Apa Itu Kurva Permintaan dan Penawaran dalam Bisnis?

Dalam berbisnis, ada baiknya untuk mengetahui apa itu kurva permintaan dan penawaran. Ilmu ekonomi dasar ini akan membantu kamu dalam melakukan riset bisnis, mulai dari ketertarikan dalam bidang usaha tertentu hingga peluang usaha dari produk/jasa tertentu.

Kurva Permintaan

Untuk memahami kurva permintaan, ada baiknya kita membahas apa itu permintaan. Permintaan juga bisa disebut dengan demand, di mana hal tersebut merupakan sejumlah produk atau sebuah jasa yang dapat dibeli oleh konsumen demi memenuhi kebutuhannya sesuai dengan waktu dan tingkat harga tertentu.

Dalam permintaan juga terdapat suatu hukum, dinamakan Law of Demand. Secara singkat hukum tersebut menjelaskan bahwa, harga sebuah jasa atau barang bergantung pada banyaknya permintaan terhadap jasa atau barang tersebut.

Misalnya, jika ada jasa atau barang yang murah, jumlah permintaannya meningkat dan begitu juga sebaliknya. Permintaan jasa atau barang akan turun jika harganya naik.

Faktor yang Memengaruhi Kurva Permintaan

Faktor yang Memengaruhi Kurva Permintaan
source: https://www.ruangguru.com/blog/kurva-penawaran-permintaan-pergerakan-serta-pergeserannya

Berikut 5 faktor yang memengaruhi kurva permintaan sebagai berikut:

1. Tingkat Pendapatan

Faktor pertama adalah tingkat pendapatan dari konsumen. Biasanya jika pendapatannya tinggi, transaksi pembelian barang atau jasa konsumen juga cenderung lebih banyak. Sebaliknya, jika tingkat pendapatan menurun, para konsumen cenderung akan berhemat.

2. Tingkat Kepentingan

Faktor kedua, jika suatu jasa atau barang termasuk pada kategori yang penting dalam kehidupan konsumen, permintaan dari jasa atau barang tersebut akan meningkat, misalnya menjual sembako atau jas hujan dikala musim hujan sedang berlangsung.

3. Jumlah Penduduk

Jumlah penduduk juga menjadi salah satu faktor. Jika jumlah penduduk pada suatu daerah meningkat, tingkat pembelian juga umumnya ikut meningkat.

4. Harga Barang Substitusi

Untuk harga barang substitusi, jika permintaannya meningkat, permintaan jasa atau barang pun akan ikut meningkat, begitu juga sebaliknya.

5. Selera/Tren

Permintaan yang meningkat bisa juga disebabkan oleh selera masyarakat setempat terhadap suatu jasa atau barang. Contoh yang mudah adalah perkembangan pada media sosial. Jika suatu jasa atau barang menjadi viral di kalangan masyarakat, permintaan juga umumnya ikut meningkat.

Kurva Penawaran

Penawaran adalah jasa dan jumlah barang yang ditawarkan oleh produsen pada tingkat harga tertentu.

Hukum penawaran adalah kebalikan dari kurva permintaan, di mana makin tinggi harga suatu jasa atau barang, maka jumlah barang yang ditawarkan kepada konsumen juga makin banyak.

Jika harganya turun, jumlah yang ditawarkan akan menjadi sedikit. Kurva permintaan dan penawaran bisa dikatakan sebagai hal yang berlawanan, tetapi saling mendukung dalam riset pasar.

Faktor yang Memengaruhi Kurva Penawaran

Berikut 5 faktor yang memengaruhi kurva penawaran sebagai berikut:

1. Biaya Produksi

Faktor atau kunci utama adalah biaya produksi. Jika biaya membuat barang atau menyediakan jasa lebih rendah daripada harga pasar, produsen akan mendapat keuntungan yang lebih tinggi. Dengan demikian, produsen akan meningkatkan jumlah produksi untuk ditawarkan kepada konsumen.

2. Teknologi Produksi

Penggunaan teknologi dalam kegiatan produksi dapat menekan biaya operasional. Dengan rendahnya biaya input, hal ini tentunya bisa meningkatkan laba yang diperoleh produsen.

3. Target Keuntungan Produsen

Kecil besarnya keuntungan yang diperoleh dapat memengaruhi harga jual produk. Makin besar keuntungan yang didapat, makin besar juga harga yang ditawarkan. Harga jual juga memengaruhi jumlah barang yang ditawarkan di pasar.

4. Perkiraan Produsen

Produsen tentunya memiliki perkiraan mengenai barang atau jasa yang akan dijual. Jika produsen memperkirakan bahwa harga barang atau jasanya akan naik di masa depan, penawaran akan naik juga. Dengan kata lain, para produsen akan menawarkan jasa atau barang dengan jumlah yang lebih banyak.

5. Harga Barang dan Jasa

Faktor yang terakhir adalah harga dari barang atau jasa yang ditawarkan. Produsen akan menawarkan dengan jumlah yang lebih banyak jika harga barangnya naik. Namun, jika harga barang turun, penawaran barangnya akan lebih sedikit.

Kesimpulan

Dari pemaparan kurva permintaan dan penawaran di atas dapat kita simpulkan bahwa kedua hal tersebut adalah hal yang penting dalam berbisnis karena bisa membantu untuk menentukan berapa banyak stok barang yang harus disediakan oleh penjual jika ingin memulai bisnis, seperti sebuah toko.

Dengan bantuan dari kedua kurva ini, kita bisa menentukan barang apa ya harus disediakan sehingga bisa memperkecil persentase uang yang mengendap. Selain itu, kurva bisa juga digunakan untuk menentukan barang atau jasa apa yang diperlukan oleh masyarakat sekitar.

SHARE:

Seorang lifestye enthusiast dan traveller Indonesia yang suka berbagi inspirasi melalui tulisan. Mari diskusi di kolom komentar ya...

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste