Duty manager Hotel: Pengertian, Tugas, dan Kisaran Gaji

Manager On Duty mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Mungkin sebagian besar orang sempat melihat duty manager hotel di setiap hotel, khususnya hotel berbintang. Istilah tersebut tidak melulu berada di hotel saja, pada tempat lain pasti terdapat jabatan ini.

Perlu untuk diketahui bahwa manager on duty tidak harus dilakukan oleh seorang manajer. Akan tetapi, saat ini karyawan juga sudah bisa menempatkan diri sebagai manager on duty. Tentunya jabatan ini sangat diincar oleh semua kalangan di tempat mereka biasa bekerja.

Jika Anda tertarik mengetahui lebih lanjut apa itu duty manager hotel, artikel ini akan membahas secara lebih rinci. Tentunya penjelasan ini penting untuk diketahui semua kalangan. Mau tahu apa itu duty manager hotel job? Yuk, simak lebih jelas berikut ini.

Berikut Penjelasan Lebih Rinci Apa Itu Duty manager di Hotel

Seperti yang diketahui banyak orang, manager on duty memiliki peran penting di sebuah hotel, perusahaan, hingga restaurant. Dapat dikatakan juga pekerjaan ini menjadi faktor utama keberhasilan suatu perusahaan. Jadi, memang sangat penting untuk Anda mengetahui.

Lebih lanjut berikut ini merupakan job desk duty manager hotel, pengertian pekerjaan tersebut, hingga kisaran gaji yang didapatkan. Sebagian orang mungkin sudah mengetahuinya. Akan tetapi, masih banyak orang yang belum mengetahui penjelasan ini.

Baca juga: Guest Cycle di Hotel: Pengertian, Tahapan, dan Diagram

1. Apa Itu Manager on Duty?

Manager On Duty atau biasa dikenal dengan sebutan MOD merupakan seseorang yang ditugaskan baik di dalam perusahaan, restoran, mall, mupun hotel untuk menjadi manager.

Dapat dikatakan juga MOD ini menjadi seorang perwakilan pada suatu perusahaan ketika jam operasional kantor sudah selesai. Umumnya parA mod bertugas ketika sore hingga malam hari.

MOD sendiri bertugas menangani semua permasalah ketika kondisi dimana seorang manajer tidak melakukan tugas di saat jam tersebut. Jadi dapat dikatakan MOD ini sangat mempengaruhi kesuksesan suatu perusahaan.

Perlu diingat, tanpa adanya MOD mungkin perusahaan akan kesulitan dalam meningkatkan tingkat kesuksesan.

2. Apa Itu Duty manager Hotel?

Apa Itu Duty manager Hotel

 Pada dasarnya sudah memiliki duty manager di hotel. Istilah duty manager hotel adalah seseorang yang ditugaskan dalam hotel untuk menjadi perwakilan perusahaan ketika kondisi jam operasional telah selesai.

Perlu untuk diketahui, adapun kriteria seseorang yang biasa dipilih untuk menjadi duta manager. Kriteria tersebut berupa dapat menangani setiap masalah dalam hotel, memiliki kredibilitas perwakilan hotel, seseorang yang mudah mengikuti arus informasi.

Oleh karena itu, untuk menjadi seorang duty manager harus memiliki kriteria tersebut. Pastinya dalam seleksi jabatan ini ada interview duty manager hotel.

Hal tersebut bertujuan agar seseorang tersebut bisa menjalankan semua tugas duty manager pada hotel tertentu.

Baca juga: Front Desk Agent Adalah, Pengertian dan Tugas-tugasnya

3. Berapa Gaji Duty manager Hotel?

Jabatan yang satu ini menjadi salah satu jabatan pekerjaan yang diidam-idamkan seseorang. Biasanya gaji duty manager hotel sangat bervariatif. Hal itu bergantung pangkat bintang pada hotel tersebut.

Untuk hotel berbintang 5 mungkin besaran gaji yang didapatkan lebih tinggi dibanding dengan yang lain. Pada awal kerja, gaji dari jabatan ini sekitar 2 jutaan hingga 6 jutaan.

Sama halnya dengan pekerjaan lain, ketika seseorang sudah lama bekerja maka akan ada kenaikan gaji. Setelah lima tahun bekerja, terdapat kenaikan gaji sekitar 3 jutaan hingga 6 jutaan. Hal ini membuat semua orang tergiur untuk menjadi seorang duty manager.

4. Apa Saja Tugas dari Duty manager Hotel?

Setiap pekerjaan tentunya memiliki tugasnya masing-masing, begitupun pada duty manager. Adanya SOP manager on duty hotel juga membuat hotel tersebut semakin berkembang. Mungkin sebagian besar orang sudah mengetahui tugas dari duty manager.

Akan tetapi, masih banyak orang yang mempertanyakan tugas tersebut. Berikut ini merupakan tugas duty manager hotel yang harus Anda ketahui.

  1. Sebagai perwakilan hotel. Seperti yang diketahui, perwakilan hotel ataupun humas memiliki tugas untuk memberikan informasi kepada semua orang. Selain itu, jabatan ini juga menangani semua keluhan konsumen serta menangani permasalahan.
  2. Sebagai perwakilan manajemen dalam hal mengontrol pekerjaan karyawan ketika saat jam bekerja.
  3. Memiliki tanggung jawab yang kuat dalam hal mengambil keputusan ketika jam bekerja. Hal tersebut dikarenakan Duty manager sudah diberikan kewenangan kepada perusahaan untuk mengambil segala keputusan terbaik.
  4. Menggantikan tugas dari Front Office Manager ketika sedang berhalangan hadir.
  5. Mencatat semua kejadian penting ke dalam log book duty manager.

Tugas dari jabatan ini mungkin terbilang cukup sulit. Namun, besaran gaji didapatkan tentunya sesuai dengan apa yang dijalankan. Jadi, duty manager menjadi pekerjaan idaman.

5. Persyaratan Umum Menjadi Seorang Duty manager

Sama halnya dengan pekerjaan umumnya, untuk bisa menjadi seorang duty manager tentu ada persyaratan umum yang harus Anda penuhi. Pekerjaan ini terbuka untuk semua gender. Biasanya ada maksimal umur yang harus diperhatikan.

Tidak hanya itu saja, pendidikan menjadi hal utama dalam persyaratan ini. Sebagian besar hotel menempatkan lulusan D3 perhotelan sebagai seorang duty manager. Pengalaman juga sangat penting ketika Anda melamar menjadi duty manager.

Umumnya seseorang yang memiliki pengalaman minimal 1 tahun akan lebih mudah diterima menjadi seorang duty manager. Adapun karakter dalam diri yang menjadi persyaratan umum menjadi duty manager.

Karakter tersebut berupa dapat bekerjasama dengan tim maupun individu, memiliki jiwa mau melayani, hingga fasih dalam berbahasa asing.

6. Apakah Tugas Duty manager di Hotel Sama dengan Perusahaan Lain?

Penjelasan yang tidak kalah penting berikutnya yakni mengenai apakah tugas duty manager di hotel sama dengan di tempat lain. Pada dasarnya setiap perusahaan memiliki tujuan dan tugasnya masing-masing.

Dalam duty manager di hotel memiliki tugas memberikan informasi kepada banyak orang mengenai hotel tersebut. Berbeda dengan tugas manager on duty rumah sakit yang mengurus segala informasi berkaitan dengan rumah sakit tertentu.

Jadi, dapat dikatakan tidak semua tugas duty manager sama. Hal tersebut karena perbedaan perusahaan, tujuan, hingga tugas yang diberikan. Jadi, Anda tidak perlu bingung lagi mengenai tugas duty manager pada sebuah hotel.

Penutup

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai duty manager pada hotel yang harus Anda ketahui. Penjelasan tersebut mencakup beberapa komponen, seperti pengertiaan, tugas, kisaran gaji yang didapat, hingga persyaratan umum menjadi duty manager.

Pekerjaan yang satu ini tentunya menjadi pekerjaan idaman semua kalangan. Jadi, tidak heran jika banyak orang mengetahui lebih jelas mengenai duty manager, khususnya dalam hotel.

Kisaran gaji yang didapatkan tentunya membuat semua orang tergiur. Oleh karena itu, saat ini banyak orang mengejar untuk mendapatkan kursi jabatan ini.

Untuk mendapatkannya, ada persyaratan umum yang biasa diterapkan pada hotel. Anda hanya perlu menyiapkannya secara matang. Jadi, sudah lebih paham tentang duty manager di hotel, bukan?

SHARE:

Seorang lifestye enthusiast dan traveller Indonesia yang suka berbagi inspirasi melalui tulisan. Mari diskusi di kolom komentar ya...

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste