Apa Itu DND di Hotel? Pengertian dan Prosedur Penanganannya

Bagi pelaku bisnis hospitality dan para penggunanya, tentunya sudah tidak asing lagi memahami apa itu DND di hotel.

DND merupakan salah satu istilah dalam dunia perhotelan terkait status kamar hotel yang tidak ingin mendapat gangguan karena membutuhkan privasi.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa itu DND di hotel, ini pengertian, cara mengaktifkan, dan prosedur penanganannya sebagai gambaran umum.

Pengertian DND di Hotel

DND di hotel adalah istilah salah satu status kamar yang memiliki tanda “Do Not Disturb” atau secara harafiah berarti “Jangan Ganggu”.

Biasanya, DND sign akan ditempatkan di pintu kamar hotel bagian luar sebagai informasi bagi staf hotel, terutama petugas Housekeeping.

Tamu yang meminta status DND pada umumnya membutuhkan privasi lebih dalam jangka waktu tertentu hingga tidak ingin mendapat gangguan apa pun, termasuk layanan kebersihan.

Dengan adanya tanda “Do Not Disturb”, tamu yang menginap berharap bisa bekerja atau beristirahat dengan lebih bebas.

Saat membutuhkan layanan tertentu, nantinya tamu akan melepaskan DND sign dari pintu kamar atau menghubungi resepsionis.

Dalam praktik bisnis hospitality, penggunaan layanan DND sign untuk kamar hotel memungkinkan tamu mendapat pengalaman menginap yang lebih nyaman.

Namun, dalam kondisi darurat tertentu, staf hotel bisa membuka kamar DND menggunakan master key yang dimiliki Floor Manager dan Executive Housekeeping.

Kondisi darurat yang dimaksud jika tamu mengaktifkan DND sign melebihi aturan maksimal 72 jam hingga menimbulkan kecurigaan dari pengelola hotel.

Kebijakan tersebut diterapkan untuk memastikan tamu yang menginap tidak melakukan aktivitas berbahaya atau mengalami situasi gawat darurat tanpa sepengetahuan staf hotel.

Cara Mengaktifkan Kamar DND di Hotel

Cara mengaktifkan kamar DND di hotel bisa dilakukan oleh tamu yang membutuhkan layanan ini dengan mudah, berikut beberapa langkah pengaturan sebagai panduan umum.

1. Pengaktifan Mandiri

Pengaktifan mandiri bisa menjadi solusi efektif yang pertama jika tamu ingin mengaktifkan kamar DND di hotel.

Caranya bisa dengan menggantungkan tanda “Do Not Disturb” di kenop pintu atau pengaktifan melalui saklar elektronik di dalam ruangan jika tersedia.

Beberapa hotel dengan fitur canggih umumnya memiliki remote kontrol atau panel sentuh yang berfungsi sebagai opsi untuk mengatur Do Not Disturb sign.

2. Menghubungi Resepsionis

Cara lainnya untuk mengaktifkan Do Not Disturb sign di kamar hotel bisa dilakukan dengan menghubungi Resepsionis.

Tamu hanya perlu menelepon staf Front Desk dan meminta pengaktifan kamar DND atau meminta informasi terkait panduan lebih lanjut lainnya.

3. Gunakan Aplikasi Hotel

Jika tamu menginap di hotel modern yang memiliki aplikasi khusus dengan fitur untuk mengakses berbagai layanan, biasanya ada pilihan pengaktifan DND sign.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk memeriksa apakah hotel menerapkan penggunaan aplikasi semacam ini yang memudahkan kontrol mandiri.

Sebagai catatan tambahan, setelah mengaktifkan status DND, tim Housekeeping dan staf  hotel lainnya akan mendapat instruksi untuk tidak memasuki kamar kecuali diminta secara khusus.

Namun, seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada batas maksimal selama tiga hari sebelum staf hotel merasa perlu untuk membuka kamar dan memastikan kondisi tamu.

Prosedur Penanganan Kamar DND di Hotel

Saat tamu menginginkan privasi dan tidak ingin mendapat gangguan dari luar, biasanya ada prosedur penanganan kamar DND di hotel yang harus diterapkan seperti berikut ini.

  • Jika status kamar DND aktif, Room Attendant yang melihat tanda di pintu kamar akan mencatat nomor kamar lalu melaporkan ke Spv Housekeeping (HK).
  • Setelah itu, Room Attendant akan memasukkan notification make up room agar tamu bisa menghubungi tim Housekeeping saat membutuhkan layanan.
  • Nantinya, Room Attendant baru akan memberikan layanan kebersihan sesuai instruksi HK Supervisor jika DND sign sudah dilepas atau dinonaktifkan.
  • Untuk pelayanan lebih lanjut, Room Attendant harus berkoordinasi dengan staf Front Office (FO) yang bertugas terkait penanganan kamar tersebut.
  • Jika masih tidak ada kepastian status kamar, HK Supervisor akan menghubungi Executive HK agar memastikan keberadaan tamu di dalam kamar yang sudah melewati jam check-out.
  • Dalam kondisi ini, tamu yang tidak bisa dihubungi melebihi batas waktu maksimal DND bisa menjadi alasan bagi Executive HK untuk membuka kamar dengan master key.
  • Situasi yang dirasa mencurigakan tersebut mengharuskan HK Supervisor untuk berkoordinasi dengan FO dan security.

Demikianlah penjelasan tentang apa itu DND di hotel yang meliputi pengertian, cara mengaktifkan, dan prosedur penanganannya yang sudah kami rangkum.

Berdasar informasi di atas, kamu bisa lebih mudah memahami apa itu DND di hotel dan memastikan penggunaan fitur layanan diterapkan sesuai prosedur.

Selain itu, kamu juga bisa menggali lebih dalam terkait berbagai istilah dalam dunia perhotelan lainnya untuk menambah wawasan di bidang hospitality.

SHARE:

SEO Specialist di bidangnya. Mempunyai team yang punya pengalaman sebagai akademisi maupun praktisi.

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste

Depo 25 Bonus 25

Slot Bet 200