18 Jenis Service di Restoran, Jangan Sampai Salah!

Jenis jenis service di restoran itu sangat beragam. Biasanya masing-masing restoran punya style dan ciri khasnya sendiri.

Pelayanan yang diterapkan di setiap restoran biasanya dipengaruhi oleh budaya negara tertentu. Misal: Amerika, Prancis, Rusia, dan Italia. Di Indonesia sendiri saat ini sudah banyak mengadopsi banyak jenis pelayanan restoran, yang sudah tidak asing dan ditemui di setiap restoran.

Meski tidak terbatas hanya pada “restoran” saja, namun secara umum jenis pelayanan yang ada di restoran akan kita bahas pada artikel di bawah ini.

Jenis Jenis Service yang Ada di Restoran

Di bawah ini adalah daftar berbagai jenis layanan makanan dan minuman yang biasanya diterapkan di industri hospitality. Seperti: Hotel, resort, restoran, restoran cepat saji, dll.

1. Table Service

Jenis Jenis Service di Restoran

Table service dianggap sebagai kategori gaya campuran yang terdiri dari Layanan Inggris, Layanan Amerika, Layanan Berlapis, dll.

Dalam jenis layanan F&B ini, tamu duduk di meja dengan penutup yang diletakkan dan memesan dari menu.

Tamu harus disambut dengan kontak mata dan sambutan hangat.

Server atau pelayan biasanya harus menyapa tamu dengan tuan atau nyonya.

Jika server mengetahui nama tamu maka mereka harus menyapa tamu dengan Nama Keluarga dan gelar mereka.

Membantu tamu di tempat duduk sesuai jumlah orang atau permintaan khusus.

Sementara tempat duduk tamu yang paling tidak diinginkan seperti meja di dekat side stand, dapur, area pencuci piring dll. Hanya boleh ditawarkan jika semua meja lainnya penuh.

Menu yang akan disajikan setelah dibuka untuk wanita terlebih dahulu, kemudian lanjut ke host dan dilakukan searah jarum jam untuk tamu lainnya.

Perhatian khusus harus diberikan kepada anak-anak.

Saat melayani pesanan tamu, server atau pelayan harus memiliki pemahaman yang baik tentang siapa yang memesan dan hidangan apa yang diinginkan.

2. English Service / Family Service

English Service

Jenis service selanjutnya adalah English Service. Layanan restoran ini mengharuskan makanan diletakkan di piring besar atau mangkuk besar.

Porsi makanan ini kemudian diantarkan ke meja tamu oleh pramusaji/server.

Setelah pelanggan memeriksa dan menyetujui makanan yang sama diletakkan di atas meja.

Para tamu kemudian melewati makanan di sekitar meja dan melayani diri mereka sendiri.

Dalam beberapa kasus, pelanggan mungkin juga meminta pelayan untuk menyajikan makanan.

Ini adalah jenis gaya layanan F&B yang umum karena kemudahan layanan dan pelayan tidak harus sangat ahli dibidang ini.

Layanan F&B Family style mudah diterapkan.

Server atau pelayan tidak harus terlalu terampil.

Jenis layanan ini juga membutuhkan sedikit ruang makan atau ruang. Ada tingkat perputaran meja yang lebih tinggi atau cepat dengan jenis layanan ini.

Salah satu kelemahan utama dari layanan gaya keluarga adalah kesulitan untuk mengontrol ukuran porsi.

Ini karena tamu terakhir yang dilayani mungkin tidak mendapatkan porsi yang cukup jika tamu lain mengambil lebih banyak.

3. French Service

French Service

French Service adalah jenis layanan yang sangat detail dan sangat terampil.

Jenis service Ini adalah yang sangat rumit dan mahal.

Para juru masak menunjukkan keahlian kuliner, dengan menyiapkan makanan di depan para tamu.

Biasanya semua restoran fine dining mengikuti jenis layanan ini.

VIP dan VVIP juga diberikan gaya layanan semacam ini.

Makanan pembuka berlapis disajikan dari kanan, semua hidangan lainnya dari kiri.

Minuman disajikan dari kanan.

Gaya French Service sangat mahal karena melibatkan pelayan profesional ke server dengan baik dan lambat.

Suasana dan dekorasi restoran selalu mewah.

Semua pengunjung diberikan perhatian individu dan mereka menikmatinya.

4. Silver Service

Silverware

Gaya layanannya mirip dengan Layanan Prancis dan Layanan Guèridon.

Perbedaannya adalah peralatan makan perak yang rumit digunakan untuk layanan makanan dan minuman.

Karena peralatan dan peralatan makan dari perak mahal harganya, maka service ware EPNS (Electroplated Nickel Silver) paling sering digunakan di hotel dan restoran.

Hanya restoran mewah atau restoran khusus yang menggunakan peralatan makan perak karena tingginya biaya investasi dan perawatan.

Dalam layanan semacam ini, makanan dan minuman disajikan di peralatan makan dan peralatan masak perak.

Meja biasanya diatur dengan perak murni.

Semua makanan dibagi ke dalam peralatan makan dari dapur itu sendiri.

Piring-piring perak yang disimpan adalah meja sisi stasiun biasanya dengan piring hotel.

Selama melayani pelayan menyajikan makanan kepada tuan rumah untuk persetujuan dan melayani para tamu.

Sendok dan garpu servis digunakan untuk menyajikan.

5. American Service / Pre Plated Service

Salah satu jenis layanan makanan dan minuman yang paling umum dan diterima secara luas.

Server menerima pesanan tamu di area depan restoran.

Kemudian pesanan dikirim ke staf dapur melalui KOT (Kitchen Order Ticket).

Makanan disiapkan dan dimasak di dapur sendiri oleh koki.

Steward membawa makanan ke area depan, yang kemudian disajikan kepada para tamu oleh server.

6. Russian Service

Mirip dengan Layanan Prancis tetapi lebih cepat dan lebih murah.

Tampilan dan presentasi adalah bagian utama dari layanan ini.

Seluruh sajian makanan seperti unggas, hewan buruan, ikan, dll dihias dan didandani dengan rumit.

Setelah menyajikan kepada tamu server atau pelayan porsi atau mengukirnya dan menyajikannya kepada para tamu.

Biasanya hanya satu server yang diperlukan per meja.

Tidak diperlukan ruang ekstra untuk peralatan seperti French Service.

Sangat cocok untuk layanan perjamuan dengan menu tetap.

7. Cart Service / Gueridon Service

Dalam F&B Service jenis ini, makanan yang dimasak sebagian dari dapur dibawa ke area layanan dengan troli Guèridon.

Trolli Gueridon memiliki unit pemanas portabel untuk menyelesaikan proses memasak.

Berbagai macam ikan, daging, dan unggas dimasak atau dibakar (flambéed) di dalam troli.

Chef du rang bertanggung jawab untuk menerima pesanan, menyajikan minuman dan menyiapkan makanan di meja.

Di sebuah hotel besar, Commis du rang membantu Chef du rang.

Kedua Koki harus tahu cara menggunakan sendok dan garpu untuk menyajikan makanan yang dimasak kepada tamu.

Makanan yang disiapkan harus diberi hiasan sesuai standar sebelum disajikan.

Jenis layanan F&B ini hanya dapat diterapkan pada ruang makan yang terencana dan dirancang dengan baik.

Makanan selalu disajikan dari sisi kanan tamu.

Semua perlengkapan furnitur, tata letak dll harus kompatibel dengan gaya layanan elegan yang ditawarkan.

Jenis layanan F&B Gueridon menyediakan layanan tamu yang sangat personal.

Tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi saat hidangan disiapkan, diukir atau dibakar di hadapan mereka.

Perangkat merchandising yang bagus.

Daya beli rata-rata tinggi.

8. Snack Bar Service

Sebuah bangku tinggi ditempatkan di atas meja sehingga tamu dapat memesan dan makan di meja itu sendiri.

Kartu menu disajikan atau para tamu dapat memilih makanan langsung dari konter display.

Di beberapa restoran, barang-barang yang tersedia hanya dipajang di papan tulis atau monitor LCD.

Layanan semacam ini biasanya diikuti di BAR dan Pub.

9. Self Service

Pada Food and Beverage Service jenis ini tamu/pelanggan dituntut untuk membantu dirinya sendiri.

Biasanya makanan disimpan di konter atau prasmanan.

Pelanggan mengambil makanan yang dibutuhkan dari prasmanan.

Pembayaran dilakukan sebelum pengambilan makanan atau setelah makanan diambil.

Tata letak untuk jenis layanan F&B seperti itu harus dilakukan untuk arus tamu gratis.

10. Buffet Service

Buffer Service

Layanan prasmanan menampilkan makanan di piring gesekan di konter atau meja.

Para tamu atau pelanggan membantu diri mereka sendiri untuk mengambil sebanyak mungkin barang yang ingin mereka makan.

Piring dan sendok garpu (garpu dan sendok) disimpan di awal meja prasmanan.

Ada server di belakang meja yang membantu para tamu dengan menyajikan makanan dari piring gesekan ke piring.

Prasmanan bisa menjadi makanan sederhana yang tersebar hingga makanan, minuman, makanan pembuka, makanan penutup, presentasi salad yang sangat rumit.

Staf harus secara konsisten menjaga wadah prasmanan tetap penuh.

Dalam beberapa jenis pengaturan prasmanan seperti prasmanan duduk berfungsi untuk menyajikan makanan kepada tamu yang duduk di meja.

Ada di tempat memasak di beberapa meja prasmanan misalnya. counter yang memasak ikan atau daging yang ditampilkan, atau counter untuk pasta dll.

Tamu juga diperbolehkan untuk mengisi item apapun yang mereka inginkan.

Perhatian dan perencanaan khusus diperlukan untuk tata letak prasmanan.

Jumlah tamu yang direkomendasikan untuk satu server meja prasmanan adalah 70 – 75.

Jumlah konter prasmanan dan tata letak perjamuan akan diputuskan sesuai dengan total minimum tamu yang dijamin yang akan menghadiri pesta.

Jenis layanan ini direkomendasikan untuk pertemuan besar atau pesta.

Staf perjamuan harus menjaga kebersihan dan ketertiban selama layanan prasmanan.

11. Cavetaria Service

Jenis layanan ini umumnya digunakan di Kantin, Industri, Kafetaria Staf, dll.

Memiliki menu terbatas atau tetap.

Penetapan harga mungkin atau mungkin tidak dengan tarif bersubsidi.

Masuk ke kafetaria tersebut mungkin dibatasi hanya untuk orang yang berwenang.

Ada ruang terbatas dengan fasilitas dasar.

Pembersihan piring bekas dan segera dilakukan oleh tamu itu sendiri.

Meja sempit dengan meja tinggi sering ditempatkan untuk menghemat ruang.

12. Single Point Service

Tamu membayar makanan dan minuman di atas meja.

Dari loket yang sama, dia menerima makanan dan minuman.

Sebagian besar makanan cepat saji, takeaways, Kios, drive through dll adalah contohnya.

Mesin penjual otomatis juga dianggap sebagai layanan F&B satu titik.

13. In-Room Dining Service

bed breakfast

Jenis layanan f&b sesuai dengan namanya disediakan di kamar tamu.

Menu layanan kamar harus sesuai dengan kebutuhan tamu, harapan dan operasional hotel.

Tamu membuat pesanan makanan dan minuman dari telepon kamar, televisi interaktif, atau aplikasi seluler hotel.

Maksimal pemesanan room service di hotel adalah untuk sarapan pagi.

Untuk pesanan kecil, nampan layanan kamar ditata dengan benar digunakan untuk melayani tamu.

Untuk pemesanan dalam jumlah besar, digunakan room service trolly untuk melayani.

14. Take Away Service

Take away service

Mirip dengan gaya satu titik layanan F&B.

Pesanan take away diterima baik melalui konter, jalan masuk, telepon, situs web, atau aplikasi seluler.

Pembayaran dilakukan di muka melalui pembayaran online atau dibayar tunai pada saat pengambilan pesanan.

Semua restoran cepat saji menyediakan opsi take away.

Kios Otomatis juga digunakan untuk memilih dan memesan makanan yang dibawa pulang.

Mesin penjual otomatis juga digunakan untuk jenis layanan ini.

15. Mobile Pantries

Ini adalah dapur persiapan makanan bergerak yang dipasang di lift layanan.

Pesanan yang diambil oleh pengambil pesanan diteruskan ke pantry yang bergerak.

Makanan kemudian disiapkan dan disajikan di lantai yang sesuai.

Ada jenis mobile pantry lainnya dimana makanan disiapkan di dapur utama dan kemudian dikirim ke lantai dengan mobile pantry mini.

Staf In-Room Dining mengambil makanan dari lantai dan menyajikannya ke kamar tamu.

16. Blue Plate Service

Layanan piring biru adalah jenis layanan meja yang biasa digunakan untuk sekelompok kecil tamu.

Biasanya meja dan ruang makan kecil dalam pelayanan.

Ini adalah makanan pra-sepuh dengan daging, sayuran dll.

Piring saji mungkin juga memiliki punggungan yang terbelah.

17. Automatic Service

Sushi

Makanan dan minuman disajikan kepada tamu melalui meja yang dilengkapi sliding conveyour berjalan.

Tamu melakukan pemesanan melalui aplikasi seluler restoran atau hotel setelah memilih meja atau nomor kursi.

Makanan kemudian dikirim melalui ban berjalan ke meja.

Ada restoran dengan sabuk konveyor terus beredar di sekitar konter, koki menempatkan hidangan yang sudah disiapkan di sabuk konveyor. Contoh: Restoran Sushi.

18. Robotic Service

Jenis layanan ini sering ditemukan di Kasino dan Kapal Pesiar Mewah

Tamu membuat pesanan pada layar sentuh interaktif setelah memindai kartu kunci kamar mereka.

Pilihan dibuat dari layar sentuh, yang kemudian dikirim ke prosesor lengan robot.

Pesanan kemudian disiapkan oleh lengan Robot dan ditempatkan pada ban berjalan kecil.

Pembayaran secara otomatis dibebankan ke rekening kamar tamu.

Ponsel cerdas dengan aplikasi seluler hotel atau kapal pesiar terpasang juga digunakan untuk memilih pesanan.

Biasanya jenis lengan Robot ini digunakan untuk menyiapkan koktail dan mocktail di BAR.

SHARE:

Seorang traveller, penyuka dunia perhotelan dan pariwisata Indonesia. Ingin berbagi inspirasi melalui tulisan.

Tinggalkan komentar