Seberapa Penting Software Hotel untuk SMK Perhotelan?

Seberapa penting software hotel untuk SMK perhotelan? Jika muncul pertanyaan semacam ini, tentu jawabannya tidak akan jauh dari alasan pembekalan teknologi di SMK Perhotelan.

Pasalnya, siswa yang menempuh pendidikan di SMK Perhotelan akan menjadi sumber daya manusia yang potensial bagi kelangsungan operasional hotel.

Terlebih di era digital yang menuntut kecepatan dan akurasi pelayanan di industri perhotelan, tentunya tenaga kerja yang mumpuni menjadi sasaran rekruitmen terbaik bagi hotel.

Lalu, sebenarnya seberapa penting software hotel untuk SMK perhotelan dan dampaknya bagi operasional hotel? Simak penjelasan berikut ini.

Penerapan Software Hotel

Penerapan software hotel, seperti Property Management System (PMS) yang mulai banyak dijalankan hotel berbintang, menjadi upaya peningkatan pelayanan di industri hospitality.

Penggunaan teknologi PMS dimanfaatkan dalam sistem operasioanl hotel di berbagai departemen, seperti front office, Housekeeping, FnB, Channel Manager, hingga back office.

Bahkan beberapa software juga dirancang dengan integrasi sistem antar departemen untuk memudahkan pemantauan, pengawasan, dan pengelolaan secara menyeluruh.

Dengan menggunakan software atau hotel, sistem operasional di setiap departemen dalam hotel akan menjadi lebih efektif dan efisien.

Misalnya, aktivitas di front desk oleh staf front office semakin cepat tanggap dalam melayani kebutuhan tamu sejak reservasi, proses check in, hingga check out.

Selain itu, software hotel yang terintegrasi dengan Channel Manager juga memastikan kendala atau masalah yang mungkin muncul bisa diminimalisir, seperti double book.

Bahkan kinerja staf back office juga semakin dimudahkan terkait pembuatan laporan okupansi dan laporan keuangan yang semakin akurat.

Manfaat Software Hotel

Masifnya penggunaan software atau aplikasi hotel pun tidak lepas dari berbagai manfaat yang akan didapatkan dalam menjalankan operasional bisnis perhotelan.

Berikut ini beberapa manfaat software hotel yang penting untuk diketahui.

1. Menghemat Waktu Pekerjaan

Manfaat utama software hotel yaitu menghemat waktu dalam menjalankan pekerjaan karena tugas administratif manual sudah ditinggalkan.

Software atau aplikasi hotel yang dijalankan akan menginput data secara otomatis ke dalam sistem yang sudah terintegrasi secara menyeluruh.

Dengan begitu, produktivitas kerja pun semakin meningkat dan staf hotel bisa memaksimalkan pelayanan terhadap tamu dengan lebih baik.

2. Meningkatkan Visibilitas Online

Peningkatan visibilitas online antara mesin pemesanan hotel, chat bot, dan guest portal dengan website hotel menjadi manfaat lain penggunaan software hotel.

Tamu yang melakukan reservasi online akan langsung terbaca oleh sistem dan bisa diproses di front desk.

3. Sistem Revenue yang Lebih Efektif

Beberapa aplikasi hotel menambahkan fitur penetapan harga hingga manfaat  dari sistem revenue yang lebih efektif pun bisa didapatkan.

Hotel pun tidak lagi melakukan penyesuaian harga di peak season atau low season secara manual dan beralih pada aplikasi yang jauh lebih akurat.

4. Terkoneksi ke Berbagai Channel Promosi

Software hotel yang sudah terintegrasi dengan Channel Manager akan mampu memaksimalkan koneksi ke berbagai channel promosi di banyak Online Travel Agent (OTA).

Hal ini akan berdampak positif pada penyajian informasi real-time yang akhirnya mampu mendorong peningkatan jumlah reservasi.

5. Laporan yang Akurat

Manfaat aplikasi hotel lainnya juga berkaitan dengan kinerja staf back office yang mampu menghasilkan laporan yang akurat.

Semua laporan pendapatan harian hingga laporan operasional dan marketing akan tersaji dengan cepat, tepat, dan akurat serta membangun kinerja yang efisien.

6. Meminimalisir Kesalahan Manual

Kemungkinan kesalahan manual seperti double booking memang bisa saja terjadi di setiap hotel akibat sistem yang belum terintegrasi.

Namun, keberadaan software akan meminimalisir kesalahan semacam ini karena aktivitas di front desk sudah terbaca oleh sistem secara otomatis.

Seberapa Penting Software Hotel untuk SMK Perhotelan?

Kembali pada pembahasan seberapa penting software hotel untuk SMK perhotelan, hal ini berkaitan erat dengan masifnya penggunaan software hotel.

Kondisi riil di lapangan menuntut seluruh staf hotel untuk terbiasa dengan pembaruan teknologi yang ada dan mampu mengoperasionalkan teknologi PMS dengan baik.

Tidak heran jika kemudian latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja yang mumpuni menjadi kualifikasi penting dalam merekrut calon karyawan hotel.

Walhasil, SDM untuk industri perhotelan pun dipersiapkan sejak dini melalui pendidikan, salah satunya kegiatan belajar mengajar di SMK Perhotelan.

Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan dilakukan dengan memberikan bekal pengetahuan dan kesiapan keterampilan sesuai kebutuhan di dunia kerja yang sesungguhnya.

Kontribusi pembelajaran di SMK Perhotelan pun harus mengikuti perkembangan zaman yang semakin lekat dengan pembaruan teknologi.

Jika tidak, calon karyawan muda di industri perhotelan ini akan gagap dengan tuntutan di dunia kerja yang semakin maju dan berkembang mengikuti kebutuhan pasar.

Selain pendidikan di kelas, rangkaian pembelajaran melalui pelatihan dan magang akan memudahkan siswa dalam memahami situasi riil di hotel.

Pemahaman di bidang teknologi informatika ini juga akan meningkatkan kualitas kompetensi siswa saat lulus dan tidak merasa canggung saat bekerja di front office hotel.

Dengan mengetahui seberapa penting software hotel untuk SMK perhotelan, SDM yang kompeten akan selalu tersedia kapan pun hotel membutuhkan.

Selain itu, SMK perhotelan sebagai salah satu penyedia SDM potensial akan semakin melek dengan pembaruan teknologi di industri perhotelan dan mengikuti perkembangan dunia kerja.

SHARE:

SEO Specialist di bidangnya. Mempunyai team yang punya pengalaman sebagai akademisi maupun praktisi.

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste