Melakukan pekerjaan pembersihan kamar tamu setelah tamu chek-out maka dibersihkan kembali agar tamu yang baru datang untuk menginap lagi bisa beristirahat dengan tenang, nyaman dan aman.

41. PMR = Please Make up Room

Artinya, tamu meminta kamarnya dibersihkan

42. ONL = Occupeid no Luggage

Istilah atau status kamar hotel yang satu ini artinya seorang tamu yang masih teregister pada suatu kamar tanpa suatu barang apapun di dalamnya.

43. OOO = Out of Order

Beberapa kamar hotel masih dalam proses maintenance yang menyebabkan berkurangnya Room Availabilty.

44. DL = Double Lock

Tamu hotel meminta tambahan pengaman dobel, agar lebih aman.

45. O = Occupied

Status kamar hotel yang menunjukkan kamar ditempati oleh tamu yang sah dan telah teregister.

Itulah beberapa jenis sitilah dan kode status kamar hotel atau hotel room status yang secara umum sering digunakan dalam sebuah hotel.

Tentunya dengan tau istilah-istilah tersebut pihak housekeeping dan juga front office akan lebih gampang untuk bekerja sama dan berkomunikasi dengan efektif.

SHARE:

Seorang lifestye enthusiast dan traveller Indonesia yang suka berbagi inspirasi melalui tulisan. Mari diskusi di kolom komentar ya...

2 pemikiran pada “45 Status Kamar Hotel yang Paling Banyak Digunakan Lengkap dengan Keterangannya”

  1. Saya jadi bisa mengingat kembali tentang beberapa istilah di hotel yang pernah saya ingat saat bekerja sebagai resepsionis hotel. Terimakasih kepada penulis yang sudah membuat artikel ini dengan sangat baik.

    Balas

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste