8 Ciri-Ciri Perempuan yang Baik Menurut Islam, Apa Saja?

Apa saja ciri-ciri perempuan yang baik menurut Islam? Yuk, simak jawabannya di bawah ini sampai habis!

Seperti yang kita tahu bahwa Islam adalah agama yang mengajarkan nilai-nilai kebaikan dan kesempurnaan bagi umat manusia.

Tak hanya itu, Islam juga memberikan panduan dan kriteria bagi perempuan untuk menjadi wanita yang baik, salehah, dan berakhlak mulia.

8 Ciri-Ciri Perempuan yang Baik Menurut Islam

Nah, ciri-ciri perempuan yang baik menurut Islam adalah wanita yang memiliki sifat-sifat berikut ini:

1. Beriman Kepada Allah dan Rasul-Nya

Ciri-ciri perempuan yang baik menurut Islam yang pertama adalah wanita yang mengutamakan iman dan taqwa dalam hidupnya. Wanita yang baik meyakini rukun iman dan mengamalkan rukun Islam dengan sebaik-baiknya.

Selain itu, wanita yang baik juga senantiasa mengikuti sunnah Rasulullah SAW dalam segala hal. Allah SWT berfirman:

إِنَّ ٱلْمُسْلِمِينَ وَٱلْمُسْلِمَٰتِ وَٱلْمُؤْمِنِينَ وَٱلْمُؤْمِنَٰتِ وَٱلْقَٰنِتِينَ وَٱلْقَٰنِتَٰتِ وَٱلصَّٰدِقِينَ

وَٱلصَّٰدِقَٰتِ وَٱلصَّٰبِرِينَ وَٱلصَّٰبِرَٰتِ وَٱلْخَٰشِعِينَ وَٱلْخَٰشِعَٰتِ وَٱلْمُتَصَدِّقِينَ

وَٱلْمُتَصَدِّقَٰتِ وَٱلصَّٰٓئِمِينَ وَٱلصَّٰٓئِمَٰتِ وَٱلْحَٰفِظِينَ فُرُوجَهُمْ وَٱلْحَٰفِظَٰتِ وَٱلذَّٰكِرِينَ

ٱللَّهَ كَثِيرًا وَٱلذَّٰكِرَٰتِ أَعَدَّ ٱللَّهُ لَهُم مَّغْفِرَةً وَأَجْرًا عَظِيمًا

Artinya: “Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam keadaannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyu`, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yag banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar”. (QS. Al-Ahzab: 35).

Baca juga: Perbedaan Haji Reguler, Haji Furoda, dan Haji Plus, Waktu Tunggu hingga Fasilitas

2. Menutup Aurat dengan Memenuhi Syarat Pakaian yang Syar’i

Ciri-ciri yang selanjutnya adalah wanita yang menjaga auratnya dari pandangan orang-orang yang tidak berhak.

Wanita yang baik pasti berbusana dengan pakaian yang longgar, tidak ketat, tidak tipis, tidak menyerupai pakaian laki-laki atau pakaian orang kafir, tidak mencolok atau menarik perhatian, dan menutup seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan.

Dan juga tidak berdandan atau berhias ketika keluar rumah tanpa keperluan syar’i. Rasulullah SAW bersabda:

Artinya: “Ada dua golongan dari penghuni neraka yang belum pernah aku lihat: sekelompok orang membawa cambuk seperti ekor sapi untuk memukuli manusia, dan sekelompok wanita berpakaian tapi telanjang, condong ke arah sesuatu (yang haram) dan membuat orang condong ke arahnya; kepala mereka seperti punuk unta miring; mereka tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya; padahal baunya surga itu dapat tercium dari jarak sekian dan sekian”. (HR. Muslim).

3. Betah Tinggal di Rumah

Wanita yang baik adalah perempuan yang betah tinggal di rumah sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT dan suaminya.

Serta tidak suka keluar rumah tanpa izin suami atau tanpa keperluan mendesak dan mengisi waktu di rumah dengan ibadah, belajar ilmu agama, mengurus rumah tangga, mendidik anak-anak, dan melayani suami dengan sepenuh hati. Allah SWT berfirman:

Artinya: “Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang jahiliyah dahulu”. (QS. Al-Ahzab: 33).

4. Memiliki Sifat Malu

Memiliki Sifat Malu

Ciri-ciri perempuan yang baik menurut Islam adalah wanita yang memiliki sifat malu sebagai salah satu cabang dari iman.

Seperti malu kepada Allah SWT, malu kepada Rasulullah SAW, malu kepada suami, malu kepada keluarga, malu kepada masyarakat, dan malu kepada diri sendiri.

Wanita yang baik juga menjauhi segala perkataan dan perbuatan yang dapat merusak harga diri atau marwahnya sebagai seorang muslimah. Rasulullah SAW bersabda:

Artinya: “Setiap agama itu memiliki akhlak (khas), dan akhlak Islam itu adalah malu”. (HR. Ahmad).

Baca juga: 7+ Contoh Ceramah Singkat tentang Ikhlas dalam Islam

5. Taat dan Menyenangkan Hati Suami

Taat dan menyenangkan hati suami dalam hal-hal yang ma’ruf juga bisa menjadi salah satu ciri-ciri perempuan yang baik menurut Islan.

Dan juga menuruti perintah suami, tidak menolak ajakan suami, tidak membantah suami, tidak menyakiti suami, tidak mengungkit-ungkit kebaikan suami, tidak mengadu domba suami, tidak menyia-nyiakan harta suami dan juga berusaha untuk selalu tampil cantik, bersih, wangi, serta ceria di hadapan suami. Rasulullah SAW bersabda:

Artinya: “Apabila seorang wanita shalat lima waktu, puasa sebulan (Ramadhan), menjaga kemaluannya dan taat kepada suaminya, maka dikatakan kepadanya: Masuklah engkau ke dalam surga dari pintu mana saja yang engkau sukai”. (HR. Ahmad).

6. Menjaga Kehormatan, Anak, dan Harta Suami

Wanita yang baik adalah wanita yang menjaga kehormatan, anak, dan harta suami ketika suami tidak ada di rumah.

Tidak membukakan pintu rumah untuk orang-orang yang tidak mahram, tidak bergaul dengan laki-laki yang bukan mahram, tidak membicarakan rahasia rumah tangga dengan orang lain, tidak mengumbar aib suami, dan tidak berkhianat kepada suami juga dianggap sebagai perempuan yang baik di dalam Islam.

Perempuan yang baik juga mengasuh dan mendidik anak-anak sesuai dengan ajaran Islam, serta mengelola harta suami dengan bijak dan hemat. Rasulullah SAW bersabda:

Artinya: “Wanita terbaik adalah yang jika engkau melihatnya maka engkau akan senang (karena kecantikan dan akhlaknya), jika engkau menyuruhnya maka ia akan mentaatimu, dan jika engkau berada di luar rumah maka ia akan menjaga dirinya dan hartamu”. (HR. Ibnu Majah).

7. Memiliki Sifat Bersyukur dengan Pemberian Suami

Wanita yang memiliki sifat bersyukur dengan pemberian suami, baik itu berupa nafkah, pakaian, perhiasan, atau lainnya.

Wanita yang baik tidak sombong, tidak iri hati, tidak cemburu buta, tidak merasa kurang atau kecewa dengan apa yang diberikan suami adalah ciri-ciri perempuan yang baik menurut Islam.

Dan juga tidak membanding-bandingkan dirinya dengan wanita lain atau membanding-bandingkan suaminya dengan laki-laki lain, serta selalu mengucapkan terima kasih kepada suami atas segala nikmat yang telah diberikan. Rasulullah SAW bersabda:

Artinya: “Banyak sekali wanita-wanita penghuni neraka”. Lalu ada seorang wanita bertanya: “Mengapa demikian ya Rasulullah?” Beliau menjawab: “Karena mereka kufur”. Lalu wanita itu bertanya lagi: “Kufur kepada siapa?” Beliau menjawab: “Kufur kepada suaminya dan kufur kepada kebaikan. Seandainya engkau berbuat baik kepada salah seorang dari mereka sepanjang masa hidupmu kemudian dia melihat sesuatu dari dirimu yang tidak dia sukai niscaya dia akan berkata: Aku belum pernah melihat kebaikan sedikit pun darimu”. (HR. Bukhari).

8. Memiliki Sifat Sabar dan Ikhlas dalam Menghadapi Cobaan

Terakhir, perempuan yang baik adalah wanita yang memiliki sifat sabar dan ikhlas dalam menghadapi cobaan yang datang dari Allah SWT, baik itu berupa sakit, kemiskinan, kematian, atau lainnya.

Tak hanya itu, wanita yang baik juga tidak mengeluh, tidak marah, tidak putus asa, tidak berontak, dan tidak menyalahkan orang lain atas musibah yang menimpanya, serta selalu bersabar dengan mengharap ridha Allah SWT dan mengingat pahala yang besar bagi orang-orang yang sabar.

Perempuan yang baik juga selalu ikhlas dengan menerima takdir Allah SWT dan menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT.

Share:

Penulis aktif di beberapa media Nasional, ingin menjadikan postingan di web ini sebagai lahan Dakwah. "Sebaik-baiknya manusia adalah ia yang berguna bagi sesama".

Leave a Comment